Blog

Cara Memanfaatkan Chat Commerce untuk Mendukung Penjualanmu di Whatsapp

Proses berbelanja dan bertransaksi kini semakin mudah bagi konsumen dengan adanya platform-platform digital. Namun kebanyakan dari channel yang ada masih bersifat satu arah. Customer melihat iklanmu di media sosial, mengunjungi toko, kemudian membeli barang. Dalam hal ini, chat commerce dapat kamu manfaatkan untuk berinteraksi dan membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan.

Chat commerce merupakan penggunaan conversational commerce platform atau aplikasi messaging oleh bisnis untuk menyediakan pengalaman berbelanja yang lebih baik. Pada chat commerce, komunikasi dilakukan melalui conversational commerce platform seperti Whatsapp, Facebook Messenger, atau platform lainnya. 

Baca juga: Manfaatkan 8 Fitur Ini untuk Jangkau Pelanggan di Marketplace

Cara jualan lewat Whatsapp atau Facebook ini memungkinkan kamu untuk membantu customer melakukan berbagai hal kompleks dalam proses berbelanja mereka, misalnya saat mencari dan membandingkan produk. Dengan begitu, kamu bisa membuat proses belanja dan transaksi mereka jadi lebih mudah dan meningkatkan konversi.

Tak hanya itu, pemanfaatan chat commerce ini juga sesuai dengan perubahan perilaku konsumen. Mengutip dari Podium.com, 9 dari 10 customer memilih untuk berkomunikasi dengan bisnis melalui conversational commerce platform. Menerapkan cara bisnis online lewat Whatsapp atau platform chat commerce lainnya akan mampu meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap brand-mu.

Berikut beberapa cara jualan lewat Whatsapp yang bisa kamu terapkan untuk mendukung penjualanmu:

Berikan Rekomendasi

Salah satu manfaat utama dari chat commerce adalah dapat memberikan pelanggan dukungan untuk membantu mereka mengambil keputusan berdasarkan kebutuhan dan preferensi. Misalnya agen customer service atau pesan otomatis dapat mengajukan pertanyaan kebutuhan pelanggan untuk kemudian memberikan rekomendasi produk dari katalog.

Lewat rekomendasi seperti ini, calon pembeli bisa mendapatkan produk atau jasa yang benar-benar mereka cari. Hasil waktu riset dan proses belanja mereka bisa lebih efisien dan kemungkinan mereka membatalkan pembelian lebih kecil. 

Metode Pembayaran yang Lebih Praktis

Memiliki metode pembayaran yang mudah dapat membantu meningkatkan konversi. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan chat commerce untuk memudahkan konsumen bertransaksi. Setelah customer melakukan order, segera kirim invoice atau konfirmasi order. Begitu pula setelah pembayaran telah dilakukan. 

Beberapa layanan yang membantu cara jualan lewat Whatsapp juga menyediakan fitur yang memudahkan transaksi baik bagi pembeli maupun pebisnis. Di SIRCLO Store misalnya, transaksi bisa dilakukan dan diterima melalui Whatsapp dengan pembayaran yang terintegrasi dengan kartu kredit, virtual account, dan dompet digital.

Kirim Info Promosi

Cara bisnis online lewat Whatsapp agar efektif juga bisa dilakukan dengan mengirimkan info mengenai promosi yang sedang berlangsung. Kamu bisa membuat segmentasi pelanggan, misalnya berdasarkan pembelian terakhir mereka, sehingga pesan promosi yang kamu kirim bisa lebih efektif. 

Hindari mengirim promosi terlalu sering apalagi ke segmentasi pelanggan yang tidak relevan. Pesan promosi demikian bisa dilihat sebagai spam sehingga akhirnya pelanggan malah malas membaca pesanmu. 

Baca juga: 5 Tips Kembangkan Lebih Jauh Lapak Kamu di Marketplace

Berikan Update

Selain info promosi, kamu juga bisa memberikan update mengenai berbagai hal, mulai dari pemberitahuan status order, pengiriman, atau bahkan sekadar ucapan terima kasih karena telah melakukan pembelian. Kamu juga dapat mengirimkan pesan apabila kamu baru meluncurkan produk baru atau barang yang diinginkan customer sudah di restock. Dengan memberikan dukungan dan update secara dua arah, loyalitas pelanggan terhadap brand bisa meningkat. 

Minta Feedback dari Pelanggan

Tunjukkan kepada pelanggan bahwa kamu peduli terhadap pengalaman berbelanja mereka. Kamu bisa mengoptimalkan pengalaman tersebut dan meningkatkan kemungkinan repeat order dengan meminta feedback atau review setelah pembelian dilakukan. Kamu bisa menjadikan ulasan yang masuk sebagai pertimbangan saat melakukan review performa dan mengatur strategi pengembangan bisnis. 

Komunikasi yang Efektif dengan Customer

Sukses tidaknya cara bisnis online lewat Whatsapp sangat dipengaruhi oleh kualitas layanan yang kamu berikan. Kamu harus bisa merespons customer dengan cepat dan tepat. Namun saat jumlah customer semakin banyak, melayani tiap chat yang masuk akan semakin sulit. 

Di sinilah layanan chat commerce seperti yang ada pada SIRCLO Store dapat membantumu menjalankan bisnis. Banyak interaksi dengan pelanggan yang sebenarnya bisa direspons secara otomatis menggunakan chatbot. Misalnya untuk mengirim notifikasi mengenai status order, pengingat pembayaran, atau konfirmasi pengiriman.

Kalaupun diperlukan interaksi langsung antara pelanggan dan layanan pelanggan bisnismu, kamu bisa menggunakan pesan otomatis untuk menyampaikan bahwa tim kamu akan segera merespons dalam beberapa saat. Komunikasi yang baik akan menyenangkan pelanggan dan membantumu mempertahankan loyalitas pelanggan.

Chat commerce SIRCLO Store juga memungkinkan akses ke beberapa pengguna serta memiliki dashboard yang terhubung dengan pesanan dan katalog sehingga kamu bisa melayani pelanggan dengan lebih efisien. Menjangkau pengguna baru serta mempertahankan pelanggan jadi semakin mudah.

SIRCLO Store, bisa bantu kamu menghubungkan platform penjualanmu ke dalam satu dashboard sehingga kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien. Daftar SIRCLO Store sekarang dengan klik di sini.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!