Blog

Dukung Tercapainya Sistem Ekonomi Sirkular, SIRCLO Gandeng MallSampah untuk Mengelola Sampah UMKM

JAKARTA, 18 Juli 2022 – Data Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan bahwa 60% sampah berakhir di tempat pembuangan akhir, 30% tidak terkelola, dan hanya 10% yang berhasil di daur ulang. Sampah yang tidak berhasil di daur ulang dan menumpuk di udara terbuka berdampak pada perubahan iklim dan pemanasan global. Dengan jumlah UMKM yang ditargetkan mencapai 14,5 juta tahun ini, kegiatan bisnis sektor ini tentu berkorelasi emisi dan sampah yang dihasilkan. 

Berangkat dari kondisi tersebut, SIRCLO, perusahaan omnichannel commerce enabler terdepan di Indonesia, menginisiasi program pengelolaan sampah dari UMKM yang berada dalam ekosistemnya menjadi barang daur ulang dan bernilai ekonomi. Inisiatif ini sekaligus mendukung peringatan Hari Lingkungan Hidup Internasional yang diperingati setiap tanggal 5 Juni dan bekerja sama dengan MallSampah, sebuah platform end-to-end pengelolaan sampah/limbah menjadi barang daur ulang yang produktif dan bernilai ekonomi.

Jiwo Damar Anarkie, Impact Manager, SIRCLO, mengatakan, “Kami menyadari adanya urgensi pengelolaan sampah seiring dengan meningkatnya laju pertumbuhan UMKM di Indonesia. Oleh karena itu, edukasi kepada pelaku usaha industri kecil terkait penanganan dan pengelolaan limbah hasil usaha sangatlah penting. Sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan ekosistem bisnis terpadu, kolaborasi strategis dengan MallSampah ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak pelaku usaha untuk menerapkan sustainability dan strategi inovatif dalam prosesnya. Inisiatif ini hanyalah langkah awal SIRCLO untuk berkontribusi dalam terciptanya sistem ekonomi sirkular yang baik, dimulai dari pelaku UKM hingga komunitas akar rumput.” 

Adi Saifullah Putra, CEO & Founder, PT MallSampah Indonesia, mengatakan, “MallSampah hadir sebagai circular economy platform yang tidak hanya memfasilitasi masyarakat secara individual atau Business to Customer (B2C) namun mencakup segmen Business to Business (B2B) melalui penyediaan teknologi pada sektor-sektor strategis khususnya FMCG, Food and Beverage, E-Commerce, dan lain-lain. Kami menyadari, kepedulian terhadap pengumpulan dan pendaurulangan sampah yang bertanggungjawab membutuhkan solusi hand in hand pada semua stakeholders termasuk pelaku usaha (UKM) agar mereka terampil dan konsisten dalam memulihkan produk pasca-konsumsi. Sebagai inovasi digital yang mengoptimalkan implementasi sistem manajemen persampahan berbasis ekonomi sirkular, MallSampah berkolaborasi dengan SIRCLO untuk memperkenalkan sistem daur ulang sampah yang real time dan efisien secara masif dengan pendekatan bottom-up dan berdampak ekonomis serta tetap menjaga keberlangsungan lingkungan.”

Memulai Ekonomi Sirkular dari UMKM

Menurut Bank Dunia, 40% penduduk kota di Indonesia belum memiliki akses pengumpulan sampah dasar. Hal ini akan menyebabkan kenaikan produksi sampah di perkotaan per harinya dari 105 ribu ton per hari menjadi 150 ribu ton per hari, angka ini meningkat 42%. Studi internal SIRCLO juga menyebutkan, bahwa 1 UMKM di sektor perdagangan menghasilkan 2 kg sampah setiap harinya atau 60 kg per bulan. Angka tersebut  belum dihitung dari jumlah sampah rumah tangga pelaku UMKM yang rata-rata menyumbangkan 1 kg sampah per hari. Dengan kondisi ekosistem SIRCLO saat ini, ada setidaknya 500 kg – 1 ton sampah dapat dihasilkan setiap harinya. 

Data di atas semakin menggambarkan urgensi program edukasi pengelolaan sampah terhadap pelaku UMKM dan memulai ekonomi sirkular dari sektor UMKM. Melalui inisiatif yang juga merupakan pilot project dalam skala yang terbatas ini, SIRCLO ingin melihat minat dari UMKM dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup.

Inisiatif ini diawali dengan pelaksanaan Webinar Pengelolaan Sampah untuk Rumah Tangga dan UMKM pada 24 Juni 2022 lalu. Program kemudian akan dilanjutkan dengan pengumpulan sampah per kategori, pengambilan sampah oleh mitra MallSampah, sampai kegiatan daur ulang hingga Agustus 2022. Diharapkan kegiatan diikuti secara aktif oleh 100 mitra UMKM SIRCLO.

Digitalisasi Ekonomi Sirkular, Mulai dari Pengumpulan Sampah hingga Daur Ulang

Setiap proses dalam inisiatif ini didukung oleh teknologi dari MallSampah untuk mengetahui jejak pengelolaan sampah, kapan dan dimana pengambilannya, berapa lama proses daur ulang, hingga hasil dari daur ulang sampah tersebut. Diharapkan dengan digitalisasi inisiatif ekonomi sirkular ini, SIRCLO dapat memantau jejak sampah yang dihasilkan dan menjadi apa sampah yang dihasilkan tersebut. 

