Blog

9 Cara Kamu bisa Mendukung Local Brands di Tengah Pandemi COVID-19

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, banyak orang pun mengurangi aktivitas di luar rumah. Aktivitas sejumlah bisnis pun menjadi terbatas, bahkan ada juga yang dihentikan sementara. Hal ini tentu mempengaruhi ekonomi, khususnya bagi bisnis UKM dan local brands. Pemerintah pun melakukan beberapa upaya untuk membantu. Namun tak hanya pemerintah, kita juga bisa turut mendukung local brands di tengah masa sulit seperti ini.

Memang apa pentingnya mendukung local brands? Bisnis UKM dan local brands penting bagi pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, dari bisnis-bisnis lokal, tercipta juga lapangan kerja baru dan peluang bisnis yang mampu mendukung perkembangan komunitas dan ekonomi lokal. Namun, local brands ini jugalah yang saat ini rentan terhadap krisis ekonomi. 

Baca juga: Tips agar Bisnis Tetap Jalan saat Social Distancing

Maka itu, pada masa-masa seperti ini, penting bagi kita untuk tetap  mendukung local brands. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung mereka, antara lain:

Cari tahu Bisnis Lokal di Sekitarmu

Cari tahu ada local brand apa saja di sekitar tempat tinggalmu. Jika kamu menemukan bisnis lokal yang menarik atau kira-kira akan kamu butuhkan suatu saat, catat nama dan kontaknya. Cari tahu apakah mereka menyediakan jasa atau produk mereka secara online, misalnya melalui media sosial atau website toko online mereka. 

Cari tahu juga bisnis-bisnis lokal yang sering kamu kunjungi. Ada kemungkinan mereka mengubah layanan mereka sementara waktu agar sesuai dengan situasi saat ini. Misalnya, mungkin saja laundry dekat rumahmu sekarang juga memberikan layanan disinfektan. Dengan mencari tahu, kamu bisa mengontak bisnis-bisnis ini di saat kamu membutuhkan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Belanja Brand & Produk Lokal

Sekarang kamu sudah tahu bisnis lokal apa saja yang ada di sekitarmu dan mana saja yang kira-kira akan kamu gunakan jasa atau produknya. Langkah selanjutnya tak lain adalah membeli produk atau menggunakan jasa mereka. Misalnya, jika kamu biasanya membeli bahan makanan dari supermarket, mungkin kamu bisa mulai dengan membeli sayur-sayuran dari warung atau toko kelontong dekat rumah. 

Tanyakan apabila mereka punya kontak Whatsapp yang bisa dihubungi atau menyediakan jasa delivery sehingga di kali selanjutnya jika kamu ingin membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan, kamu bisa menghubungi mereka atau membagikannya ke temanmu yang mungkin sedang mencari produk atau jasa yang mereka tawarkan. 

Pesan Takeaway atau Delivery

Banyak restoran yang saat ini tutup atau tidak mengijinkan orang untuk makan di tempat. Namun, banyak dari restoran ini kemudian menyediakan jasa takeaway atau delivery. Jika kamu sedang tidak ada makanan di rumah atau sedang malas masak, kamu bisa membeli makanan dari restoran atau bisnis makanan lokal. 

Saat ini sudah banyak bisnis makanan dan minuman yang bekerja sama dengan platform pengiriman seperti Gojek dan Grab. Dengan demikian, kamu tidak hanya membantu bisnis lokal tetapi juga membantu para pengemudi ojek online. Usahakan juga untuk melakukan pembayaran secara online agar lebih aman. 

Berikan Review yang Baik

Jika kamu secara finansial belum bisa mendukung bisnis lokal ini, kamu bisa tetap membantu local brands dengan memberikan review yang baik, misalnya di media sosial, Google, atau web jualan online mereka. 

Dengan banyaknya bisnis lokal yang aktivitasnya terhambat, memberikan dukungan atau kata-kata positif bisa membuat pemilik bisnis jadi bisa tetap bertahan dan semangat. Siapa tahu, review-mu bisa membawa pelanggan baru untuk mereka. 

