Blog

IUMK

Benefit Yang Didapatkan Pelaku UMKM Jika Memiliki IUMKM

Izin Usaha Mikro Kecil Menengah atau disebut IUMKM merupakan salah satu komponen yang harus dimiliki oleh pelaku UMKM untuk bisa memudahkan akses demi kelancaran usahanya. Upaya ini juga untuk mematenkan produk unggulan yang dimiliki agar tidak diakui oleh UMKM lain. Kepemilikan izin bukan hanya dirasakan dalam jangka waktu dekat, melainkan jangka waktu lama untuk pertumbuhan UMKM.

Selain perusahaan besar yang harus mendaftarkan usahanya, UMKM juga dianjurkan untuk mendaftarkan usahanya agar bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Lantas bagaimana cara mendaftarkannya? Caranya pelaku UMKM bisa mengajukan izin langsung di kantor kecamatan atau mendaftar secara online lewat website melalui lembaga Online Single Submission (OSS). Jika sudah memiliki izin, benefit yang didapatkan pun akan silih berganti berdatangan.

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Chat Commerce Yang Kamu Harus Tahu!

Mendapatkan Perlindungan Hukum

Hal utama yang menjadi kelebihan bagi pelaku UMKM saat memiliki izin adalah perlindungan hukum. Legalitas suatu badan usaha ini akan terasa sebagai payung hukum jika suatu saat terjadi kisruh yang menyeret UMKM yang kamu miliki. Pertanggungjawaban pun bisa semakin kuat dan lebih menguntungkan saat kamu sudah menaati hukum yang berlaku.

Misalnya, saat kamu mematenkan nama UMKM dengan logo yang didaftarkan, maka jika suatu saat nanti terdapat UMKM baru hadir dengan nama dan logo yang sama kamu tak perlu khawatir. Sebagai UMKM yang sudah mendaftarkan terlebih dahulu dan legalitasnya sudah resmi, maka usaha yang kamu miliki bisa menuntut UMKM penjiplak dan persentase menang di pengadilan pun lebih besar. 

Mendapatkan Pendampingan Memperbesar Usaha

Beberapa pihak, entah itu dari sektor pemerintahan atau swasta kerap kali memberikan dukungan kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi jika UMKM terkait memiliki ciri khas yang bisa berpotensi menghasilkan di masa depan. Salah satu faktor utama pihak yang disebutkan di atas akan memberikan bantuan ialah dilihat dari legalitas UMKM.

Dukungan ini terdapat beberapa macam, ada yang sifatnya pendampingan dengan pelatihan kerja, seminar seputar bisnis, undangan mengikuti praktek kerja, dan acara lainnya. Pendampingan lain diluar pengembangan skill yang biasa didukung untuk UMKM yang memiliki izin usaha adalah memberikan bantuan pendanaan yang berguna bagi perkembangan UMKM.

Kemudahan Pembiayaan Kepada Lembaga Keuangan

Sebagai pelaku usaha yang dikatakan masih kecil, modal usaha menjadi salah satu persoalan yang kerap terjadi pada sektor bisnis ini. Sehingga banyak pelaku usaha mondar-mandir mencari sumber dana untuk tetap menghidupi usahanya. Entah itu mencari dari orang terdekat sampai suatu badan keuangan bank dan non bank yang bisa dijadikan modal sementara.

Dengan memiliki legalitas perusahaan yang sah secara hukum, pihak bank dan non bank yang disasar pun akan lebih percaya dan berani untuk memberikan modal pinjaman. Bagi usaha kecil, modal yang datang berapapun besarnya akan terasa bermanfaat dengan hiruk pikuk pengembangan UMKM yang harapannya bisa berkembang di masa depan. Apalagi UMKM produk lokal dikenal sering diperhatikan oleh beberapa lembaga keuangan.

Lebih Mudah Bekerja Sama

Bayangkan, jika UMKM kamu belum memiliki izin sah apakah pihak lain akan mau bekerjasama? Nampaknya akan sulit. Mengingat banyak perusahaan lain yang ingin bekerjasama biasanya ingin melihat prospek usaha kedepannya dan legalitas izin usaha agar lebih terpercaya untuk membangun relasi untuk jangka waktu kedepannya.

Kepemilikan izin usaha seperti UMKM bisa berdampak secara signifikan. Bentuk pengembangan usaha dan penambahan jenis produk bisa dirasakan jika berhasil bekerjasama dengan pihak yang terkait jika memiliki izin yang jelas. Suatu usaha yang memiliki izin yang sah akan memiliki rasa aman saat menjalankannya. Pergerakan bisnisnya pun akan terlihat oleh banyak orang sehingga bisa mendatangkan investor atau pihak-pihak yang menginginkan kerjasama.

Baca juga: Benefit Melimpah Dari Pengaktifan WhatsApp Business API

Sadar Akan Pajak

Kesadaran akan pajak belum dirasakan penting bagi semua pelaku usaha. Banyak dari mereka yang menganggap bahwa pajak hanya akan membuang keuntungan dan merasa tidak mendapatkan manfaatnya. Padahal dengan membayar pajak para pelaku usaha bisa merasakannya pada sektor lain seperti kesehatan, infrastruktur, pendidikan, dan sektor publik lainnya.

Suatu UMKM yang sadar akan pentingnya pajak mulai dirasakan jika UMKM-nya memiliki izin yang sah secara payung hukum. Benefit yang didapatkan bisa berupa asuransi bagi karyawannya, perusahaan akan terlihat lebih profesional, lebih mudah mendapatkan pinjaman modal, dan lainnya.

Suatu UMKM memang memiliki kriteria tersendiri sebelum mendaftarkan izin perusahaan. Terutama melengkapi syarat-syarat dari UMKM. Contohnya jumlah karyawan, minimal pendapatan per bulan, produk utama yang dijual, dan beberapa hal lainnya. Hal ini perlu ditinjau karena untuk memastikan bahwa usaha yang akan kamu daftarkan memiliki prospek panjang sebagai usaha yang berkelanjutan.

Untuk proses pendaftaran selain secara langsung dan lewat website, kamu juga bisa dibantu untuk proses pendaftaran oleh SIRCLO lewat program PASTI PRIORITAS GEBYAR AKHIR TAHUN, memenangkan kesempatan dapatkan hadiah 2 sepeda motor, 5 laptop, 5 smartphone, serta puluhan voucher langganan SIRCLO Store dan voucher belanja.

Pasti Prioritas

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!