Blog

Garnier Green Beauty, Sebuah Komitmen Bersama Untuk Bumi yang Lebih Hijau

Posted in Lainnya

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penghasil sampah sangat besar di dunia. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2019, negara ini menghasilkan 67.8 juta ton sampah, atau sekitar 6 ribu sampah per hari. Jenis sampah yang dihasilkan oleh berbagai aktivitas masyarakat beragam, mulai dari sampah organik, sampah logam, sampah plastik, sampah berbahaya (B3), serta sampah kertas.

Banyaknya load sampah yang dihasilkan setiap harinya membuat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) semakin lama penuh. Maka itu dibutuhkan komitmen dan keseriusan dari seluruh elemen masyarakat untuk mencegah climate crisis ini memburuk.

Solusi Menjaga Bumi dengan Komposting dan Daur Ulang

Bekerja sama dengan Garnier Indonesia, SIRCLO mengadakan kegiatan seminar daring yang tergabung dalam rangkaian Women Empowerment Week. Dalam Webinar yang bertajuk “Garnier Green Beauty” untuk menyambut Hari Bumi Sedunia tersebut, dikemukakan bahwa terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penumpukan sampah yang berlebih, yaitu melalui komposting dan daur ulang.

Komposting adalah kegiatan pengolahan sampah organik dengan bantuan serbuk kayu atau daun-daun kering dalam sebuah wadah (komposter) yang dapat menghasilkan pupuk untuk tanaman. Kegiatan komposting dapat dilakukan untuk mengurangi load sampah organik yang sulit terurai jika tercampur dengan jenis sampah lain.

Cara kedua yang dapat dilakukan yaitu dengan kegiatan daur ulang (recycle), yaitu pengolahan barang bekas menjadi barang baru dengan serangkaian proses, guna mencegah penumpukan sampah, mengurangi penggunaan bahan baku, serta menghemat energi dalam produksi sebuah barang. Daur ulang sampah bisa dilakukan secara mandiri atau menggunakan jasa daur ulang yang tersedia di sekitar kita.

Selain kedua cara tersebut, beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah produksi sampah adalah dengan menggunakan alat rumah tangga yang sustainable dan ramah lingkungan, merencanakan pembelian produk dengan mengedepankan dampak bahan yang digunakan, serta melakukan diet berbasis tumbuhan (plant-based diet).

Baca juga: Kolaborasi SIRCLO dan Difalink Berdayakan Wirausaha Difabel melalui Pelatihan Bisnis

One Green Step Garnier Melalui Kampanye Green Beauty

Untuk mendukung bumi yang lebih hijau, Garnier meluncurkan kampanye bertajuk Green Beauty Movement, sebuah komitmen Garnier sebagai brand kecantikan terkemuka di dunia dengan menciptakan dampak positif menuju keberlanjutan untuk semua orang. Terdapat enam pilar dalam gerakan kampanye Green Beauty Movement Garnier, mencakup more eco-designed formula, more eco-designed packaging, more renewable sources, approved by cruelty free international, more solidarity sourcing, dan action against plastic pollution.

Melalui pilar eco-designed formula dan eco-designed packaging, Garnier berusaha untuk memproduksi produk-produknya dengan bahan yang lebih eco-friendly. Misalnya adalah sheet mask dengan bahan yang mudah terurai di lingkungan (biodegradable), serta penggunaan plastik daur ulang dalam tiap kemasan produknya. Garnier juga berkomitmen menggunakan renewable source yang bersifat carbon neutral. Gerakan ini tentunya juga didukung oleh berbagai komunitas lokal di beberapa belahan dunia untuk menguatkan solidaritas menjaga bumi.

Selain itu, salah satu bentuk aksi nyata Garnier untuk menjaga bumi adalah melalui program #OneGreenStep for Kindness bersama dengan eRecycle dan XsProject dengan tujuan untuk memberikan donasi pendidikan kepada anak-anak pemulung di Jakarta. Masyarakat dapat berpartisipasi melalui setiap transaksi yang dilakukan via aplikasi Garnier, maka Garnier akan menaikkan donasi tersebut sebanyak dua kali lipat. Masyarakat juga dapat berpartisipasi melalui pembelian produk Garnier di Tokopedia. Rp 1.000 akan disalurkan untuk setiap pembelian produk.

Baca juga: Literasi Digital Berperan Penting dalam Mengoptimalkan Potensi Wirausaha Wanita

Hari Bumi Sedunia di Women Empowerment Week

Selebrasi Hari Bumi Sedunia turut diperingati oleh SIRCLO bersamaan dengan selebrasi emansipasi wanita dalam Women Empowerment Week. Pekan pemberdayaan wanita ini menunjukkan bahwa banyak pionir dan inisiator gerakan-gerakan kampanye untuk menjaga lingkungan di bumi yang merupakan wanita. Para wanita hebat ini banyak memiliki mimpi untuk bisa terus menjaga bumi agar tetap hijau dan terbebas dari polusi, sampah, dan limbah yang dapat mencemari lingkungan.

__

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!