Blog

startup adalah

E-Commerce Warehousing, Layanan Pendukung Jualan Online

Warehousing atau tempat penyimpanan produk menjadi salah satu sektor yang seksi digalakkan akhir-akhir ini. Penyewaan jasa gudang modern dilihat sebagai peluang bisnis yang menjanjikan karena banyak toko online berlomba-lomba menjual produk tetapi tidak memiliki lahan yang cukup sebagai tempat penyimpanan.

Gudang bukan hanya sebagai tempat penyimpanan produk yang akan dipasarkan secara online, namun bisa diperuntukkan demi keutuhan kualitas produk yang aman. Mengelola gudang penyimpanan produk merupakan suatu tantangan yang sulit bagi pemilik toko online. Untuk itulah muncul layanan penyedia jasa E-commerce Warehousing seperti SIRCLO sebagai solusi menjawab kebutuhan. Demi mengenal e-commerce warehousing sebagai kebutuhan jualan online, berikut penjelasannya.

Baca juga: Tips Kirim Produk Tepat Waktu Selama Harbolnas

Business to Consumer (B2C)

Business to Consumer (B2C) adalah jenis model penjualan langsung dari bisnis ke konsumen tingkat akhir. Adapula yang menganggap jenis bisnis satu ini disebut e-retail. Jenis ini semakin berkembang saat maraknya platform jualan online seperti marketplace, website, dan lainnya. Salah satu kebutuhan e-commerce B2C yakni gudang penyimpanan untuk kebutuhan stok barang, memproses pemesanan, pengemasan, sampai pada proses pengiriman.

E-commerce warehousing juga bisa berguna sebagai solusi transit di beberapa titik pengiriman. Saat ini sudah banyak tempat gudang berkualitas yang tersebar di beberapa tempat, seperti di Karawang, Bekasi, Cikampek, Cilegon, Surabaya, Medan, dan beberapa daerah lainnya. Hal tersebut dibutuhkan oleh pelaku bisnis untuk memperluas jaringan dan mendekatkan diri kepada konsumen yang berada di berbagai daerah.

Pergudangan Modern

Konsep pergudangan modern merupakan campaign yang dijual oleh layanan e-commerce warehousing karena memiliki sejumlah fasilitas modern yang dapat menunjang kemudahan pendistribusian barang. Berkaca pada fasilitas gudang di Eropa, pergudangan modern yang disediakan layanan gudang seperti SIRCLO memiliki berbagai fasilitas pendukung, seperti struktur bangunan yang baik, kemampuan loading docks, penahan panas, hingga floor loading.

Kebutuhan seperti ini cocok digunakan oleh toko online yang memiliki kesulitan dalam mengatasi lonjakan penjualan. Terutama toko online yang tidak memiliki area sebagai tempat proses penyimpanan sampai pengiriman produk. Cara ini akan lebih efisien karena dari alur produk masuk (inbound), tahapan quality controls (QC), penyimpanan (storage), processing orders, packaging, hingga barang siap dikirim (outbound) sudah diatur.

Baca juga: Apa Itu TikTok Commerce? Berikut Penjelasannya

Manfaat E-Commerce Warehousing

  • Pengiriman Maksimal

Saat sistem jualan online semakin menjamur, efek yang dirasakan salah satunya berupa tingkat pengiriman produk yang semakin cepat. Dalam hitungan hari, paket yang dibeli oleh konsumen sudah sampai di tangan. Cepatnya arus jualan online dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan ekspedisi yang berlomba-lomba menjadi terdepan untuk urusan kecepatan.

Demi menambah loyalitas kepada konsumen, pemilik toko online bisa memaksimalkannya dengan layanan e-commerce warehousing untuk kebutuhan pengiriman cepat dan teratur. Fasilitas gudang yang canggih mampu mendukung permintaan pasar yang cepat dan aman. Sehingga kamu bisa mengalihkan fokus pada hal lain.

  • Penyimpanan Lebih Teratur

Human error kerap terjadi pada toko online yang memiliki jumlah staff sedikit namun tuntutan pekerjaan yang banyak. Imbasnya pengiriman produk tidak aman dan konsumen pun kecewa. Seringkali ditemukan toko online salah mengirim produk, tertukar, mengirim produk rusak, dan segala jenis kesalahan packing produk.

Layanan jasa e-commerce warehousing membantu meningkatkan penjualan toko online dengan sistem manajemen gudang menggunakan software. Dengan sistem ini, kesalahan pengiriman produk tidak akan terjadi lagi. Pasalnya sistem penyimpanan gudang benar-benar terperinci dari datangnya barang sampai proses pengiriman. Sistem ini memungkinkan untuk menyimpan produk dengan aman, menjaga kondisi produk secara teratur, dan distribusi produk secara cepat. 

  • Bisa Fokus Pada Aspek Lain

Mengelola gudang secara mandiri membutuhkan waktu yang lama dan sumber daya manusia yang melimpah. Belum lagi membeli lahan kosong untuk penyimpanannya. Sudah cukup banyak menghabiskan waktu untuk urusan gudang yang bisa saja waktu tersebut digunakan untuk kebutuhan pemasaran, riset terobosan produk baru, sampai meningkatkan penjualan.

Agar fokus pada hal substansial, kamu bisa menyiapkan anggaran kebutuhan gudang pada layanan e-commerce warehousing. Kemampuan manajemen gudang secara modern bisa membantu proses distribusi produk secara cepat, keamanan produk terjaga, dan stok produk terpantau. Solusi e-commerce warehousing datang agar kamu bisa fokus pada aspek lain demi pertumbuhan toko online.

Untuk menjawab kebutuhan, SIRCLO Commerce hadir sebagai solusi pembuatan website. Layanan ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan berbagai template website pilihan. Serta mampu terintegrasi dengan marketplace dan WhatsApp Business dalam satu dashboard.

Kebutuhan e-commerce warehousing pun bisa kamu lakukan bersama SIRCLO. Selengkapnya ketuk banner berikut. 

SIRCLO Commerce

Tags: ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!