Blog

5 Tips Produktif Saat Work From Home untuk Pebisnis Online

Saat ini, banyak bisnis dan perusahaan yang menerapkan sistem kerja dari rumah (work from home) karena pandemi Covid-19. Mau tak mau, baik karyawan maupun pebisnis harus bisa menyesuaikan diri dengan budaya work from home ini. Bekerja dari rumah memang ada tantangannya tersendiri, tapi sebenarnya tidak sulit dilakukan. Malah kalau dilakukan dengan benar, bisnis bisa makin produktif dan efektif. 

Walaupun namanya kerja dari rumah, bukan berarti bisa santai-santai lho. Terutama dalam keadaan seperti ini, kamu harus bisa memastikan bisnismu tetap berjalan dengan baik agar bisnis bisa bertahan. Supaya aktivitas bisnis tetap lancar dan produktif, baca dulu 5 tips berikut.

Baca juga: Terapkan Strategi Komunikasi yang Tepat saat Pandemi COVID-19

Bentuk Rutinitas

Saat bekerja dari rumah, sangat mudah bagi kita untuk terdistraksi dengan berbagai hal. Rutinitas dan jadwal sehari-hari jadi berantakan. Yang biasanya harus tidur jam 10 karena besoknya harus berangkat ke kantor, sekarang bisa begadang sepuasnya karena gak perlu siap-siap. 

Namun, kebiasaan-kebiasaan seperti ini malah bisa mengurangi produktivitas. Sebaiknya tetapkan jadwal dan aturan yang harus kamu ikuti. Misalnya, tidur jam 10 malam dan bangun jam 7 pagi. Bentuk rutinitas yang normal seperti pada biasanya. Cari tahu jam produktifmu sendiri dan maksimalkan waktu kerjamu pada jam tersebut. 

Terapkan Kebiasaan Baik di Pagi Hari

Hindari langsung mengecek smartphone atau email di pagi hari. Gunakan waktu pagi harimu untuk mempersiapkan dirimu sebelum kerja. Misalnya dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang membuatmu lebih semangat seperti lari pagi atau yoga.

Kalau kamu biasanya bangun pukul 7 pagi karena harus menghabiskan waktu sekitar 1 jam di jalan, sekarang usahakan untuk tetap bangun di waktu yang sama dan gunakan waktu 1 jam tersebut untuk kegiatan yang membuatmu rileks. Dengan demikian, kamu memiliki waktu jeda sebelum mulai bekerja sehingga kamu pun bisa bekerja dengan pikiran yang lebih segar. 

Tata Meja Kerja

Hindari bekerja di ranjang, apalagi sembari rebahan. Bekerja di tempat tidur bisa mengaburkan batas antara tempat beristirahat dan bekerja. Yang ada nantinya kamu tidak produktif saat bekerja dan malah bisa sulit tidur di malam hari. 

Sebaiknya sediakan ruang khusus untuk bekerja. Atur meja kerjamu senyaman mungkin. Pasalnya, kamu akan menghabiskan sebagian besar waktumu di tempat ini. Usahakan agar meja kerjamu mendapatkan cahaya matahari. Kalau tidak memungkinkan, gunakan lampu meja supaya matamu tidak lelah selama bekerja.

Ambil Waktu Istirahat

Duduk dan bekerja terus-terusan bisa membuat fisik dan mental lelah. Jika kamu merasa mentok, tidak bisa berpikir jernih, dan badan pegal-pegal, ambil waktu sejenak untuk beristirahat.

Bangun dari tempat kerja dan gerakan tubuhmu. Jalan keliling rumah, lari-lari kecil, lihat ke luar sebentar, atau mungkin berdansa. Mumpung lagi di rumah sendiri kan? Menggerakan tubuh tidak cuma meningkatkan suasana hati tapi juga bisa meningkatkan produktivitas dan kreativitas lho!

Manfaatkan Teknologi

Menjalankan bisnis di tengah situasi seperti ini memang tidak mudah. Namun, kalau kamu bisa beradaptasi, bisnismu akan bisa bertahan. Salah satu poin penting untuk mampu beradaptasi adalah dengan memanfaatkan teknologi. 

Bekerja dari rumah berarti kamu sepenuhnya mengandalkan teknologi dan internet. Maka itu, pastikan semuanya sudah dipersiapkan dengan baik. Sediakan charger laptop di dekatmu, pastikan webcam-mu bekerja, siapkan aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan. 

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Platform untuk Berjualan Online!

Koordinasikan juga hal ini dengan karyawan-karyawanmu sehingga komunikasi tetap bisa berjalan tanpa hambatan. Jangan lupa untuk cek setiap channel bisnismu mulai dari media sosial hingga website toko online-mu untuk memastikan kelancarannya. 

Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan bisnis online-mu, salah satunya dengan membuat website toko online. Dengan punya website toko online yang responsif, bisnismu pun akan terlihat lebih terpercaya. Kerja produktif, bisnis efektif!

Tags: , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!