Blog

6 Tips SEO Toko Online Yang Harus Kamu Baca

Dari hampir semua tips SEO (search engine optimization) yang beredar di Internet, hampir semuanya menjanjikan akan membuat search ranking toko online kamu meningkat. Memang wajar kalau SEO menjadi prioritas, karena toko online atau website e-commerce yang terpampang di halaman pertama search engine akan mendapatkan banyak traffic (calon pembeli) dan otomatis akan meningkatkan peluang penjualan.

Masalahnya, sebagai pemilik toko online, pasti waktu kamu sudah banyak tersita oleh berbagai urusan. Nah, daripada menambah kesibukan dengan melakukan optimalisasi SEO, lebih baik ubah sedikit pola pikir dengan membuat toko online kamu menjadi search engine friendly sejak awal. Yuk kita lihat bersama 6 cara dan tips praktis untuk meningkatkan ranking toko online kamu di search engine dan jadi lebih menarik bagi calon pembeli potensial.

1. Prioritaskan Blog Toko Online

Sistem search engine akan melihat konten website untuk menentukan ranking, karena itu banyak sekali keuntungan marketing yang bisa didapatkan oleh toko online yang secara konsisten terus aktif memperbaharui blognya. Salah satu kegunaan blog adalah untuk memberikan info dan update terbaru kepada para pembeli. Hal ini telah dilakukan juga oleh salah satu user SIRCLO, yaitu toko online Polite Swim.

Kalau toko online kamu belum memiliki blog, sebaiknya mulailah dari sekarang, karena blog memberikan lebih banyak ruang untuk memasukkan kata kunci spesifik yang berkaitan dengan produk, atau menambahkan internal link halaman tertentu.

2. Hindari Konten Plagiat atau Duplikat

Salah satu hal yang tidak disukai oleh mesin pencari adalah konten duplikat, karena itu selalu deskripsikan produk dan buat isi blog secara kreatif dan original tanpa meniru. Sebagai tambahan, bila kamu menjual produk yang memiliki deskripsi bawaan dari pabrik, sebaiknya ganti dengan versi kamu sendiri tanpa mengubah maksud aslinya.

3. Maksimalkan Deskripsi Produk

Penulisan deskripsi produk yang baik seringkali dilewatkan oleh banyak pemilik online. Padahal detail kecil ini penting sekali, baik bagi calon pembeli potensial maupun sistem search engine. Jadi kalau toko online kamu menawarkan berbagai jenis produk berbeda, ini artinya kamu memiliki kesempatan yang besar untuk memperkuat SEO.

Deskripsikan produk secara rinci dan masukkan kata kunci yang berkaitan. Gunakan beberapa kata kunci yang bisa mempersempit fokus pencarian dan menarget calon pembeli yang lebih spesifik.

4. Manfaatkan Testimonal dan Review Pelanggan

Untuk meningkatkan kepercayan calon pembeli potensial, sediakan halaman khusus untuk testimonial maupun review postif mengenai pengalaman pelanggan yang sudah pernah berbelanja di toko online kamu. Pada halaman ini, pelanggan bisa menulis deskripsi produk yang lebih autentik dan objektif, dan akan terbaca oleh search engine dengan lebih baik.

Berikut contoh testimonial di toko online Impromptu:

5. Gunakan Deskripsi Meta Description atau Meta Tag

Ternyata setiap halaman di toko online kamu bisa ditambahkan deskripsi meta description atau tag loh. Dengan membiasakan diri untuk menuliskan meta pada setiap produk berbeda yang kamu tawarkan, kamu akan bisa melihat perubahan yang besar pada tingkat klik produk toko online kamu.



6. Ubah Image Description Pada Foto

Manfaatkan image description agar foto produk kamu bisa lebih mudah dibaca dan diindeks oleh search engine. Selain itu, image description juga memberikan kesempatan untuk memasukkan beberapa kata kunci tambahan pada produk. Tapi harus diingat, penggunaan kata kunci yang berlebihan malah akan berdampak buruk bagi toko online kamu.

Contoh: Judul foto sebuah produk fashion dinamakan “atasan-merah-lengan-panjang”, bukan “foto produk 1”.

Dalam jangka waktu panjang, yang terpenting sebenarnya bukan seberapa tinggi ranking kamu di halaman search engine – tapi seberapa baik toko online kamu mampu menarik perhatian calon pembeli, mengedukasi pelanggan, dan meng-convert visitor menjadi pembeli.

 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!