Blog

5 Tips Meningkatkan Penjualan Toko Online

Setelah memiliki toko online, Anda tentu akan mencari peluang untuk dapat meningkatkan jumlah transaksi pada toko online Anda. Berikut beberapa tips mudah yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan toko online Anda:

1. Menawarkan berbagai pilihan produk

Penawaran pilihan produk ada dua cara. Pertama, dengan sistem up-selling, yakni dengan menampilkan dan menawarkan produk lain yang mirip dengan produk yang sedang dilihat oleh pelanggan. Contohnya pada saat pelanggan sedang melihat katalog produk novel berjudul A, maka di bagian bawah novel berjudul A terdapat rekomendasi untuk pelanggan produk novel berjudul B dan C yang sejenis.

Kedua, sistem cross-selling, yakni menampilkan dan menawarkan produk pelengkap dari produk yang sedang dilihat oleh pelanggan. Produk-produk ini bisa ditampilkan di halaman detil produk ataupun pada waktu check-out.

Dengan cara ini, tentu lebih memungkinkan pelanggan menambahkan barang belanjaan mereka.

2. Memberikan Layanan Pengiriman Gratis

Pengiriman gratis ternyata menarik banyak calon pelanggan. Tahukah Anda bahwa pelanggan cenderung tidak mau membayar biaya pengiriman dan lebih tertarik pada toko online yang memberikan layanan pengiriman gratis. Anda dapat menggunakan promosi ini dengan mengatur jumlah minimal pembelanjaan agar pelanggan memperoleh biaya pengiriman gratis.

Penelitian yang dilakukan oleh Amazon menunjukkan bahwa pelanggan cenderung menambahkan kerajang belanja untuk mendapatkan layanan pengiriman gratis. Dengan penerapan promosi ini, mendorong pelanggan menjadi lebih tertarik untuk berbelanja online karena tidak perlu menambah ongkos kirim.

3. Memberikan Diskon Khusus

Anda memiliki produk yang belum habis terjual? Cobalah dengan memberikan diskon pada produk toko Anda yang belum terjual. Tidak disarankan untuk memberi diskon pada semua produk Anda kecuali jika ada momen tertentu seperti Hari Belanja Nasional, diskon akhir tahun, atau ulang tahun toko.

Produk yang mendapatkan diskon misalnya produk yang terjual hanya sekali dalam tiga bulan terakhir, produk musiman, produk yang mudah kadaluarsa atau hancur. Sangat direkomendasikan untuk menjual produk tersebut dengan diskon spesial daripada daripada menunggu dan akhirnya produk tersebut tidak terjual.

4. Kontak yang Mudah Dihubungi

Anda bisa menambahkan fitur live chat atau nomor telepon yang mudah dihubungi. Dengan menambahkan kontak toko, pelanggan dapat berkomunikasi langsung tanpa harus menunggu balasan yang cukup lama.

5. Mengirimkan Ucapan Terima Kasih

Sama halnya dengan toko offline, ucapan terima kasih sangat berarti bagi pelanggan Anda. Oleh karena itu, apabila pelanggan sudah membeli produk, maka Anda bisa mengirimkan ucapan terima kasih dengan bahasa yang lebih personal, misalnya dengan menyebut nama pelanggan Anda. Service after-selling sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan terutama untuk pembelian lagi di kemudian hari. Maka sangat disarankan untuk mengucapkan terima kasih dan menanyakan pendapat pelanggan Anda.

Dengan 5 tips mudah tersebut, Anda dapat menggunakannya sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan toko online. Jangan ragu utuk melakukan promosi agar toko online Anda semakin dikenal dan direkomendasikan oleh banyak orang.

Selamat Berjualan Online!

“When a consumer derives value – especially from something that was given to him for free – he becomes the best kind of evangelist.”

Mitch Joel

Screenshot pictures source: www.salestockindonesia.com

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!