Blog

Fitur-fitur Chat Commerce Untuk Bantu Tingkatkan Penjualan Kamu

Chat commerce saat ini menjadi salah satu sarana untuk meningkat penjualan toko online atau offline. Selain dapat meningkatkan penjualan, chat commerce memiliki beberapa fitur andalan. Apa saja fiturnya? Simak ulasan SIRCLO berikut ini.

In-Chat Purchase

Bayangkan, kemudahan fitur chat commerce bisa dirasakan dengan berbelanja hanya lewat obrolan teks. Fitur ini bisa memudahkan pelanggan untuk membeli suatu barang lewat obrolan. Biasanya kebanyakan pelanggan merasa rumit melakukan transaksi karena alur belanja online yang memiliki banyak tahap. Entah itu tahapan dalam memilih, dashboard yang terlalu berat sehingga membuat proses checkout lambat, hingga sinyal pelanggan yang membuat transaksi harus diulang.

Semua permasalahan yang biasa dialami pelanggan saat belanja online bisa dihadapi dengan fitur yang dimiliki chat commerce yang direalisasikan lewat WhatsApp. Cara ini akan lebih memanjakan pelanggan dalam melakukan transaksi. Pasalnya Proses pesanan terhubung secara langsung ke dashboard. 

Baca juga: Indonesia Termasuk Kedalam Negara yang Sering Berbelanja Lewat Chat Commerce

Chatbot Commerce

Dashboard chat commerce terintegrasi dengan WhatsApp Business API sehingga dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dengan mudah. Selain itu dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus (multiple admin access). Dengan begitu para pelaku bisnis seperti kamu tidak perlu repot menyiapkan satu orang untuk menjawab pertanyaan para pelanggan.

Untuk memulai percakapan pun, kamu bisa menggunakan fitur chatbot commerce ini dengan sapaan yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pun bisa kamu siapkan jawabannya agar saat pertanyaan tersebut muncul, bisa langsung dijawab. Hal ini tentu memudahkan pelaku usaha karena bisa mengantisipasi pertanyaan yang berulang-ulang dengan jawaban otomatis.

Tidak sampai disitu, fitur ini bisa disiapkan juga format order untuk para pelanggan. Saat pelanggan menemukan barang yang diinginkan, biasanya pelanggan menanyakan format order yang dilakukan seperti apa. Nah, dengan fitur ini kamu bisa menyiapkan segala jenis format order barang yang bisa diisi oleh pelanggan hingga pada proses terakhir pemesanan.

Baca juga: 3 Brand Memanfaatkan Chat Commerce Sebagai Sarana Meningkatkan Penjualan

Pengiriman Notifikasi dan Katalog Produk

Bagi para pelanggan yang sedang iseng membuka sebuah platform belanja online, perlu kamu manfaatkan dengan fitur ini. Ya, notifikasi berupa rekomendasi produk yang sedang hangat dibicarakan atau berupa rekomendasi yang berasal dari algoritma pelanggan saat mengetikan sebuah nama. Hal ini penting untuk dilakukan agar pelanggan tergiur dan bahkan terbantu karena apa yang mereka maksud bisa ditangkap dengan mudah lewat chat commerce.

Proses pesanan secara langsung dan rekomendasi produk dari katalog terhubung secara langsung ke dashboard. Sehingga tak perlu khawatir saat terjadi pemesanan karena alur proses pesanan terhubung. Bahkan untuk stok barang pun akan terupdate otomatis di dashboard sesuai dengan pembelian yang dilakukan para pelanggan.

Bahkan, pelanggan bisa menerima notifikasi status pemesanan dan pengingat pembayaran melalui aplikasi WhatsApp. Fitur ini bisa membantu untuk proses penjualan menjadi lebih cepat. Pasalnya, pelanggan yang lupa transaksinya belum diselesaikan, saat notifikasi masuk bisa langsung menyelesaikannya. 

Melalui integrasi SIRCLO Chat dengan Whatsapp Business API, brand dapat mengirimkan katalog produk dan pesan otomatis kepada pembeli mengenai status pembelian mereka sehingga pelanggan pun merasa tenang saat melakukan transaksi. Dengan cara ini, brand mampu memberikan pengalaman yang lebih responsif dan menyenangkan bagi pelanggan serta menjalankan bisnisnya secara efektif.

Banyak pelaku UMKM yang semasa pandemi ini mengalami kesulitan untuk menjual produk mereka, SIRCLO bekerjasama dengan WhatsApp mengajak para pemilik bisnis untuk berkembang dengan mengikuti kelas mentoring #PastiPrioritas. Untuk informasi mengenai mentoring bisa silahkan klik di sini.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!