Blog

Dropshipping: Model Bisnis Bagi Kamu Belum Punya Ide Untuk Memulai Bisnis Online

Menariknya dunia e-Commerce sudah memikat hati dan menginspirasi banyak orang untuk ikut mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis online. Untuk memulai bisnis online tentunya harus diawali dengan ide dan perencanaan yang jelas, dan hal inilah yang terkadang membuat orang kebingungan. Apakah kamu juga termasuk salah satunya?

Coba deh bayangkan kalau ada yang bersedia menyediakan beragam jenis barang untuk kamu jual dan juga membantu mengurus operasional pengiriman. Pasti memulai bisnis online yang bisa dijalankan dari rumah jadi lebih mudah.

Padahal ada model bisnis yang namanya dropshipping, cocok banget untuk kamu yang merasa tidak punya ide cemerlang untuk memulai bisnis, bingung karena tidak punya modal, ataupun tidak mengerti tata cara menjalankan bisnis online. Untuk yang belum tahu, yuk kita simak lebih dekat mengenai dropshipping.

 

Apa Itu Dropshipping?

Dropshipping adalah metode penjualan retail dimana kamu tidak memproduksi atau menyimpan sendiri produk yang akan dijual. Jadi, nanti kamu akan bekerjasama dengan produsen atau supplier barang untuk menjual barang mereka.

Yang harus kamu lakukan adalah mencari pembeli, lalu kirim detail pesanan serta alamat pelanggan pada supplier, dan nantinya mereka yang akan mengirim langsung barang pesanan pada pelanggan. Inilah keuntungan paling besar dari dropshipping, kamu tidak perlu repot mengurus pengiriman atau menyimpan stok barang.

Ditambah lagi, pembeli tidak perlutahu kalau kamu menggunakan sistem dropshipping, karena supplier yang mendukung model bisnis ini bisa mengirimkan barang dengan menggunakan nama toko online kamu.

 

Keuntungan Dropshipping

Selain yang diatas tadi, masih banyak alasan kenapa kamu harus mulai bisnis online dengan dropshipping:

 

1. Tanpa modal.

Karena barang diambil dari supplier atau produsen, kamu tidak perlu memikirkan modal untuk produksi barang atau pengadaan stok. Selain itu, biasanya supplier memiliki banyak jenis barang, sehingga kamu juga bisa menawarkan puluhan hingga ratusan barang sekaligus pada pembeli – dan tetap tanpa modal.

 

2. Nyaman dan Efisien

Mengembangkan bisnis e-Commerce perlu banyak sekali perjuangan, terutama kalau sumber daya terbatas. Dengan dropshipping, kamu tidak perlu khawatir mengenai masalah packing ataupun pengiriman, jadi lamu bisa dengan nyaman dan fokus untuk mempromosikan barang jualan serta melayani pelanggan.

 

3. Mobilitas

Karena semua masalah penyediaan dan pengiriman barang sudah diurus oleh supplier, kamu bisa menjalankan bisnis online ini dimana saja, asalkan ada koneksi internet.

 

4. Model Bisnis Yang Bisa Dipercaya

Kamu yang belum pernah mencoba, mungkin menyangka kalau ini adalah bisnis model yang beresiko dan rentan penipuan – padahal tidak loh. Beberapa user SIRCLO dan banyak supplier terpercaya lainnya disana yang bisa bekerjasama.

 

Bagaimana Cara Mencari Supplier Untuk Dropshipping?

Kalau kamu sudah tahu jenis produk apa yang ingin kamu dropship, cara termudah adalah dengan menghubungi langsung distributornya, tapi harus diingat bahwa tidak semua distributor mendukung model bisnis ini.

Sebagai alternatif lain, banyak supplier, UKM, dan bisnis online yang membuka lebar pintu untuk dropshipping. Selain mengunjungi toko online mereka, kamu juga bisa mengecek akun Instagram atau Facebook untuk melihat reputasi mereka. Sebelum menghubungi mereka untuk bekerjasama, lihat review, kualitas produk, serta berbagai kemudahan yang mereka tawarkan untuk dropshipper.

 

Bagaimana, mudah sekali kan memulai bisnis online dengan dropshipping? Ini memang cara mudah untuk memulai bisnis online tanpa harus mengeluarkan modal dan membuat produk, tapi sama seperti bisnis lainnya, kamu tetap harus menginvestasikan waktu dan tenaga untuk promosi dan melayani pelanggan dengan baik. Bila dilakukan secara konsisten, dropshipping bisa menjadi batu loncatan kamu untuk membangun toko online yang sukses.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!