Tunda Alih-Alih Refund

Sebagai konsumen, kamu memang punya hak untuk mendapatkan refund, misalnya saat acara yang sudah kamu beli tiketnya dibatalkan atau acaramu dibatalkan sehingga kamu tidak jadi menggunakan jasa catering yang sudah kamu pesan. Namun, salah satu cara untuk mendukung bisnis lokal adalah dengan menanyakan apabila mereka menawarkan opsi lain.

Banyak bisnis yang menawarkan opsi postpone atau mengundurkan jadwal. Ada juga yang menawarkan opsi mengganti ke produk atau jasa lainnya. Jika memungkinkan, kamu bisa memilih opsi tersebut. Jika mereka tidak menyediakan opsi tersebut, kamu bisa menawarkan uang yang sudah kamu bayar sebagai donasi jika keadaan finansialmu sedang cukup baik. 

Tidak Keluar Rumah Jika Sakit

Jika kamu sedang sakit atau tidak enak badan, hindari keluar rumah dan berinteraksi langsung dengan orang lain di luar rumah. Gunakan jasa delivery tanpa kontak langsung. Selain agar aman, ini juga salah satu cara kamu bisa mendukung bisnis lokal di sekitarmu agar bisa tetap berjalan.

Banyak bisnis lokal yang berjuang keras agar bisa tetap bertahan di masa seperti ini. Artinya, mereka berusaha sebisa mungkin agar bisnis mereka tetap produktif. Maka itu, jangan sampai karyawan mereka jadi tidak bisa bekerja karena tertular orang lain yang sedang sakit dan akhirnya menyulitkan bisnis mereka maupun karyawan itu sendiri. 

Bersabar

Banyak bisnis yang mengurangi kapasitas produk mereka, baik itu karena kesulitan di ekspor, pembatasan jam kerja untuk menjaga keamanan karyawan, atau alasan-alasan lainnya. Maka itu, ada kemungkinan kamu harus menunggu sedikit lebih lama sampai barangmu tiba atau barang kamu mau beli stoknya habis.

Dalam situasi ini, ingat untuk bersabar. Ingat bahwa bisnis-bisnis ini pun ingin bisa memenuhi kebutuhanmu dan melayanimu. Hanya saja, situasi saat ini mungkin membuat proses kerja jadi lebih lama. Jadi, hindari keluhan yang kurang perlu atau malah memberikan review buruk jika kamu harus menunggu lebih lama ya. 

Promosikan Local Brand Favoritmu secara Online

Punya local brand favorit? Promosikan mereka secara online! Misalnya, jika kamu suka produknya, bagikan website toko online mereka di media sosialmu agar lebih banyak orang tahu tentang bisnis mereka. Ajak orang lain untuk membeli dan menggunakan produk  atau jasa mereka. Jika saat ini mereka melakukan sesuatu untuk membantu orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19, bagikan juga kabar positif tersebut. Dengan demikian, mereka pun bisa mendapatkan exposure.

Baca juga: Strategi Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19

Berikan Potongan

Jika kamu memiliki bisnis atau usaha jasa yang berhubungan dengan bisnis lokal dan dapat membantu mereka, berikan potongan apabila memungkinkan. Misalnya jika kamu menyediakan jasa pembuatan website toko online atau manajemen media sosial, kamu bisa memberikan diskon atau promo.

Ini juga yang dilakukan oleh SIRCLO sebagai penyedia jasa pembuatan website toko online. Untuk membantu bisnis-bisnis lokal, SIRCLO menawarkan promo POMPOM untuk pembuatan toko online sehingga bisnis pun bisa beradaptasi dengan situasi saat ini dan tetap bertahan melalui web jualan online. Untuk promo selengkapnya, kamu bisa mengunjungi Instagram @sircloslution. Yuk, ulurkan tangan dan bagikan kebaikan.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!