Blog

Berjualan Online Lebih Efektif, Lakukan Cara Ini

Arus informasi teknologi yang cepat membuat aktivitas belanja ikut terpengaruh. Cara belanja mulai bertransformasi yang tadinya hanya mengandalkan toko fisik, saat ini beberapa brand membuka tokonya secara online. Toko online mampu menjangkau konsumen yang berada di luar daerah untuk tetap bisa mendapatkan produk yang diinginkan lewat chat commerce WhatsApp Business API dari SIRCLO.

Saat ini WhatsApp tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari saja. Lewat WhatsApp Business, kamu bisa menjalankan bisnis yang dinamakan chat commerce dari proses awal memilih produk sampai proses check out. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara efektif memaksimalkan WhatsApp Business API sebagai platform jualan online.

Baca juga: Tingkatkan Brand Awareness Dengan Terapkan Cara Ini

Jawab Pertanyaan Secara Otomatis

Membuka toko online berarti harus siap menanggapi banyaknya pertanyaan yang masuk dari para konsumen. Pertanyaan yang masuk bisa beragam. Mulai dari pertanyaan biasa yang sering ditanyakan sampai pertanyaan spesifik mengenai produk yang ingin dibeli konsumen. Upayakan semua pertanyaan terjawab dengan respon yang cepat.

Demi membantu efektivitas menjawab, kamu bisa menggunakan fitur chatbot yang tersedia pada chat commerce WhatsApp Business API. Chatbot yang dijalankan oleh artificial intelligence memungkinkan kamu untuk menjawab otomatis pertanyaan yang sifatnya banyak ditanyakan. Selain itu awalan berupa sapaan kepada konsumen dan menyampaikan format order bisa diatur sesuai keinginan.

Satu Akun Bisa Dioperasikan Banyak Admin

Terjun secara online membuat kamu harus sigap melayani konsumen tiap menitnya. Langkah awal untuk mengantisipasi hal tersebut yakni dengan memiliki sumber daya manusia. SDM yang cukup bisa membantu jalannya toko online berjalan seirama. Ditambah berjualan lewat chat commerce WhatsApp Business API bisa membantu operasional toko menjadi lebih mudah.

Kemudahan tersebut didapatkan dari kemudahan akses toko online oleh banyak admin. Sehingga ketika banjir orderan terjadi, penanganan konsumen bisa dilakukan oleh banyak orang. Efeknya aktivitas belanja bisa berjalan dengan lancar walaupun kondisi toko sedang membludak akibat banyaknya permintaan konsumen.

Bagikan Katalog Secara Langsung

Perbedaan mentereng antara menjajakan produk di marketplace dan WhatsApp Business API adalah pengenalan produk. Marketplace bisa diidentifikasi pada kolom pencarian berdasarkan produk yang diinginkan. Sedangkan WhatsApp Business harus langsung mencari tokonya dan memilih katalog produk pada kolom profil.

Kolom katalog bisa memudahkan konsumen untuk mengetahui produk apa saja yang dijual, namun tidak dengan jumlah stok yang tersedia. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa membagikan katalog dan jumlah stok produk yang tersedia dengan menggunakan chatbot pada percakapan awal yang dilakukan konsumen.

Baca juga: 6 Media Terbaik Untuk Bantu Pasarkan Bisnismu

Proses Check Out Bisa Langsung Di WhatsApp

Aplikasi yang awalnya percakapan kini berubah menjadi transaksi jual beli. WhatsApp Business bisa menjadi platform penjualan yang menarik karena tampilannya yang simpel dan mudah digunakan. Proses belanja lewat chat commerce WhatsApp Business API pun sudah didukung oleh berbagai metode pembayaran dan pilihan jasa ekspedisi.

Proses belanja yang dilakukan pun tidak perlu menggunakan banyak aplikasi. Cukup tuntaskan proses belanja dari memilih produk sampai proses check out hanya dalam aplikasi WhatsApp. Kemudahan ini bisa menjadi alternatif belanja baru bagi konsumen dengan pengalaman yang berbeda. Prosesnya yang mudah bisa membantu toko online untuk mampu berjualan secara efektif demi menopang kemajuan teknologi. 

SIRCLO sebagai partner resmi WhatsApp mengajak pelaku bisnis untuk terus berkembang dengan mengikuti kelas mentoring #PastiPrioritas. Untuk informasi lebih lanjut tentang mentoring, serta dapatkan manfaat lain dari program ini dengan klik banner di bawah ini.

Pasti Prioritas

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!