Blog

6 Elemen Penting yang Perlu dalam Desain Website E-Commerce

Website berperan penting dalam membangun kehadiran online presence brand-mu. Website tidak hanya sebagai platform kamu bisa menarik customer potensial, tapi kamu juga bisa merefleksikan brand bisnismu. Umumnya website jadi hal pertama yang dilihat orang untuk mengenal suatu brand.

Website berperan penting dalam membentuk kesan pertama seseorang terhadap brand kamu. Maka itu, pebisnis harus bisa mendesain website untuk bisnisnya dengan tepat. Jika tidak, maka pebisnis berpotensi kehilangan calon customer karena website yang tidak didesain dengan benar. 

Dalam mendesain sebuah website, selalu pertimbangkan target customer dan bagaimana desain yang dirancang dapat memudahkan pengalaman mereka. Desain website yang baik dapat begitu bermanfaat baik bagi customer maupun pebisnis.

Elemen-elemen desain pada website seperti warna, tulisan, dan lainnya akan membentuk identitas brand-mu. Kamu perlu untuk memilih elemen-elemen tersebut dengan penuh pertimbangan dan pastikan setiap elemen konsisten di seluruh halaman website.

Berikut beberapa elemen penting yang perlu untuk kamu perhatikan dan gunakan secara konsisten.

Warna

Tentukan beberapa warna untuk brand yang selaras dengan logo dan elemen identitas brand lainnya. Kamu bisa menggunakan warna tersebut di website bisnismu. Jika kamu mulai dari awal, kamu bisa memilih warna berdasarkan asosiasi warna.

Misalnya, kamu ingin menonjolkan kepercayaan dalam brand-mu, maka kamu bisa menggunakan warna biru. Jika kamu ingin konsumen berpikir bahwa brand kamu menghasilkan produk berkualitas premium, kamu bisa menggunakan warna hitam untuk membentuk citra tersebut. Jadi kamu bisa memilih warna berdasarkan emosi atau kesan yang ingin kamu tampilkan ke calon customer.

Baca juga, 7 Alasan Mengapa Tampilan Website E-Commerce Penting untuk Diperhatikan

Layout

Aturan pertama dalam mendesain layout website adalah pastikan agar tata letak websitemu sederhana, bersih, dan didesain sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian pengunjung ke bagian yang paling penting.

Bayangkan jika website memiliki layout yang berantakan dan kacau. Tentu pengunjung akan merasa bingung dan akhirnya meninggalkan website. Maka itu, usahakan agar desain website jelas dan mudah dimengerti. 

Untuk memudahkan target customer misalnya, kamu bisa mendesain navigasi bar (bar berisi menu-menu navigasi untuk memudahkan pengunjung melihat halaman tertentu) yang user-friendly. Biasanya navigasi bar diletakkan di bagian atas website. Apabila websitemu memiliki banyak halaman penting, kamu bisa menggunakan menu drop down. 

Font

Dalam memilih font, hal pertama yang harus diingat adalah font harus mudah dibaca dan terlihat jelas pada warna latar website yang dipilih. Namun, pemilihan font ini juga harus bergantung pada target audiens bisnismu. 

Misalnya apabila target mu adalah anak muda, kamu bisa menggunakan font yang lebih menyenangkan dan bergaya. Sementara untuk orang yang lebih tua, kamu mungkin bisa menggunakan font yang sederhana dan lebih mudah dibaca.

Font juga juga harus mencerminkan persona brand dan apakah kamu ingin menampilkan kesan brand yang profesional atau menyenangkan. Tujuannya adalah agar keseluruhan elemen identitas dan persona brand yang dibangun konsisten di seluruh channel dan mudah dikenali oleh customer.

Call-to-Action

Call-to-action (CTA) merupakan teks, tombol, gambar, atau banner yang mendorong pengunjung, leads, atau customer untuk mengambil suatu tindakan. Halaman-halaman penting pada websitemu sebaiknya memiliki CTA. 

Misalnya untuk halaman utama, kamu bisa membuat CTA yang mengarahkan pengunjung untuk melihat katalog lebih lanjut atau melihat produk-produk yang sedang promo. Pada halaman Kontak, kamu bisa menambahkan CTA untuk menghubungi lebih lanjut. Pastikan tiap CTA relevan dan berguna.

Aksesibilitas

Pastikan agar desain website kamu mudah diakses di berbagai perangkat. Apalagi saat ini sebagian besar orang mengakses informasi melalui smartphone. Maka itu, sebaiknya desain websitemu juga mobile-friendly. Selain mengenai perangkat, pastikan juga pengunjung bisa mengakses informasi-informasi penting dengan mudah seperti produk, informasi bisnis, dan kontak. 

Baca juga, Ingin Beralih Dari Offline ke Online? 4 Platform Ini Wajib Dicoba!

Navigasi yang Mudah

Salah satu manfaat terbesar dari desain website yang bagus adalah dapat membantu pengunjung menavigasikan situs dengan mudah. Tujuan akhir setiap orang yang mengunjungi situs websitemu adalah menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat. 

Tampilkan informasi-informasi penting di halaman awal. Hindari membuat pengunjung harus mengunjungi berbagai halaman terlebih dahulu untuk akhirnya mendapatkan informasi utama yang mereka cari. 

Semakin user-friendly website mu, semakin besar kemungkinan orang akan terlibat dengan konten website kamu dan mengambil tindakan sesuai yang diarahkan. Desain situs web yang baik bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik, yang pada akhirnya dapat diterjemahkan menjadi konversi.

Desain website merupakan hal yang penting dan sebaiknya tidak diabaikan oleh pebisnis. Website yang didesain dengan baik dapat membantu pebisnis membentuk kesan yang juga baik pada calon pelanggan serta memberikan pengalaman yang baik bagi customer. Hal ini juga membantumu menarik leads berkualitas dan meningkatkan konversi.

Jika kamu sudah memiliki website untuk bisnismu, kamu bisa melakukan audit secara berkala untuk mengoptimalkannya, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, dan meningkatkan aksesibilitas.

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!