Blog

Melihat Masa Depan Chat Commerce yang Cerah

Ada banyak media pemasaran yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis. Salah satunya chat commerce. Apakah kamu sudah tahu tentang chat commerce untuk bisnis?

Chat commerce adalah cara membeli produk dan layanan, atau mendapatkan informasi tentang produk dan layanan melalui sarana percakapan.

Cara pemasaran yang satu ini melepaskan diri dari paradigma ‘lihat produk, beli produk’ yang khas dan memungkinkan layanan yang lebih pribadi untuk disampaikan kepada pelanggan.

Pelanggan tidak perlu mengunduh aplikasi, mengunjungi situs web, atau berjalan ke lokasi toko fisik bisnismu. Melainkan digantikan melalui obrolan.

Transaksi pun dilakukan langsung melalui aplikasi obrolan, yang memiliki fitur privasi dan keamanan bawaan.

Pelanggan akan mengirim pesan yang meminta untuk membeli produk atau layanan dan transaksi dilakukan hanya dalam interaksi obrolan. Pembayaran aman dan mudah sehingga prosesnya lebih nyaman.

Chat commerce sendiri dapat disampaikan melalui berbagai media yang diakses secara online, aplikasi perpesanan, chatbots, atau teknologi asisten suara.

Jadi, kamu sebagai pebisnis bisa menjangkau pelanggan melalui media yang paling dikenal orang. Misalnya, melalui toko online, platform perpesanan seperti Whatsapp, atau jejaring sosial seperti Instagram.

Baca Juga: Apa Perbedaan Social Commerce Dan Chat Commerce

Chat Commerce di Indonesia

Foto: SIRCLO Photo Stock

Di Indonesia sendiri, penggunaan chat commerce sudah banyak bermunculan dan memiliki peminat yang cukup besar.

Hal ini didukung oleh fakta bahwa menurut survey yang dilakukan oleh Facebook dan BCG, sebanyak 94% konsumen di Indonesia akan lebih yakin untuk membeli suatu produk apabila sang penjual responsif terhadap chat.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan fitur chat ini sehingga penjualan berhasil dan memperoleh pendapatan besar.

Dari perspektif pelanggan, fitur ini dapat memberikan tingkat kenyamanan baru. Mereka bisa berbicara dengan seorang ahli tentang kebutuhan atau mendapatkan jawaban otomatis secara real time dan cepat untuk pertanyaan yang diajukan.

Chat commerce juga memungkinkan pelanggan untuk melakukan transasksi lebih mudah. Mulai dari membayar tagihan, memeriksa status pesanan, dan banyak lagi.

Dengan pelayanan yang memuaskan melalui chat commerce, kamu pun bisa mendapatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan lebih mudah.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Chat Commerce Yang Kamu Harus Tahu!

Chat Commerce WhatsApp

Chat Marketing, Solusi Dalam Meningkatkan Penjualan

Foto: SIRCLO Photo Stock

Salah satu chat commerce yang banyak digunakan dalam bisnis adalah WhatsApp. Media sosial ini memiliki 2 pilihan chat, yakni WhatsApp Business dan WhatsApp Business API.

WhatsApp Business merupakan aplikasi yang bisa diunduh gratis melalui perangkat Android atau iOS dan dirancang untuk sektor bisnis dalam skala kecil.

Sementara itu, WhatsApp Business API memiliki fitur yang dirancang untuk sektor bisnis berskala besar. Jadi, diperuntukkan bagi bisnis menengah ke atas agar lebih mudah dan efisien saat berkomunikasi dengan pelanggan.

Di Indonesia, data dari We Are Social menyebutkan bahwa sebanyak 83% masyarakat Tanah Air sudah menggunakan media sosial WhatsApp. Itu berarti, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 125 juta orang di antaranya telah menggunakan WhatsApp.

Hal ini pun bisa menjadi peluang yang bagus untuk kamu jika ingin terjun ke dunia bisnis.

Dengan chat commerce di WhatsApp, kamu bisa menyediakan layanan, berkomunikasi, dan menerima pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan.

Cara yang satu ini dinilai lebih efektif dalam bisnis karena banyak orang yang menghabiskan banyak waktu di aplikasi obrolan setiap harinya untuk terhubung dengan teman dan keluarga.

Chat commerce juga memiliki keuntungan tersendiri di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Banyak pelanggan yang lebih memilih untuk belanja ‘tanpa kontak’ sehingga hadirnya fitur ini bisa menjadi solusi.

WhatsApp pun telah menjadi platform pilihan bagi banyak konsumen yang tinggal di rumah untuk memesan makanan dan bahan makanan, serta melacak pengiriman pesanan mereka.

Selain memfasilitasi pengiriman ke rumah, salah satu kasus penggunaan WhatsApp Commerce paling populer yang telah diamati adalah ‘Pesan & Pengambilan’. Di mana konsumen memesan slot untuk mengambil kebutuhan sehari-hari dari toko. Jadi, mereka bisa berbelanja dengan lebih aman dan nyaman karena menghindari keramaian.

Baca Juga: Faktanya 91% Orang Indonesia Senang Berbelanja Melalui Chat Commerce

Keunggulan WhatsApp Commerce

Foto: SIRCLO Photo Stock

Ada banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika memaksimalkan penggunaan chat commerce di WhatsApp. Berikut beberapa fitur yang bisa kamu aktifkan untuk mengoptimalisasi WhatsApp Commerce.

1. Profil Bisnis

WhatsApp memungkinkan kamu untuk membuat profil bisnis berisi informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Mulai dari nama toko, alamat toko, deskripsi bisnis, alamat email, situs web, dan lainnya.

Seluruh informasi tersebut tentu saja akan sangat berguna bagi pelanggan. Bahkan, bisa meningkatkan kredibilitas bisnismu.

Memiliki profil bisnis yang jelas juga akan menciptakan ‘identitas’ pada bisnis sehingga lebih mudah dikenali konsumen.

2. Label Pesan

WhatsApp khusus bisnis juga bisa membantu kamu dalam mengelola kontak dan pesan yang masuk. Jadi, akan lebih mudah dan cepat untuk direspon.

Dengan label, kamu bisa mengategorikan manakah pesan yang berasal dari pelanggan baru dan pelanggan lama.

3. Katalog

WhatsApp juga menyediakan fitur katalog yang bisa kamu isi dengan deskripsi, foto, beserta produk atau jasa bisnismu.

Pelanggan pun akan lebih mudah dalam menemukan hal-hal yang mereka butuhkan.

Selain itu, fitur katalog bisa menyembunyikan barang yang kosong dan menampilkan keterangan stok habis.

4. Pesan Otomatis

Ketika berjualan secara online, kamu pasti akan mendapatkan banyak pesan dari pelanggan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan fitur pesan otomatis pada WhatsApp.

Kamu pun bisa menggunakan template untuk memberitahukan pada pelanggan kapan pesan mereka akan dibalas.

Biasanya, pesan otomatis berisi kalimat salam dan sapaan, serta tambahan informasi tentang bisnis.

Baca Juga: Bantu Optimalkan Bisnis Lewat Chat Commerce, Bagaimana Cara Kerja SIRCLO Chat?

Agar bisnis kamu berjalan sesuai harapan, kamu bisa memanfaatkan layanan chat commerce yang disediakan oleh SIRCLO Store.

Chat Commerce di SIRCLO Store memudahkan kamu untuk berjualan dengan WhatsApp. Sebagai partner resmi di WhatsApp Business API, SIRCLO Store sudah terintegrasi fitur chat commerce dengan cukup buat toko di SIRCLO Store. Klik banner untuk informasi selengkapnya.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!