Blog

Berikut Tren Desain Media Sosial untuk Brand di 2021 yang Perlu Kamu Ketahui!

Media sosial merupakan salah satu channel pemasaran andalan bagi banyak bisnis. Melalui media sosial, bisnis bisa langsung terhubung dan terkoneksi langsung dengan customer. Dalam memanfaatkan media sosial sebagai medium untuk memasarkan dan menjual produk, bisnis juga perlu untuk mengetahui tren-tren terbaru agar bisa menghadirkan konten-konten yang relevan termasuk juga dari segi desain.

Baca juga: (Infografik) Tips Membuat Campaign Marketing untuk Bisnis Online

Berikut 9 tren desain media sosial untuk brand di tahun 2021 yang perlu kamu ketahui sebagai pebisnis: 

Warna Sekunder

Apabila beberapa tahun lalu warna neon menjadi warna yang dominan, tren ini sekarang bergeser dari warna yang tegas atau bold ke arah warna yang lebih sekunder yang lebih lembut. Hasilnya warna desain jadi tidak terlampau terang. Warna ini menimbulkan kesan yang lebih tenang dan alami bagi brand.

https://www.instagram.com/buffer/

Minimalis

Tren desain minimalis telah menjadi salah satu tren desain brand paling top beberapa tahun belakangan. Banyak brand yang mulai beralih ke gaya desain minimalis dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut.

Bukan hanya di media sosial saja, desain minimalis juga banyak digunakan di berbagai platform mulai dari logo, website, merchandise, aplikasi, bahkan iklan offline. Salah satu alasan mengapa desain minimalis banyak digemari adalah karena tampilannya yang rapi dan bersih. 

https://www.instagram.com/p/B6Q9k83gl5Y/

Selain menyenangkan untuk dipandang, desain yang demikian juga memudahkan customer untuk melihat produk ataupun konten dengan jelas. Apalagi saat ini kebanyakan konsumen mengakses berbagai konten dan brand melalui smartphone mereka yang layarnya tentu lebih kecil dibandingkan laptop atau komputer.

Referensi Benda Fisik

Tren desain ini menggunakan ilustrasi benda-benda fisik yang realistis dalam desainnya. Mulai dari koran, billboard, layar smartphone atau komputer, truk, bangunan, dan banyak lagi menjadi sarana untuk menyampaikan pesan dari konten. Biasanya benda-benda yang digunakan adalah benda-benda lama untuk menimbulkan kesan nostalgia sehingga hasilnya lebih menggugah.

https://www.instagram.com/p/CGmOyfXnkt4/

Color Block

Tren desain ini juga banyak digunakan oleh brand dari berbagai macam industri. Dengan tren desain ini, pengguna yang mengunjungi profil bisnismu bisa lebih tertarik karena warnanya yang konsisten. 

https://www.instagram.com/sepatucompass/

Kamu bisa menerapkan color block dengan menggunakan nada warna yang serupa dalam tiap konten yang kamu unggah sehingga saat tampil di feed seluruh post-mu terlihat memiliki warna yang selaras. Ini bukan berarti kamu hanya boleh menggunakan satu warna saja. Kamu bisa bermain dengan berbagai warna dan membuat feed dengan warna yang sama secara vertikal, selang-seling, diagonal, dan banyak lagi sesuai kreativitasmu.

Visualisasi Data

Data telah menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran. Tidak hanya berguna secara internal, data juga bisa menjadi salah satu cara untuk menarik calon konsumen. Namun, data yang mentah tentu akan lebih sulit dipahami oleh orang awam. Maka itu, kamu perlu menambahkan konteks agar data lebih mudah dimengerti.

Selain konteks, dibutuhkan juga visualisasi yang menarik sehingga orang-orang ingin membaca data dan angka-angka yang ada. Buatlah visualisasi data yang sederhana dan tidak terlalu rumit atau kompleks sehingga yang melihatnya pun dapat dengan mudah dan cepat memahami yang ingin disampaikan.

Font Klasik

Font klasik seperti Serif akhir-akhir ini kembali banyak digunakan oleh berbagai brand. Font ini membangkitkan nostalgia, familiaritas dan kepercayaan sehingga font ini mulai populer lagi. Font simpel seperti ini cocok digunakan untuk desain grafis pada media sosial atau header pada website. 

https://www.instagram.com/p/CJgh0EvLEvN/

Geometri

Setelah tren desain abstrak populer, kini giliran tren geometri yang kembali banyak digunakan. Desain menggunakan bentuk-bentuk geometri lebih mudah digunakan. Untuk menyesuaikannya dengan berbagai konten pun lebih mudah sehingga brand juga tidak kesulitan mempertahankan desain konten yang konsisten.

https://www.instagram.com/p/CGKnsu0l96H/

Video atau Motion Graphic

Fitur Instagram Story, IGTV, dan fitur-fitur video lainnya membuat banyak brand mengoptimalkan konten video mereka. Ini dilakukan salah satunya dengan menggabungkan teks dengan video atau grafis gerak (motion graphic). Ini membantu orang yang melihatnya untuk memahami konten lebih jelas, terutama jika mereka sedang tidak bisa mendengarkan audio atau audio kurang jelas.

https://www.instagram.com/p/CIOUoIgFaJt/

Elemen Alam

Warna-warna natural seperti cokelat dan hijau juga semakin banyak digunakan dalam desain konten brand. Tidak hanya warna-warna natural atau alami saja, gradien juga kerap digunakan untuk memberikan tampilan visual yang lebih berlapis. Elemen-elemen alam juga sering dipakai seperti daun dan ilustrasi pemandangan. Begitu pula dengan stock foto, brand harus bisa menghasilkan foto yang terlihat alami untuk menarik audiens.

https://www.instagram.com/p/CJ7dd2th62K/

Dari tren-tren di atas, dapat disimpulkan bahwa konsumen lebih menyukai gaya desain yang sederhana, bersih dengan warna-warna halus yang menimbulkan perasaan tenang dan menyenangkan secara estetika. Brand dapat mengadopsi beberapa prinsip-prinsip desain ke dalamnya. Jangan lupa juga untuk disesuaikan dengan warna dan gaya desain brand agar keseluruhan desain tetap konsisten.

Baca juga: Ide Bisnis di Tahun 2021 yang Patut Kamu Coba!

Dari tampilan konten di media sosial, kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan potensial bahkan menggiring mereka ke platform penjualanmu, seperti website toko online. Jadikan website toko online sebagai channel penjualanmu. SIRCLO Store adalah solusi untuk kamu yang ingin segera berjualan dengan website toko online. Mulai dari Rp 275.000 per bulan, kamu bisa berjualan di website toko online-mu sendiri. Klik di sini untuk memulai!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!