Blog

arti ekspedisi

Arti Ekspedisi dalam Bisnis dan Pengiriman Barang

Arti ekspedisi cukup luas. Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti ekspedisi adalah pengiriman surat, barang dan sebagainya.

Definisi lain, ekspedisi adalah sebuah kegiatan perjalanan untuk penelitian ilmiah di suatu daerah yang kurang dikenal. Ekspedisi juga bisa berarti pengiriman tentara untuk menyerang atau menaklukkan musuh di suatu daerah yang jauh letaknya.

Arti ekspedisi lainnya yaitu perusahaan pengangkutan barang. Dalam dunia bisnis, ekspedisi lebih lekat dengan pengangkutan komoditas dari satu tempat ke tempat lain. Simak seluk-beluk mengenai ekspedisi dalam artikel ini!

Baca juga: Contoh Barang Substitusi untuk Penuhi Permintaan Pasar

Arti Ekspedisi

arti ekspedisi

Foto: Freepik.com

Secara umum, arti ekspedisi adalah perjalanan terorganisasi yang dilakukan untuk tujuan tertentu. Semisal sekelompok ilmuwan melakukan ekspedisi ke antartika untuk melakukan penelitian mengenai gletser.

Ekspedisi merupakan perjalanan yang serius, sering kali dengan tujuan sangat spesifik. Perjalanan ini dilakukan oleh beberapa orang dengan banyak peralatan.

Dalam dunia bisnis, arti ekspedisi lebih condong ke pengiriman barang. Sebuah perusahaan pengangkut barang pun dinamai sebagai ekspedisi.

Jadi, dapat dikatakan ekspedisi adalah pemindahan barang secara fisik dari satu titik ke titik lain, seperti pemindahan barang dagang di gudang ke pelanggan.

Proses pengiriman barang meliputi pengepakan untuk menjaga keamanan barang. Semua kegiatan ini tentunya dikendalikan oleh perusahaan yang menyediakan jasa ekspedisi.

Di antara semua jenis bisnis, bisnis e-commerce yang paling membutuhkan jasa ekspedisi. Hal ini agar produk bisa dikirim ke mana pun hingga ke wilayah pelosok, bahkan ke luar negeri.

Ekspedisi dilakukan dengan menggunakan sejumlah moda transportasi. Mulai dari moda transportasi darat, laut, hingga udara.

Jenis ekspedisi yang paling hemat biaya, yakni pengiriman dengan moda transportasi darat. Namun kelemahannya, pengiriman barang cenderung lambat.

Untuk pengiriman barang secara cepat, jasa ekspedisi cenderung menggunakan moda transportasi. Namun, harganya pun tentu lebih mahal.

Jika melakukan pengiriman barang ke luar negeri, ekspedisi dilakukan dengan menggunakan moda transportasi laut. Ekspedisi melalui jalur laut sangat hemat biaya, tetapi juga sangat lambat.

Pengiriman barang lewat jalur laut bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu. Moda transportasi udara juga bisa digunakan untuk pengiriman ke luar negeri, tetapi tentunya biayanya mahal. Belum ditambah dengan urusan bea cukai.

Ekspedisi dalam Bisnis

Ekspedisi dalam perekonomian itu penting. Perputaran barang dan jasa menghidupkan perputaran uang di pasar, sehingga jasa ekspedisi diperlukan untuk melancarkan perputaran tersebut.

Jadi, dalam bisnis ekspedisi dibutuhkan untuk pengiriman barang dan pemenuhan komoditas di berbagai wilayah. Tidak semua produsen atau manufaktur bisa mengantar produknya sendiri hingga ke konsumen akhir.

Oleh karena itu, terbentuklah bisnis yang menawarkan jasa ekspedisi. Bisnis ini diperlukan karena sistem logistik dan pengiriman barang sangatlah rumit.

Untuk memahami cara kerja pengiriman barang, kita perlu mengetahui strategi logistik yang digunakan produsen agar produk sampai di tangan konsumen. Dari situ, produsen menunjuk distributor yang bekerja sama dengan perusahaan kargo.

