Blog

Belajar Soal Emotional Marketing dari 6 Brand Berikut!

Strategi emotional marketing merupakan salah satu pendekatan yang ampuh untuk menarik perhatian konsumen. Makanya tak heran banyak brand menerapkan strategi ini dalam iklan maupun campaign mereka. Pasalnya, dorongan emosional lebih efektif untuk membuat target konsumen mengambil keputusan pembelian dibandingkan logika.

Baca juga: Tips Menjalankan Strategi Emotional Marketing untuk Campaign Hari Raya

Bagi kamu yang menjalankan bisnis dan ingin menerapkan strategi emotional marketing dalam konten pemasaranmu, kamu bisa belajar dari 6 brand berikut:

GoPay

GoPay menggunakan pendekatan aspirasional pada iklan akhir tahunnya. Pada iklan tersebut, GoPay menampilkan momen-momen menyenangkan seperti diving, travelling, bermain game, dan menonton drama. Iklan ini mengaitkan GoPay dengan aktivitas dan gaya hidup yang menggembirakan. Selain itu, iklan juga mengajak penonton untuk menikmati liburan akhir tahun mereka dan menyampaikan bahwa konsumen bisa mendapatkan hal itu dengan GoPay.

Tokopedia

Pada video di atas, Tokopedia menyoroti merchant-nya dengan mengangkat kisah inspiratif tentang kisah perjalanan mereka sebagai seller di Tokopedia dan bagaimana hal tersebut membantu seller mengatasi masalahnya. Selain itu, Tokopedia juga menggunakan pendekatan storytelling untuk menyampaikan kisah seller, membangkitkan rasa haru dan inspiratif pada penontonnya.

Traveloka

Pada video di atas, Traveloka mengangkat tema selebrasi bersama teman, membangkitkan rasa semangat dan kegembiraan menyambut Tahun Baru bagi penontonnya dengan menunjukkan perayaan Tahun Baru di berbagai negara. Pada video tersebut, Traveloka juga menunjukkan bagaimana aplikasinya dapat membantu customer memesan tiket untuk liburan dan bersenang-senang saat Tahun Baru dengan mudah.

TOMS

Apabila brand kamu akan menjalankan suatu gerakan, komunitas, atau program CSR, kamu bisa menggunakan strategi emotional marketing untuk mengajak customer turut berpartisipasi dalam gerakan tersebut seperti yang dilakukan TOMS. 

Dengan durasi video yang singkat, TOMS mampu memberikan informasi mengenai gerakan yang dijalankan, tujuan dan target dari gerakan tersebut, serta bagaimana customer dapat berpartsipasi. Pada akhir video, TOMS merangkum gerakannya dengan kata-kata ‘With every product you purchase, TOMS will help a person in need’. Ini membuat customer merasa mereka tidak hanya membeli sepatu tetapi juga membantu sesama.  

BMW

Pada video ini, BMW menunjukkan bagaimana mobilnya telah menjadi bagian dari sejarah penting yaitu membantu beberapa orang untuk melarikan diri ke Jerman Barat. Ini juga sekaligus menunjukkan sepak terjang BMW sebagai brand mobil yang kuat dari dulu hingga sekarang.

Selain itu, video tersebut juga menggunakan pendekatan storytelling pada ceritanya. Mulai dari membangkitkan rasa penasaran di awal, rasa tegang, kemudian rasa haru di akhir video. Lewat video ini, BMW menunjukkan perannya dalam kisah seseorang menuju kemerdekaan, diakhiri dengan kata-kata ‘Freedom and independence. For all generations.’, mengaitkan brand-nya dengan kebebasan.

Baca juga: Tingkatkan Engagement Saat Hari Raya dengan 10 Ide Content Marketing Berikut

Apple

Video Apple di atas menggunakan pendekatan storytelling untuk menyoroti produknya. Pada video ditunjukkan kisah mengenai perayaan Natal suatu keluarga mulai dari perjalanan untuk berkunjung ke rumah kakek, melihat-lihat foto dan menonton video lama, hingga makan keluarga. 

Pada akhir video, ditunjukkan bahwa sang nenek pada cerita sudah meninggal tetapi mereka tetap bisa melihat video nenek mereka dan mengeditnya menjadi foto keluarga. Bagian ini juga membangkitkan rasa haru pada penonton, ditambah dengan alunan musik yang tepat. Lewat video tersebut, Apple membangkitkan rasa kekeluargaan menjelang hari raya dan menunjukkan bagaimana produknya dapat membantu customer mengabadikan momen-momen penting bersama keluarga. 

Ada begitu banyak iklan-iklan dan konten menarik dari beragam brand yang menggunakan strategi emotional marketing untuk menarik perhatian customer. Yang terpenting adalah mengetahui siapa target konsumen brand-mu, emosi seperti apa yang ingin dibangkitkan pada strategi pemasaran tersebut, dan aspek atau fitur produk apa yang ingin diangkat. Dengan demikian, konten atau iklan bisa memiliki fokus dan mendorong ketertarikan customer.

Emotional marketing juga dapat dipraktikkan oleh brand retail untuk memasarkan produk dan meningkatkan brand awareness di berbagai platform penjualan. SIRCLO Commerce dapat membantu operasional brands yang ingin masuk ke online marketplace melalui layanan end-to-end management yang ditawarkan. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut! 

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!