Blog

Belajar Ilmu Branding melalui Kegiatan BREXPLOR 2021

BREXPLOR 2021 merupakan serangkaian kegiatan yang diadakan oleh Universitas Prasetiya Mulya untuk memperkenalkan dan mengasah kemampuan para pemuda-pemudi Indonesia pada bidang marketing, menjadi wadah eksplorasi dunia branding, serta menjadi wadah untuk menambah relasi di antara orang-orang yang memiliki minat dalam mengikuti perlombaan khususnya pada bidang branding. Kegiatan yang dilaksanakan pada 27 Februari 2021 hingga 28 Maret 2021 secara daring ini dihadiri oleh lebih dari 81 kelompok dan lebih dari 200 partisipan dari jenjang SMA dan Perguruan Tinggi.

Rangkaian kegiatan BREXPLOR 2021 dibuka dengan seminar “INFINITE: Breaking Boundaries Towards the Future of Branding”, yang menghadirkan tiga pembicara dari latar belakang berbeda, yaitu Daniel Surya (Executive Chairman WIR Group), Ricky Afrianto (Global Marketing Director Mayora Group), serta Ian Hugen (Content Creator) yang memberikan pesan bahwa batasan-batasan dalam sebuah masalah dapat dilampaui dengan pemikiran yang kreatif.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan rangkaian registrasi perlombaan, mulai dari tahap seleksi proposal hingga tahap rocket pitching yang menyisakan masing-masing lima besar dari kedua jenjang. Setelah itu, para lima besar dari kedua jenjang harus melakukan final presentation dengan membawakan ide strategi branding untuk campaign Blue Band “Everything is a Piece of Cake”.

Selain kegiatan perlombaan, BREXPLOR 2021 juga menyelenggarakan virtual conference bertajuk “BREXPERIENCE – Edify: Evolving Paradigm for Branding Survival” yang dihadiri oleh beberapa pembicara yang ahli di bidang branding, dengan membawa tiga sub-topik yaitu “Branding Outside of the Box”, “Digital Marketing Through Social Media”, dan “Standing Out in the Trend Waves”.

Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan awarding session pada hari Minggu, 28 Maret 2021 melalui platform daring yang disiarkan langsung melalui YouTube. Pada masing-masing jenjang mengumumkan tiga pemenang pada jenjang SMA dan tiga pemenang pada jenjang Perguruan Tinggi.

Masa sekolah di SMA sampai Perguruan Tinggi merupakan waktu yang paling tepat untuk memupuk minat dan bakat para pemuda-pemudi Indonesia, salah satunya dalam ilmu branding. Menurut American Marketing Association (AMA) istilah “brand” dalam kata “branding” merujuk kepada nama, istilah, desain, simbol, atau karakteristik lain dari sebuah produk atau jasa yang dapat membedakannya dengan yang lain. Istilah branding sendiri bisa diartikan sebagai usaha untuk menciptakan sebuah merek atau brand, termasuk di dalamnya proses menentukan value, uniqueness, dan representative symbol yang akan digunakan sebuah brand.

Proses branding dapat dilakukan melalui berbagai platform, salah satunya adalah platform online. Pembentukan merek ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan membuat deskripsi yang detail pada profil akun produk, kemudian juga dapat menyelaraskan tampilan platform tersebut dengan brand guideline yang sudah dimiliki, serta menjaga persona brand dengan konsisten.

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!