Blog

Benua Asia Menjadi Terdepan Untuk Urusan Perkembangan E-commerce

Beberapa tahun terakhir, pola belanja masyarakat dunia mulai berubah. Saat dahulu orang mayoritas belanja keperluan sehari-hari sampai belanja barang secara langsung, kini terbagi dengan adanya e-commerce. Ya, sistem belanja online yang menggunakan jaringan internet untuk mengaksesnya.

E-commerce bisa dilakukan lewat berbagai cara. Website, aplikasi, bahkan sampai lewat WhatsApp Messenger yang dikatakan sebagai chat commerce. Cara ini mulai banyak dilakukan karena aplikasi tersebut mengeluarkan fitur komunikasi serba cepat dengan WhatsApp Businessnya.

Baca juga: Indonesia Termasuk Kedalam Negara yang Sering Berbelanja Lewat Chat Commerce

Perkembangan E-commerce Terbesar Terjadi Di Benua Asia

Merujuk pada data Statista Digital Market Outlook pada tahun lalu, dunia sedang mengalami gejolak e-commerce yang besar. Hampir semua benua memiliki tingkat penjualan e-commerce yang signifikan. Hal ini tak terlepas dari kemudahan transaksi dan akses belanja online yang semakin beragam.

Benua yang paling signifikan mengalami penjualan yang pesat terjadi di Benua Asia. Pada tahun 2020 saja, Benua Asia mengalami total penjualan sebanyak $1,7 triliun. Bahkan, peningkatan ini akan terus bertambah pada tahun 2025 nanti dengan prediksi kenaikan sebesar 51% menjadi $2,5 triliun.

China Sebagai Negara Asia Dengan Penjualan Terbesar

Pasar utama Benua Asia terjadi di negara China. Bahkan, China menjadi negara yang memiliki rata-rata penjualan e-commerce dengan nilai tinggi mengalahkan skala Benua. China memiliki penjualan mencapai $1,3 triliun dan jumlah itu diproyeksikan meningkat menjadi hampir $2 triliun pada tahun 2025.

Jumlah tersebut mengungguli penjualan di Benua Eropa dan Benua Amerika bagian Utara. Pada tahun 2020, Benua Eropa memiliki angka penjualan $460 juta dan Amerika Utara sebesar $588 juta. Hal tersebut jauh dibandingkan dengan penjualan di China yang notabene hanya ukuran negara.

Baca juga: Faktanya 91 Orang Indonesia Senang Berbelanja Melalui Chat Commerce

Pentingnya Mengikuti Perkembangan Zaman 

Sistem penjualan semakin bertambahnya tahun semakin beragam. Kemudahan menjadi salah satu alasan untuk terus berinovasi dalam melakukan transaksi jual beli. Terutama yang dilakukan secara online.

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus terus mengikuti perkembangan zaman agar bisa eksis dan beradaptasi dengan keadaan. Saat ini metode pembayaran pun memiliki berbagai macam cara. Bisa lewat pembayaran elektronik, transfer, maupun cash on delivery. Beragam cara pembayaran ini hadir untuk menopang kebutuhan transaksi yang mudah dan cepat.

Berbicara soal mudah dan cepat, kamu bisa menerapkan teknik belanja online lewat percakapan yang biasa disebut chat commerce. Untuk semakin memudahkan, kamu pun bisa menerapkan chat commerce di WhatsApp Business.

Untuk mengembangkan penjualan secara online, kamu bisa memanfaatkan layanan SIRCLO Store yang memungkinkan kamu membuat toko online yang terintegrasi dengan marketplace dan WhatsApp. Dengan begitu, kamu bisa mengelola dan memantau perkembangan bisnis secara efektif.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!