Di sisi lain, UMKM rekanan SIRCLO juga mendapatkan insentif menarik dengan menukarkan sampah hasil usaha baik itu plastik, kardus, botol, kertas, dan lainnya. 

Setelah pilot project ini selesai, inisiatif ekonomi sirkular dikelola menjadi gerakan green economy dan kapasitasnya akan diperluas dengan menjangkau gudang SIRCLO, principal brand, serta distributor yang bekerjasama dengan SIRCLO.

“Dengan digitalisasi ekonomi sirkular, SIRCLO dan brand-distributor juga dapat memantau pergerakan sampah / carbon footprint hingga produk daur ulang yang dihasilkan. Besar harapan kami agar inisiatif ini berlangsung secara jangka panjang dengan berlandaskan nilai-nilai untuk melestarikan lingkungan hidup,” tutup Jiwo. 

 

***

 

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan penyedia solusi omnichannel commerce terdepan di Indonesia yang membantu semua orang berjualan melalui berbagai kanal—online dan offline. SIRCLO memiliki tiga fokus utama yang terbagi ke dalam pilar-pilar solusi, yaitu solusi bagi Enterprise, solusi bagi Entrepreneur atau wirausaha dan UMKM, serta model bisnis New Retail, seperti warung.

Pada kategori Entrepreneur, SIRCLO menawarkan SIRCLO Store, dasbor toko online untuk UMKM berjualan di berbagai kanal, termasuk website, marketplace, dan chat commerce; Orami, platform parenting yang menggabungkan commerce, content, dan community dalam satu ekosistem; dan IbuSibuk, solusi pemberdayaan komunitas Ibu untuk menjadi Key Opinion Leaders (KOL), micro-influencer, serta reseller.

Pada kategori Enterprise, SIRCLO menawarkan solusi SIRCLO Commerce, e-commerce enabler dan layanan channel management untuk brand berskala besar dan principal; Swift by SIRCLO, solusi pengembangan teknologi omnichannel; ICUBE by SIRCLO sebagai Magento Premier Solutions Partner yang menghadirkan layanan konsultansi strategi dan implementasi teknologi omnichannel; Sooplai, platform B2B2C yang menyediakan produk Ibu dan Anak; dan ThinkTank by SIRCLO, solusi pemasaran digital secara end-to-end untuk brand berskala besar dan principal.

Adapun pada kategori New Retail, SIRCLO memberdayakan warung melalui beragam produk dan layanan digital dari Warung Pintar, untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi pada alur distribusi offline, serta menyediakan akses untuk pemenuhan stok.

Hingga saat ini, SIRCLO mencatatkan lebih dari 150.000 brands dan lebih dari 500.000 pemilik warung yang telah dilayani secara akumulatif; lebih dari 25 juta end-consumers yang telah terjangkau; serta lebih dari 80 titik distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini, SIRCLO memiliki lebih dari 2.000 karyawan.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tentang MallSampah

Berawal dari keresahan Adi Saifullah Putra selaku CEO MallSampah pada 2015 yang melihat menumpuknya sampah di sekitar indekosnya, kini MallSampah hadir sebagai circular economy platform yang menghubungkan masyarakat pemilik sampah yang dapat didaur ulang  ataupun sektor B2B untuk memulihkan produk pasca-konsumsi dengan menggunakan jejaring kolektor lokal, yakni pemulung dan pengepul. MallSampah hadir sebagai garda terdepan dalam mendigitalisasi ekosistem sektor informal dengan collection system, menyediakan layanan pengumpulan dan pendaurulangan kepada setiap orang, pemberian insentif, serta solusi teknologi kepada perusahaan khususnya FMCG, FnB, dan sektor lainnya agar dapat memulihkan produk pasca-konsumsi secara bertanggungjawab, real time, dan transparan.

Implementasi manajemen pendaurulangan sampah yang dilakukan oleh MallSampah terbagi menjadi tiga model, yakni MallSampah App, MallSampah for Brands, dan MallSampah for Government. Hingga kuartal III 2022, MallSampah telah menjangkau lebih dari 50.000 recycler users dan telah digunakan oleh berbagai brand ternama seperti Coca Cola, Nutrifood, Tokopedia, Gojek, The Body Shop, Sociolla, PUPR, Le Minerale, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kopi Soe, dan lainnya. Platform yang berhasil meraih penghargaan sebagai The Winners ASEAN Rice Bowl Startup Award 2017 ini telah memberdayakan dan mendigitalisasi pekerjaan 600+ kolektor lokal, 100+ ton sampah terdaur ulang, dan mengurangi 45.000+ emisi karbondioksida setiap bulannya. Komitmen mulia MallSampah adalah menyediakan solusi #RecyclingNetwork dengan mengubah sampah menjadi kebaikan secara berkelanjutan.

Lihat informasi selengkapnya mengenai MallSampah melalui pranala https://www.mallsampah.com/ dan dapatkan layanan MallSampah melalui aplikasi yang dapat diunduh secara gratis pada Google Play dan App Store.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!