Blog

6 Tips Promosi Bisnis Jelang Lebaran 2021

Jelang Lebaran banyak bisnis berlomba-lomba mengadakan campaign dan promosi yang menarik untuk memaksimalkan penjualan dan keuntungan. Sebagian besar bisnis baik offline dan online menawarkan diskon Lebaran. Ada juga yang melihat momen ini sebagai peluang untuk menjalankan ide bisnis Lebaran.

Sebagai pelaku bisnis, kamu perlu mengetahui strategi mempromosikan produk saat Lebaran agar bisa bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya dan menarik perhatian target konsumen. Baik bagi kamu yang sudah memiliki bisnis atau berencana menjalankan ide bisnis Lebaran, berikut beberapa tips promosi jelang Lebaran 2021 yang dapat kamu implementasikan agar penjualan bisa optimal.

Ketahui Kebiasaan Pelanggan saat Lebaran

Pada momen Lebaran, perilaku konsumen cenderung akan berubah karena adanya kegiatan-kegiatan spesial yang dilakukan. Kamu pun harus memahami hal ini agar bisa menyesuaikan strategi pemasaran dan penjualanmu.

Misalnya saja, saat ini sebagian besar masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga mereka lebih banyak menghabiskan waktu menjelajahi internet melalui smartphone. Di samping itu, pandemi juga membuat banyak orang lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan mereka lewat belanja online. 

Saat Lebaran, masyarakat juga cenderung lebih konsumtif karena baru menerima THR. Perilaku-perilaku ini bisa kamu cari tahu lagi lebih dalam dengan mempertimbangkan target pembeli yang kamu sasar agar strategi bisa lebih tepat.

Fokus pada Pengalaman Pelanggan

Layanan dan pengalaman yang ditawarkan kepada pelanggan bisa menjadi salah satu penentu keberhasilan promosi suatu bisnis. Untuk itu, kamu perlu melakukan berbagai upaya untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik saat mencari produk hingga melakukan transaksi sehingga mereka akan kembali berbelanja di tokomu.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah memastikan tokomu memiliki kehadiran online dan mobile-friendly. Seperti yang sudah disebutkan, konsumen saat ini lebih banyak menghabiskan waktu mereka menggunakan internet menggunakan smartphone. Seperti yang dikutip dari CNN Indonesia, 63% orang Indonesia lebih memilih berbelanja lewat smartphone. Maka itu, kamu juga harus bisa hadir di channel-channel yang mereka gunakan. 

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah menawarkan layanan-layanan tambahan seperti parsel, program khusus, atau diskon Lebaran spesial bagi pelanggan setia, penawaran gratis ongkir, dan banyak lagi.

Mempersiapkan Kebutuhan Khusus Lebaran

Untuk mengantisipasi penjualan yang meningkat, kamu juga harus mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan yang akan kamu perlukan untuk melaksanakan promosi. Dari segi produk, kamu bisa mulai menyiapkan produk-produk khusus lebaran. 

Contohnya, jika kamu menjalankan bisnis pakaian kamu bisa menyediakan produk busana Muslim atau perlengkapan ibadah khusus Idul Fitri. Kamu juga bisa menawarkan kartu ucapan Lebaran mengingat pada Lebaran 2021 ini banyak orang tidak bisa mudik dan silaturahmi secara langsung dengan sanak saudara.

Aspek lain yang perlu diperhatikan juga ialah kemasan. Agar nuansa Idul Fitri lebih terasa, kamu bisa membuat kemasan khusus Lebaran dengan menggunakan desain-desain khas Ramadhan.

Bagikan Konten yang Relevan

Bulan Ramadhan berlangsung selama 1 bulan. Ini merupakan kesempatan bagimu untuk memperluas jangkauan sebelum puncak promosi agar nantinya penjualan bisa meningkat, salah satunya lewat konten yang relevan.

Saat Ramadhan, konsumen lebih banyak mengonsumsi konten video di berbagai platform dan menghabiskan waktunya di media sosial. Kamu bisa memanfaatkan perilaku ini dengan membagikan konten berupa video yang relevan, misalnya webseries atau iklan yang berkaitan Ramadhan. 

Kamu juga bisa menghasilkan konten media sosial yang interaktif, misalnya dengan mengadakan kuis atau memanfaatkan fitur IG Story seperti polling, question, dan lain-lainnya. Dari konten tersebut, tambahkan tautan menuju toko onlinemu sehingga audiens bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai bisnismu.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Minim Modal untuk Lebaran 2021

Sesuaikan Waktu

Saat bulan Ramadhan, ada waktu-waktu dimana konsumen lebih aktif menggunakan internet, misalnya saat sahur, siang hari, dan menjelang buka puasa. Pada waktu tersebut, kamu bisa mempublikasikan konten atau mengumumkan promosi sehingga jumlah reach akan lebih tinggi. Pertimbangkan juga siapa target pembelimu saat memilih waktu untuk mengadakan promosi atau mengumumkan diskon Lebaran.

Sertakan Nilai-nilai Ramadhan dalam Promosi

Idul Fitri identik dengan nilai-nilai kekeluargaan, kebersamaan, dan berbagi. Integrasikan nilai-nilai ini ke dalam konten, campaign, ataupun promosimu sehingga peluang promosi dalam menangkap perhatian calon pembeli semakin tinggi. 

Berdasarkan laporan Google, beberapa kata kunci yang banyak dicari di antaranya adalah ‘donasi’, ‘kirim makanan’, serta beberapa aktivitas yang ditambahkan dengan kata ‘tutorial’, ‘sederhana’, atau ‘praktis’. Dengan menyertakan kata kunci serta nilai-nilai tersebut dalam strategi promosimu, target pembeli dapat lebih aware dengan promosi yang kamu jalankan.

Baca juga: Inspirasi Bisnis Kuliner Ramadan

Segera persiapkan promosi bisnismu sedini mungkin. Persiapan yang matang akan memudahkanmu dalam menjalankan strategi yang telah kamu rencanakan. Pastikan keseluruhan aspek bisnis mulai dari teknologi, platform, hingga tenaga kerja siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Alhasil kamu tidak hanya bisa menjangkau pembeli secara luas tetapi juga bisa mempertahankan mereka. 

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!