Blog

Dagelan Berbagi Tips Tambah Followers!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Instagram, salah satu media sosial unggulan bagi orang-orang yang ingin berbagi foto, berinteraksi, ataupun berbisnis. Instagram sudah menjadi salah satu media sosial yang harus dimiliki jika kamu ingin bisnismu makin cepat laris, selain sudah banyak penggunanya, kamu juga bisa dengan mudah memajangkan foto-foto produk kamu secara gratis di sana.

Jumlah followers sangat penting apabila kamu ingin berjualan di Instagram, selain sebagai tolak ukur jumlah pelanggan setia kamu, jumlah followers juga akan menjadi pertimbangan calon-calon pelanggan lain untuk melihat apakah akun kamu aktif, berkualitas, dan dapat dipercaya.

Lalu bagaimana caranya agar bisa bersaing dan mendapatkan followers dengan cepat dan konsisten?

Beli followers? Simpel dan cepat sih, tetapi butuh modal yang lumayan dan kurang efektif untuk jangka panjang. Ada cara yang lebih natural dan followers juga akan bertambah dengan konsisten, yakni ala Dagelan.

Kenapa Instagram, Dagelan?

Dagelan adalah salah satu akun Instagram lokal terpopuler di Indonesia dengan jumlah followers yang mencapai 9,2 juta. Akun ini terkenal dengan postingan-postingan meme dan komik yang humoris. Berawal dari akun Instagram, Dagelan juga telah merilis sejumlah games dan platform sendiri, yakni Dagelan App.

Danny Syah Aryaputra, Chief Marketing Officer dari Infia Media Pratama (perusahaan dibalik Dagelan) menjelaskan kepada tim SIRCLO, “Dagelan memilih Instagram karena memiliki stopping power yang besar, yaitu berupa image / gambar yang menjadi tujuan dari setiap para pengguna Instagram. Di tahun 2014, Dagelan sukses menciptakan dan menggunakan tren #SFS atau Shout Out for Shout Out dengan sejumlah akun toko online di Instagram, yaitu saling bertukar konten dan saling mempromosikan satu sama lain di akun masing-masing.”

Untuk melakukan ini, kamu bisa bekerja sama dengan beberapa toko online di Instagram dengan produk yang berbeda, misalnya kamu menjual baju wanita dan si B menjual tas. Kemudian kamu dan B akan saling mempromosikan produk kalian, misal kamu memposting foto dan caption tentang produk toko online B di Instagrammu, dan juga sebaliknya dengan ketentuan yang telah disepakati oleh kalian berdua. Contohnya, masing-masing followers yang dimiliki oleh kedua toko online harus minimal 10.000 followers dan postingan promosi tersebut diposting selama 4 jam, setelah lewat dari 4 jam maka boleh dihapus dari akun.

Cara membuat posting yang ampuh?

Selain ada yang mem-follow dan membeli produk dari akun kamu, post-mu dibilang berhasil apabila followers kamu juga bisa membagikan / menyebarkan konten kamu di akun media sosial mereka.

Ada beberapa jenis konten postingan yang bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian mereka, yakni:

Daily Content

Selain rutin memposting konten utama, kamu juga harus bisa memvariasikan konten agar followers kamu tidak bosan dan selalu tertarik mengikuti postingan akun kamu. Dengan konten yang menarik, followers akan dengan sendirinya menyebarkan konten tersebut dan menarik lebih banyak followers lain.

Sebagai contoh, Dagelan selain menyediakan konten humoris, juga ada konten berupa fakta, kuliner, dan sebagainya. Jika kamu berjualan tas, selain produk-produk baru, kamu bisa membuat postingan tips-tips merawat tas kulit.

Menurut Buffer, rasio posting yang baik adalah 4:1, dimana 1 adalah konten variasi itu.  Untuk frekuensinya, semakin sering semakin baik, jadi usahakan minimal 1 atau 2 setiap hari. Untuk waktunya, pukul 18:00 adalah yang paling pas.

Konten shareable

Tujuan dari konten ini adalah agar followers kamu bisa dan mau share konten kamu di akun media sosialnya. Dengan metode ini, akun kamu bisa tersebar dengan lebih cepat karena akan muncul di feed/timeline yang bisa dilihat followers-followers mereka.

Menurut The New York Times, orang meng-share karena ingin memberi informasi bermanfaat ke teman, menunjukkan ke orang lain bahwa kita memiliki selera yang besar, dan memancing reaksi dan percakapan di media sosial. Jadi kamu perlu membuat konten yang berisi informasi bermanfaat, dan juga sejenis kuis yang mendeskripsikan diri si pengisi, ataupun yang bersifat kontroversial dan memunculkan debat.

Contohnya, kamu berjualan tas dan membuat postingan “Apakah tas selempang bisa membuat bahu cedera?” Kemudian kamu menuliskan caption yang bersifat mengumpan, misalnya “Ayo share ke teman-teman kamu yang suka memakai tas selempang”. Kamu juga bisa memberi hadiah untuk orang yang telah share post itu.  

Konten Tag Your Friend dan Hashtag

Melalui konten ini, kamu mengajak followers kamu untuk tag atau mention akun teman-teman mereka di postinganmu. Cara ini cukup efektif karena secara tidak langsung mengundang pengguna lain untuk berpartisipasi. Teman yang di-tag atau di-mention akan membukanya dan bila tertarik juga akan melakukan hal yang sama ke teman-temannya yang lain.

Contohnya, kamu berjualan beragam tas dan membuat postingan produk dengan caption “Mention teman kamu yang suka memakai tas ransel”. Followers kamu akan mention nama temannya dan terus berlanjut.

Salah satu keunikan berjualan di Instagram adalah adanya Hashtag (#), dimana kamu bisa mencari postingan-postingan yang memiliki hashtag tersebut. Ini sangat membantu kamu karena tanpa promosi, pelanggan akan dengan sendirinya mencari kamu. Contohnya, di caption produk tas, kamu menulis hashtag, “#tas #bag #backpack ransel #kulit”. Apabila ada pengguna yang mencari kata-kata ini maka postinganmu akan ditampilkan.

Danny menjelaskan, “Tantangan Dagelan setiap hari adalah memikirkan bagaimana caranya untuk tetap bisa menghibur dan memberikan yang terbaik bagi followers Dagelan. Karena untuk menentukan selera humor yang baik di Indonesia, Dagelan perlu memperhatikan lagi proses dan pencapaian yang ada.”

Kunci sukses berbisnis di Instagram

Selain kualitas dan kreativitas konten postingan Instagram, ada hal lain yang sama pentingnya untuk diperhatikan, seperti konsistensi, dan interaksi dengan followers. “Terus posting setiap hari, jangan lewatkan waktu seharipun tanpa posting, dan jangan hanya menjual produk namun berusahalah menjadi teman bagi followers dan potential customer. Yang paling utama adalah jangan lock akun Instagrammu karena untuk mendapatkan followers, [caranya] bukan memaksa mereka untuk menekan tombol follow, tetapi memberikan pesan bahwa toko online kalian patut untuk di-follow. ujar Danny.

Ini juga yang SIRCLO berusaha lakukan di akun Instagramnya. Sebagai jasa pembuatan toko online super mudah, kami pun juga seringkali memasukkan konten untuk mempromosikan toko online yang menggunakan jasa SIRCLO.

Jadi, siap menambah jumlah followers pada akun Instagram online shop kamu? Ayo buktikan kemampuanmu sekarang!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!