Blog

7 Alasan Mengapa Tampilan Website E-Commerce Penting untuk Diperhatikan

Jika kamu berjualan menggunakan website, ada banyak aspek yang harus kamu perhatikan mulai dari menu-menu yang ada, katalog produk, informasi yang ditampilkan, integrasi dengan platform lain, dan banyak lagi. 

Menampilkan informasi yang dibutuhkan oleh customer pada website yang kamu miliki tidaklah cukup. Salah satu faktor utama yang tidak boleh terlupakan dari diperhatikan kamu yaitu tampilan visual atau desain dari website bisnismu. Tampilan website bukan hanya menjadi halaman depan dari toko onlinemu saja, tetapi juga memegang pengaruh penting dalam banyak aspek bisnismu. Berikut 7 alasan mengapa tampilan website bisnismu penting untuk diperhatikan.

Menentukan Kesan Pertama

Calon customer kamu akan mendapatkan kesan pertama tentang bisnismu salah satunya dari tampilan website-mu. Para calon customer bisa menentukan opini mereka terhadap brand-mu dalam hitungan detik. Apabila tampilan website tidak menarik, brand-mu tidak akan diingat oleh para calon customer-mu dan mereka akan meninggalkan website-mu begitu saja.

Maka itu, penting bagi kamu untuk memiliki tampilan website yang dapat memberikan kesan positif dari tampilan, tingkat responsif, kecepatan, dan kemudahan penggunaannya. Apabila pengunjung merasa nyaman, mereka akan lebih betah melihat-lihat dan mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang kamu jual dan tentang bisnis-mu.

Merupakan Bagian dari Branding

Desain merupakan bagian dari branding, termasuk juga desain website. Tampilan website yang konsisten dan harmonis dengan keseluruhan desain brand akan menunjukkan identitas bisnismu dan membuatnya lebih mudah diingat oleh konsumen. Selain itu, branding yang baik juga membantu bisnis kamu lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor bisnis-mu.

Baca juga: Ingin Beralih Dari Offline ke Online? 4 Platform Ini Wajib Dicoba!

Membangun Kepercayaan

Mana yang akan kamu pilih, toko dengan tampilan yang bersih dan menyenangkan atau toko yang penuh barang dan berantakan? Tentu toko yang lebih rapi bukan? Begitu pula halnya dengan tampilan website.

Calon customer tidak mempercayai website dengan desain yang buruk. Apabila mereka melihat tampilan yang kurang menarik atau kurang informatif, kepercayaan mereka terhadap bisnis tersebut akan menurun. Bahkan mereka mungkin menjadi curiga terhadap bisnis tersebut karena tidak diupdate dengan tampilan yang baik. 

Sebaliknya, website yang terlihat profesional akan membuat costumer lebih percaya dan merasa aman untuk melakukan transaksi di website tersebut. Tampilan website menjadi salah satu cara untuk membangun kepercayaan customer. Semakin lama customer bertahan di websitemu, semakin besar juga peluangmu untuk mendapatkan leads dan meningkatkan penjualan.

Mempengaruhi Ranking SEO

Website yang tidak didesain dengan baik dapat mempengaruhi kecepatan website. Apabila website membutuhkan waktu lama untuk dibuka, pelanggan akan malas dan akhirnya meninggalkan website. 

Ini akan meningkatkan bounce rate-mu menjadi tinggi dan akhirnya membuat peringkat SEO website-mu turun. Hal ini penting untuk diperhatikan juga dalam mendesain tampilan website-mu, agar peringkat SEO-mu tetap konsisten sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon customer-mu.

Memudahkan Pengunjung Menemukan Informasi

Website yang dibanjiri dengan informasi dan desain yang rumit akan menghambat customer mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Bahkan, hal ini bisa saja membuat mereka batal melakukan transaksi. 

Sebaliknya, tampilan website yang baik dapat memudahkan pengunjung mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan efisien. Selain itu, hal ini dapat memudahkan tim layanan pelanggan agar mereka tidak mendapatkan pertanyaan berulang yang sebenarnya dapat ditemukan di website.

Menarik Perhatian Customer Potensial

Ada begitu banyak konten di internet yang dapat menarik perhatian customer. Tampilan website yang baik dapat membuat konsumen merasa betah dan tidak beralih ke website lain. Statistik menunjukkan web dengan gambar yang berkualitas dapat mendapatkan 94% lebih banyak view dibanding website yang tanpa gambar atau gambar yang membosankan. Semakin lama pengunjung berada di websitemu, semakin tinggi juga peluangmu untuk meningkatkan rank di mesin pencari.

Dapat Membantu Meningkatkan Penjualan

Visual yang efektif dapat membantu kamu meningkatkan penjualan. Tampilan yang baik memudahkan pengunjung mendapatkan informasi yang jelas mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan. Apabila mereka bisa mendapatkan seluruh informasi yang mereka butuhkan di website, mereka akan semakin mudah membuat keputusan untuk melakukan pembelian. Alhasil, peluang untuk meningkatkan penjualan pun lebih besar.

Tampilan website bisa menentukan perkembangan suatu bisnis. Maka itu, pebisnis sebaiknya menyediakan anggaran untuk mengoptimalkan tampilan website. Saat membuat tampilan website, pastikan seluruh visual, informasi, dan konten konsisten agar tidak membingungkan pengunjung. Tampilan website yang menarik, ramah bagi pengguna, dan dapat diakses melalui mobile akan memberikan dampak positif bagi bisnismu.

Kini kamu bisa menciptakan website toko online dengan tampilan, fitur dan dapat diintegrasikan ke lapak marketplace jualanmu hanya dengan modal 0 Rupiah. Klik di sini untuk mencoba Starter Plan dari SIRCLO!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!