Perusahaan kargo ini memiliki tarif pengiriman hemat biaya dan kapasitas memadai untuk pengiriman banyak barang. Distributor bisa menentukan tenggat waktu tanggal pengiriman dan perusahaan kargo akan berusaha memenuhinya.

Itu gambaran mengenai pengiriman barang dalam skala besar. Namun, pengiriman barang itu sendiri memiliki banyak dimensi, tidak terbatas pada bisnis besar yang mengangkut kontainer kargo.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jasa ekspedisi terutama dibutuhkan dalam bisnis e-commerce yang melayani konsumen akhir. Otomatis, dibutuhkan jasa pengiriman barang dalam skala kecil yang dapat menjangkau hingga ke pelosok.

Semisal kamu memiliki bisnis e-commerce dengan sistem dropship, kamu akan sangat membutuhkan jasa ekspedisi. Kamu perlu menghubungi pemasok ketika ada pesanan, kemudian pemasok akan mengirimkan pesanan ke alamat pelanggan melalui jasa ekspedisi.

Baca juga: Customer Centric, Pendekatan yang Memahami Pelanggan

Ekspedisi sebagai Jasa Pengiriman Barang Pihak Ketiga

Bisnis e-commerce tidak mungkin mengurus sendiri urusan logistik dan pengiriman barang hingga ke konsumen akhir. Maka dari itu, dibutuhkan jasa ekspedisi sebagai pihak ketiga untuk pengiriman barang.

Apa pun untuk model bisnis e-commerce, kamu mungkin memerlukan jasa ekspedisi untuk memenuhi pesanan konsumen dengan cara paling nyaman dan hemat biaya.

Dengan jasa pihak ketiga, kamu mengalihkan layanan pengiriman, sehingga bisa fokus pada proses bisnis lain.

Berikut ini sejumlah manfaat menggunakan jasa ekspedisi pihak ketiga:

1. Pengiriman Lebih Cepat

Ada banyak hal yang menguras perhatianmu ketika menjalankan bisnis e-commerce. Mulai dari mengoptimalkan toko di mesin pencari, mengelola campaign, menanggapi komplain pelanggan, dan sebagainya.

Belum lagi urusan pengemasan produk dan penyiapan untuk pengiriman. Hal kecil seperti ini bisa sangat mengganggu jika pesananmu sudah cukup banyak.

Bayangkan jika kamu harus mengurus pengirimannya juga. Tentu hal yang sangat mustahil karena butuh biaya besar untuk mengurus infrastruktur pengiriman barang.

Jasa ekspedisi akan memastikan pengiriman barangmu ke konsumen sesuai alamat dan tentunya lebih cepat. Hal ini karena jasa ekspedisi memiliki infrastruktur yang dibutuhkan untuk pengiriman barang.

2. Menjangkau Berbagai Wilayah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jasa ekspedisi memiliki infrastruktur yang dibutuhkan untuk pengiriman barang. Tentunya, jasa ekspedisi juga memiliki rantai distribusi barang di sejumlah wilayah.

Jadi, keuntungan lainnya menggunakan jasa ekspedisi pihak ketiga ialah produkmu dapat menjangkau berbagai wilayah hingga ke pelosok. Bahkan, kamu bisa melakukan pengiriman ke luar negeri.

3. Dapat Melacak Pesanan

Setiap jasa ekspedisi sudah melengkapi sistem mereka dengan pelacakan paket dengan hanya memasukkan nomor resi. Dengan demikian, kamu bisa memantau perjalanan barang dari tanganmu hingga sampai ke tangan pelanggan.

Kamu pun bisa membagikan nomor resi kepada pelanggan, sehingga mereka bisa ikut melacak keberadaan pesanan mereka. Mengetahui posisi perjalanan barang dapat menenangkan pelanggan karena mereka yakin produk sudah kamu kirim.

Baca juga: Apa Beda Marketing dan Sales? Ini Penjelasannya

Demikian penjelasan mengenai arti ekspedisi dan hubungannya dalam bisnis serta pengiriman barang. Semoga bermanfaat!

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!