Blog

Chat Marketing, Solusi Dalam Meningkatkan Penjualan

Chat Marketing, Solusi Dalam Meningkatkan Penjualan

Chat marketing adalah salah satu cara yang bisa menghubungkan pelaku bisnis dengan pelanggan lewat aplikasi atau medium berbasis percakapan. Cara ini mulai banyak dilakukan karena chat marketing dianggap mudah diterapkan. Salah satunya lewat chat commerce WhatsApp Messenger.

Chat marketing bisa dilakukan dengan beberapa jenis. Cara ini agar semakin menguatkan penjualan bisnis yang sedang kamu lakukan. Selengkapnya simak penjelasan Sirclo di bawah ini.

Baca juga: 5 manfaat menggunakan chat commerce

Chatbot

Chatbot marketing bekerja menggunakan artificial intelligence (AI) dalam membalas semua pesan yang masuk ke website terkait. Chatbot ini didesain khusus untuk tanggapan cepat yang diinginkan para pelanggan.

Sebagai pelaku bisnis, kamu bisa menyisipkan beberapa hal penting lewat chatbot sebagai persiapan jawaban atas semua pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan. Chatbot juga biasanya akan menyapa pelanggan lebih dulu. Untuk itu sapaan pun bisa kamu atur sesuai keinginan.

Chatbot merupakan jenis chat marketing yang sudah handal untuk urusan membantu pelanggan dalam belanja online. Terutama untuk menyelesaikan kendala yang sedang dihadapi. Terutama saat pelanggan sedang melakukan transaksi.

Live Chat

Live chat merupakan jenis chat marketing yang perlu kamu gunakan untuk mendapatkan penjualan yang meningkat. Live chat biasanya bisa kamu temukan di beberapa website e-commerce.

Live chat sedikit berbeda dengan chatbot. Jika chatbot dijalankan oleh artificial intelligence (AI). Sedangkan live chat digunakan oleh manusia langsung layaknya customer service. Sehingga pelanggan bisa banyak berinteraksi secara langsung untuk bertanya sesuai kebutuhannya.

Live chat merupakan salah satu cara yang bisa memberikan pengalaman menarik bagi pelanggan. Pelayanan yang cepat dan respon yang menyenangkan dapat membawa pelanggan memiliki rasa ingin kembali belanja di toko kamu. Ini saatnya kamu untuk segera memikirkan upaya lain demi peningkatan penjualan.

Baca juga: Fitur-fitur Chat Commerce Bantu Kamu Tingkatkan Penjualan Kamu

WhatsApp Messenger

Zaman digital seperti sekarang sepertinya hampir semua orang menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi. Ya, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chat yang digunakan 1,5 miliar orang di seluruh dunia. Fiturnya yang praktis dan minimalis menjadi salah satu alasan banyak orang yang menggunakannya.

Berkat banyaknya pengguna WhatsApp, kamu bisa memaksimalkannya untuk kebutuhan bisnis lewat chat commerce WhatsApp Business API. Layanan ini seperti chatbot dan live chat. Hanya saja interaksinya berlangsung lewat WhatsApp.

Dengan begitu, pelanggan bisa dengan mudah berinteraksi mengirim pesan kapanpun dan dimanapun kepada kamu sebagai pelaku bisnis ataupun sebaliknya. WhatsApp Business API bisa digerakkan secara multiple admin oleh artificial intelligence (AI) dan manusia sebagai customer service secara berbarengan.

Nah, kamu sudah paham kan mengenai chat marketing? Ini saatnya kamu menggunakan WhatsApp Business untuk kebutuhan peningkatan penjualan toko kamu. Jangan khawatir, jika ingin mendapatkan layanan yang maksimal kamu bisa bergabung bersama Sirclo.

SIRCLO bekerjasama dengan WhatsApp mengajak para pelaku bisnis untuk berkembang dengan mengikuti kelas mentoring #PastiPrioritas. Untuk informasi mengenai mentoring bisa silahkan klik di sini.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!