Blog

bisnis online tanpa modal untuk pelajar

9 Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Cocok untuk Pelajar

Ini dia sejumlah ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar. Jika kamu seorang pelajar, baik di tingkat menengah atas atau sedang kuliah, bisnis-bisnis online ini cocok untuk kamu terapkan.

Sebagai pelajar, mungkin kamu memiliki dana yang terbatas karena belum bisa mencari pekerjaan dan mendapatkan nafkah. Namun bukan berarti kamu tidak bisa memulai bisnis.

Kamu bisa merintis bisnis sedini mungkin, tak perlu menunggu lulus sekolah atau kuliah. Asalkan kamu bisa mengatur waktu antara menuntaskan pendidikan dan menjalankan bisnis.

Baca juga: Ini 7 Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan, Minim Pesaing!

Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

bisnis online tanpa modal untuk pelajar

Foto: Freepik.com

Jika kamu rutin mendapatkan uang jajan dari orang tua, kamu bisa mengumpulkannya sebagai modalmu. Tidak cukup? Tenang saja, kamu bisa memulainya tanpa modal!

Ini dia ide-ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang mungkin cocok bagimu.

1. Menghasilkan Uang dari Media Sosial

Media sosial merupakan modal paling murah ketika kamu mau memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar. Asalkan kamu punya gawai yang cukup mumpuni, seperti ponsel pintar.

Di media sosial, kamu tidak perlu menjadi seorang influencer agar mendapat endorsement dari pengiklan atau pemasar. Kamu bisa membuat konten menarik sesuai topik kesukaanmu, tanpa perlu menampilkan foto diri.

Jika kamu konsisten dan kontenmu makin menarik tiap harinya, tentu pengikutmu akan bertambah. Berbagai perusahaan yang relevan dengan topik kontenmu pun akan tertarik untuk bekerja sama denganmu terkait campaign produk mereka.

2. Menjadi YouTuber

Menjadi seorang YouTuber juga tidak menghabiskan banyak modal. Dengan kamera ponsel pintar pun, kamu sudah bisa membuat konten video.

Jika kamu punya kemampuan mengedit video, itu lebih bagus lagi. Selain konten yang unik, tampilan video yang menarik juga berpotensi untuk menambah pelanggan pada kanal YouTube kamu.

Penghasilan yang bisa kamu dapat dari YouTube, yaitu dengan menempatkan iklan di video YouTube kamu. Kamu perlu mendaftar di Google Adsense terlebih dahulu agar bisa memasang iklan.

3. Menjual Kembali Buku Teks

Setelah kamu naik kelas atau memasuki semester baru, tentu banyak buku teks yang menurutmu sudah tidak relevan lagi untuk disimpan.

Ketimbang dibuang, lebih baik kamu menjualnya kembali dengan harga miring kepada junior yang menginginkannya dengan harga murah.

Kamu juga bisa membuat akun jualan di marketplace untuk menjualnya kepada potensi pasar yang lebih besar. Jangan lupa sebutkan bahwa buku yang kamu jual adalah buku bekas agar pembeli tidak merasa tertipu.

Baca juga: 7 Jenis Marketing Channel yang Bisa Bantu Kembangkan Bisnis

4. Menjadi Affiliate Marketer

Ada banyak program affiliate marketing di luar sana yang butuh pemasar untuk mempromosikan produk merek tertentu. Kamu bisa menjadi salah satunya.

Sebelum menjadi affiliate marketer, kamu perlu memiliki blog atau kanal YouTube terlebih dahulu. Itu adalah modal dasar untuk menjadi affiliate marketer.

Kemudian, kamu dapat mendaftar pada program affiliate marketing yang menurutmu menarik. Lalu, mempromosikan produk-produk tertentu yang diminta oleh pembuat program.

Kamu perlu memberi tautan pada laman promosimu, hal ini agar audiensmu dapat melanjutkan transaksi melalui link tersebut. Kamu pun mendapat komisi jika terjadi transaksi dari audiensmu.

5. Bisnis Dropship

Ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar selanjutnya, yakni bisnis dropship. Ini adalah pilihan yang layak bagi pelajar yang hendak menjalankan e-commerce, tetapi tidak memiliki ruang untuk barang persediaan.

Kamu bisa memilih produk yang ingin kamu jual dari berbagi pemasok yang menawarkan jasa dropship, lalu mencantumkannya di toko online kamu. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual.

Ketika terjadi pembelian di toko online milikmu, kamu bisa meneruskan pesanan ke pemasok. Pemasok pun akan mengirimkan produk yang diminta langsung ke alamat pembeli.

6. Jasa Penerjemah

Jika kamu pelajar yang mahir dalam menggunakan bahasa asing, kamu bisa menawarkan jasa terjemahan. Kamu bisa mempromosikan jasamu melalui media sosial atau berbagai forum online lainnya.

Kamu juga bisa menemukan lowongan jasa penerjemah di berbagai situs freelance. Jangan lupa berikan contoh hasil terjemahanmu untuk meyakinkan klien.

Jika kamu sudah pernah mengikuti tes profisiensi bahasa, sebaiknya dicantumkan juga. Tes yang dimaksud, semacam TOEFL dan IELTS untuk bahasa Inggris, atau TOPIK untuk bahasa Korea, dan sebagainya.

Baca juga: Lean Manufacturing adalah Prinsip yang Utamakan Efisiensi

7. Jasa Transkripsi

Jika menjadi penerjemah masih terlalu sulit bagimu, kamu bisa menawarkan jasa transkripsi dengan mengandalkan kemampuan pendengaranmu. Jangan salah, meski terkesan sepele, banyak yang membutuhkan jasa transkripsi.

Banyak orang yang tidak punya banyak waktu untuk mentranskrip rekaman wawancara atau hasil diskusi dan rapat penting. Kamu bisa menawarkan jasa ini secara online. Lowongan jasa transkripsi pun bisa ditemukan di berbagai situs freelance.

8. Manajer Media Sosial

Selain menghasilkan uang dari akun media sosial milikmu sendiri, kamu juga dapat menghasilkan uang dari media sosial orang lain. Bagaimana caranya?

Kamu bisa menjadi manajer media sosial. Kamu bisa menawarkan jasa mengelola media sosial bisnis lain. Mulai dari membangun audiens, membuat konten, melakukan campaign produk, dan berbagai strategi media sosial lainnya.

Ada banyak bisnis yang tidak punya banyak waktu untuk mengelola media sosial. Dengan kamu menawarkan jasa ini, kamu dapat membantu bisnis tersebut fokus pada proses bisnis inti mereka.

9. Membuat Podcast

Sama halnya dengan membuat kanal YouTube, membuat podcast juga bisa membawa keuntungan. Apalagi kalau kamu pandai berbicara dan bisa menjadi host diskusi.

Kamu bisa memulai podcast di Spotify atau berbagai platform layanan podcast lainnya. Keuntungan yang bisa kamu raup dari podcast, yakni dengan melakukan affilate marketing, promosi produk, hingga membuat konten eksklusif, bekerja sama dengan perusahaan tertentu.

Mengenai topik, kamu tidak perlu memikirkannya terlalu berat. Kamu bisa mengundang teman sebaya dan membahas kehidupan pelajar atau bahas topik lain yang menarik dan sedang viral.

Demikian sejumlah ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang bisa kamu mulai dari sekarang. Tidak perlu menunggu lulus untuk memulai bisnis!

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!