Blog

Ayo Manfaatkan Instagram Stories Untuk Bisnis Kamu

Tahukah kamu Instagram Stories sangat bermanfaat dalam mempromosikan toko online kamu? Kalau kamu sudah mengunduh update terbaru Instagram, pasti kamu tahu kalau ada fitur yang baru dikeluarkan, yaitu Instagram Stories.

Fitur baru ini sedikit mirip Snapchat dan membuat kamu bisa mengeluarkan seri foto yang menceritakan kegiatan bisnis kamu setiap hari. Gambar dalam Instagram stories ini tidak muncul di koleksi post Instagram biasa dan akan hilang setelah 24 jam. Artinya, kamu bisa berbagi sebanyak mungkin setiap hari tanpa mengganggu para follower.

Untuk memanfaatkan fitur ini secara maksimal untuk bisnis online dan webstore kamu, pastikan konten yang kamu post bisa meningkatkan citra brand kamu. Perhatikan juga waktu optimal untuk posting, karena hanya bisa dilihat dalam jangka waktu 24 jam. Semakin banyak stories yang kamu post, semakin mungkin kamu ada di bagian teratas feed Instagram.

Nah, biar lebih lengkap, ada 3 cara untuk memanfaatkan fitur Instagram Stories untuk bisnis kamu:

1. Berikan Penawaran Khusus

Penawaran khusus akan terlihat lebih spesial kalau dikombinasikan dengan keunikan Instagram Stories. Manfaatkan post Instagram Stories untuk memberikan penawaran khusus toko online kamu dengan waktu terbatas, sehingga lebih dicari oleh para pengguna.

Kamu bisa menyampaikan penawaran melalui Instagram Stories dengan posting sebuah ‘kupon’ dan umumkan bahwa kupon tersebut akan berakhir setelah post menghilang dengan sendirinya. Kupon nantinya akan mengarah pada link di bio Instagram, yang akan membawa mereka ke halaman website atau toko online khusus dimana mereka bisa menggunakan kode kupon tadi.

Waktu yang terbatas akan menjadikan penawaran lebih menarik bagi pelanggan dan calon pembeli potensial. Sebagai hasilnya, mereka akan selalu menunggu dan memperhatikan kalau ada penawaran lain. Tapi harus diingat juga, hadiah yang kamu tawarkan harus bernilai bagi para pelanggan. Jangan sekali-kali berikan penawaran atau hadiah yang bernilai rendah kalau tidak mau ditinggalkan.

2. Pamerkan Proses Kreatif

Coba pamerkan sketsa awal produk fashion baru, video proses pembuatan sepatu, atau bisa juga foto produk baru berkualitas tinggi yang akan segera dirilis. Postingan berisi proses kreatif di belakang layar ini bisa meningkatkan kepercayaan para calon pembeli potensial.

Kamu juga bisa melakukan liputan khusus untuk mengintip produk atau jasa baru yang belum dirilis untuk seorang klien. Misalnya:

  • Menunjukkan sedikit tampilan dan fitur website atau toko online dari klien yang sedang menggunakan jasa pembuatan website kamu.
  • Kalau kamu jual baju online, kamu bisa memperlihatkan berbagai jenis bahan yang akan digunakan untuk membuat koleksi terbaru.

Membagikan hasil kerja bisnis kamu dengan orang lain bisa sangat menggugah dan memperlihatkan kemampuan brand serta menunjukkan jasa apa saja yang bisa kamu sediakan. Tapi jangan lupa ya, minta izin dulu pada klien sebelum melibatkan pekerjaan tadi dalam Instagram Stories bisnis kamu.

3. Berbagi Informasi Dasar Dan Informal Tentang Bisnis Kamu

Post Instagram Stories memang cuma sementara, tapi dampaknya bagi bisnis online kamu secara keseluruhan bisa jadi permanen loh. Cerita yang sedikit dipoles, tetapi tetap jujur dan memperlihatkan bisnis kamu lebih mendalam adalah kunci untuk membuat brand kamu lebih manusiawi bagi pelanggan maupun calon pembeli potensial.

Coba tampilkan sedikit proses di belakang layar bisnis kamu. Misalnya:

  • Proses penjahitan bantal sofa untuk bisnis dekorasi interior rumah
  • Proses pencetakan untuk bisnis percetakan dan desain
  • Proses persiapan acara untuk bisnis event organizer

Kalau kamu tidak yakin konten apa yang harus kamu bagikan dengan para follower di Instagram Stories, kenapa tidak menanyakan langsung hal menarik apa yang ingin mereka lihat dari bisnis kamu? Lalu gunakan umpan balik ini untuk memberikan konten yang bisa meningkatkan interaksi di masa depan. Selama kamu konsisten untuk terus memberikan konten yang baik dan serius memanfaatkan kekuatan Instagram Stories, hasil positifnya untuk bisnis kamu pasti akan terlihat dalam waktu dekat.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!