Blog

Apa itu Sistem Escrow? Dan Apa Manfaatnya Bagi Merchant

Aktivitas belanja online tiap tahunnya meningkat. Hal tersebut membuat pengamanan berupa laju transaksi keuangan perlu diperketat. Langkah ini dilakukan demi kenyamanan penjual dan pembeli saat melakukan transaksi sampai menghindari adanya tindakan penipuan. Beberapa cara untuk mengantisipasi agar pembeli nyaman saat berbelanja pun dikerahkan demi memudahkan pembayaran.

Menghadapi cepatnya arus teknologi informasi, hadirlah beberapa solusi yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Salah satu solusinya bernama escrow. Escrow mampu membuat transaksi jual beli online menjadi lebih aman dan nyaman. Lantas apa itu escrow? Selengkapnya simak jawabannya lewat artikel berikut

Baca juga: Apa Manfaat Dari AirWay Bills?

Pengertian

Escrow atau kerap lebih dikenal sebagai rekber atau rekening bersama merupakan dokumen atau saluran sah pengelolaan uang antara penjual dan pembeli oleh pihak ketiga. Cara ini banyak dilakukan berkat maraknya transaksi yang dilakukan secara online. Demi menghindari terjadinya penipuan, Escrow hadir agar transaksi online bisa dilakukan dengan aman dan memudahkan pembayaran.

Secara teknis, escrow account akan menampung uang dari pembeli saat melakukan transaksi. Saat produk sudah sampai ke tangan pembeli, barulah uang hasil transaksi tersebut bisa diterima oleh penjual sesuai perjanjian. Escrow bisa menjadi alat yang dapat meningkatkan kenyamanan pembeli saat belanja.

Cara Kerja

Performa marketplace sebagai platform belanja online yang terus menanjak, membuat kebutuhan pihak ketiga untuk menyimpan jumlah transaksi sebelum beralih kepada pihak penjual semakin dibutuhkan. Escrow sebagai pihak ketiga harus disepakati kedua belah pihak baik penjual atau pembeli sebagai layanan rekening bersama.

Selanjutnya, pembeli bisa memilih metode pembayaran sesuai dengan harga produk yang dibeli. Termasuk ongkos kirim, asuransi, dan biaya tambahan lain. Rekening atau akun yang diberikan agen escrow merupakan tempat singgahnya uang hasil transaksi. Selepas uang masuk ke rekening escrow, biasanya pihak agen akan memberikan pemberitahuan kepada penjual bahwa pembeli sudah menyelesaikan transaksi.

Pemberitahuan kepada penjual mengenai pembayaran transaksi berarti penjual harus segera mengirimkan produk ke alamat yang sebelumnya sudah dicantumkan. Setelah sudah dikirim, penjual wajib memberitahukan agen escrow bahwa produknya sudah dikirim disertai nomor resi pengiriman atau AirWay Bill sebagai bukti.

Sebagai perantara, agen escrow juga akan memberikan nomor resi dari penjual untuk bisa dilakukan pemantauan dari pembeli. Pemantauan dilakukan untuk mengetahui progres barang yang dibeli sudah sampai mana. Langkah akhirnya, jika produk sudah diterima sesuai alamat, pembeli harus memberitahu agen untuk proses pengiriman uang kepada penjual.

Baca juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Terima Pesanan Saat Harbolnas

Manfaat

Adanya escrow sebagai pihak ketiga membuat transaksi keamanan belanja online semakin aman. Baik dari segi penjual maupun pembeli. Sebelum adanya escrow, beberapa kasus ditemukan bahwa pembeli terkena tindakan penipuan dari penjual nakal yang tidak mengirimkan barang setelah pembeli melakukan pengiriman uang ke rekening penjual.

Begitupun pihak penjual. Banyaknya transaksi bisa saja membuat penjual lengah akibat desakan pembeli yang menyebutkan bahwa sudah melakukan proses transfer. Akibat carut marutnya situasi, penjual langsung mengirimkan barang tanpa melihat aktivitas transaksi rekening. Padahal pihak pembeli belum melakukan transfer.

Kejadian-kejadian yang terjadi seperti di atas tidak akan terjadi lagi karena hadirnya escrow sebagai pihak ketiga. Iklim belanja online diharapkan bisa lebih meningkat dari segi keamanan dan kemudahan pembayaran dengan menghadirkan pihak ketiga untuk saluran penyimpanan uang sebelum transaksi terselesaikan.

SIRCLO Store sebagai solusi layanan jasa pembuatan toko online mulai dari website bisa, proses penjualan online dengan satu dashboard, terhubung dengan marketplace, serta fitur pendukung lainnya. Info pembuatan dan fiturnya bisa dilihat lebih lengkap dengan klik banner di bawah ini.

Tags: , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!