Blog

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan UMKM untuk Mendapatkan Modal dari Bank

Untuk memulai dan menjalankan bisnis, tentu dibutuhkan modal finansial. Hal ini pula yang sering menjadi penyebab suatu bisnis gagal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pebisnis untuk mendapatkan modal seperti melalui investor, meminjam kepada teman, menjual aset, meminjam dari bank, dan banyak lagi. 

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Pinjaman bank menjadi salah satu cara yang banyak dipilih pebisnis karena relatif praktis. Namun ini bukan berarti bank akan dengan mudah meminjamkan modal ke siapa saja. Diperlukan persiapan yang matang agar bank yakin bahwa kamu merupakan seorang peminjam yang layak. Berikut 7 hal yang perlu dipersiapkan oleh pelaku bisnis dan UMKM untuk bisa mendapatkan modal dari bank. 

Lengkapi Dokumen yang Diperlukan

Dokumen diperlukan untuk menjadi bahan pertimbangan bank apakah calon peminjam sanggup untuk melunasi pinjamannya atau tidak. Dokumen yang diperlukan biasanya berupa KTP, KK, NPWP, fotokopi buku tabungan, dan dokumen lainnya. Pastikan dokumen sudah lengkap dan disusun dengan rapi untuk memudahkan pihak bank. 

Siapkan Surat Legal & Laporan Keuangan Usaha

Adanya surat legalitas usaha akan membuat bank lebih yakin untuk meminjamkan modal. Pasalnya, adanya surat ini menunjukkan keseriusan usahamu sekaligus menyatakan bahwa bisnis yang kamu jalankan sah. 

Selain surat legalitas, sertakan juga laporan keuangan usahamu. Melalui laporan keuangan ini, kamu bisa semakin meyakinkan bank bahwa bisnismu memiliki prospek yang bagus. Ini bukan berarti bisnismu harus selalu untung. Tetapi dengan laporan keuangan yang baik, bank bisa melihat bahwa keuangan bisnismu dikelola dengan tepat dan dapat berkembang.

Siapkan Proposal Bisnis dengan Matang

Tunjukkan bahwa bisnismu memiliki perencanaan yang matang melalui proposal bisnis. Masukkan informasi lengkap mengenai bisnismu mulai dari ide, tujuan dan misi, prospek, target pasar, susunan manajemen, perencanaan, dan sebagainya. Sertakan juga informasi dan latar belakang mengenai dirimu. Apabila proposal bisnis terlihat jelas dan matang, bank pun akan lebih yakin untuk memberikan pinjaman modal. 

Tentukan Tujuan Pinjaman

Jelaskan apa yang akan kamu lakukan dengan modal yang akan dipinjamkan tersebut. Apakah untuk membeli aset, memulai produksi, dan sebagainya. Nyatakan juga mengenai jumlah yang kamu butuhkan. Sebelum menentukan nominal, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu agar jumlah yang kamu ajukan tidak terlalu sedikit atau malah berlebihan. 

Modal yang terlalu sedikit dapat menjadi masalah bagi bisnis ke depannya. Sementara jumlah yang berlebihan dapat membuat bank ragu apakah kamu telah melakukan riset mengenai perencanaan bisnismu atau tidak.

Baca juga: Instagram Shopping Resmi Diluncurkan di Indonesia!

Pilih Jenis Kredit

Ada banyak pilihan jenis kredit yang bisa kamu pilih. Pilihlah jenis kredit yang memang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, maupun dengan kemampuanmu untuk membayar cicilannya. Tujuannya tak lain adalah untuk menghindari cicilan yang macet yang akhirnya malah menghambat kelancaran bisnis. 

Siapkan Jaminan

Walaupun saat ini juga ada jenis pinjaman tanpa agunan, tetapi rata-rata bank meminta jaminan untuk memberikan pinjaman. Masing-masing bank biasanya memiliki ketentuan tersendiri mengenai jaminan ini. Barang yang umumnya bisa dijadikan jaminan di antaranya seperti surat kepemilikan tanah atau bangunan, kendaraan, logam mulia, atau barang lainnya yang kira-kira senilai dengan jumlah yang dipinjam. 

Cek Riwayat Kredit

Selain kelengkapan dokumen dan perencanaan bisnis yang matang, riwayat kredit juga menjadi pertimbangan bank untuk memberikan pinjaman modal. Yang dimaksud dengan riwayat kredit adalah catatan kredit-kredit yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Dengan melihat riwayat kredit, bank bisa menilai apakah kamu memiliki reputasi yang baik atau tidak sebagai peminjam. Reputasi yang baik ini bisa dilihat dari pembayaran yang tepat waktu. Apabila catatan riwayat kreditmu baik, maka lebih besar kemungkinan bank untuk menerima pengajuan pinjaman modalmu.

Dengan mempersiapkan semuanya dengan matang sebelum mengajukan pinjaman modal ke bank, kamu pun bisa mendapatkan pinjaman dengan lebih mudah dan dari bank dan bisnismu pun bisa dijalankan dengan lancar.  

Untuk semakin mengoptimalkan bisnismu, kamu perlu masuk ke jalur bisnis online dan meraih lebih banyak pelanggan. Kamu bisa memaksimalkan penggunaan website, marketplace, hingga WhatsApp #MulaiSekarang. Yuk, ikuti Program #MulaiSekarang dan aktifkan bisnismu secara online dengan budget yang sesuai kantong!

Tags: , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!