Blog

Harbolnas 12.12 Menutup Tahun 2020, Bagaimana Situasinya di Tiap Marketplace?

Kemeriahan Harbolnas 12.12 kemarin turut diramaikan dengan berbagai program dan promo dari marketplace. Harbolnas 12.12 bisa dikatakan sebagai momen puncak dari pesta belanja online yang diadakan setiap bulannya. Setiap festival belanja online, tiap marketplace menjalankan campaign dan strategi yang berbeda-beda untuk menarik perhatian konsumen.

Baca juga: Menelisik Pesta Belanja Online 11.11, Apa Saja Trennya?

Bagaimana dengan tahun ini? Berikut rangkuman dari kemeriahan Harbolnas 12.12 di tiap marketplace.

Shopee

Tidak hanya menyambut Harbolnas 12.12, Shopee juga merayakan hari ulang tahunnya dengan mengadakan promo Shopee 12.12 Birthday Sale. Promo yang ditawarkan berbagai macam, mulai dari gratis ongkir, cashback, flash sale, dan banyak lagi. 

Selain itu juga ada penampilan spesial dari Stray Kids yang merupakan brand ambassador Shopee, GOT7 dan sejumlah selebriti tanah air. Tak sampai di situ, pengguna juga bisa meraih kesempatan untuk mendapatkan smartphone, motor, dan mobil dengan mengikuti sejumlah permainan pada aplikasi. Shopee juga menggenjot penggunaan dompet elektroniknya yaitu shopeePay dengan menjalankan kampanye ShopeePay Rp 1 dari 1-12 Desember. 

Pada Harbolnas 12.12 kali ini, Shopee mencatatkan rekor baru untuk jumlah penjualan dalam waktu yang sangat singkat yaitu 1 juta produk dalam 1 menit. Pada 1 jam pertamanya, Shopee sudah meraih 3 juta pengunjung, 8 kali lipat lebih banyak dibandingkan Harbolnas 12.12 tahun lalu.

Kategori produk yang paling diburu di antaranya perawatan & kecantikan, peralatan rumah tangga, dan handphone & aksesoris. Sebanyak 4 ribu produk perawatan & kecantikan terjual setiap menitnya. Produk yang paling populer dibeli antara lain lipstik, masker wajah, dan body lotion. Sementara total penjualan peralatan rumah tangga pada puncak Harbolnas adalah 2,5 juta produk.

Lazada

Kampanye Harbolnas 12.12 Lazada, Garbolnas (Tiga Hari Belanja Online Nasional) diadakan selama tiga hari dari 12-14 Desember 2020. Selama tiga hari ini, Lazada mengadakan sejumlah promo besar-besaran mulai dari diskon hingga 99%, flash sale Rp 12, gratis ongkir, dan lainnya.

Selain itu, Lazada juga menyajikan berbagai hiburan bagi penggunanya yaitu dengan mengundang berbagai artis dan musisi. Ada pula grand prize berupa dua mobil bagi pengguna. Sama seperti Shopee, Lazada juga turut menggandeng artis asal Korea Lee Min Ho sebagai brand ambassadornya. 

Menjelang Harbolnas 12.12, produk-produk yang termasuk kategori hobi seperti tanaman menjadi barang yang paling banyak dibeli di Lazada. banyak memburu barang-barang yang tergolong kategori hobi. Selain produk hobi, peralatan rumah tangga dan memasak, serta produk olahraga juga meningkat penjualannya.

Tokopedia

Untuk menarik konsumen, Tokopedia menggandeng OVO dalam program Boom 12.12 dan juga Grab Express untuk menawarkan gratis ongkir. Dengan kerjasama ini, Tokopedia menawarkan cashback hingga 90% untuk transaksi menggunakan OVO Points. Program promo ini berlangsung dari tanggal 10-12 Desember. Selain cashback dan gratis ongkir, ada juga kupon kilat, potongan harga, dan promo lainnya.

Blibli

Sama seperti Shopee dan Lazada, Blibli juga mengundang aktor asal Korea Park Seo Joon untuk memeriahkan acara Histeria 12.12 yang berlangsung dari 7-13 Desember 2020. Kemeriahan ini tentu dilengkapi juga dengan berbagai diskon seperti cashback, flash sale mulai dari Rp 12 ribu, gratis ongkir, dan promo-promo lainnya. 

Bukalapak

Sama seperti marketplace lainnya, Bukalapak ikut meramaikan Harbolnas 12.12 dengan kampanyenya Halubolnas. Pada kampanyenya kali ini, Bukalapak menawarkan diskon khususnya untuk barang-barang elektronik. Ada juga cashback dan flash sale untuk barang-barang elektronik mewah. 

Program ini sendiri berlangsung dari 25 November hingga 18 Desember 2020. Untuk semakin menarik minat konsumen, Bukalapak juga mengundang artis dan model ternama, Sophia Latjuba. Menurut VP of Marketing Bukalapak, pertumbuhan transaksi kampanye Halubolnas sudah 20% lebih tinggi dibandingkan Harbolnas 12.12 tahun lalu.

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Banyak dan beragamnya program-program yang dijalankan tiap-tiap marketplace dapat dimanfaatkan oleh brand dan bisnis untuk menarik perhatian calon pembeli. Pilih marketplace yang sesuai dengan produk dan target konsumen yang kamu tuju agar penjualan dapat maksimal. Dengan aktif berpartisipasi pada program yang dijalankan marketplace, kamu bisa kemudian menganalisis promo seperti apa yang tepat untuk bisnismmu.

Ingin berjualan di berbagai marketplace untuk meningkatkan penjualanmu? Kamu bisa memilih solusi SIRCLO Connexi untuk mengelola dan memproses penjualan dari banyak marketplace maupun website SIRCLO Store. Mulai dari Rp 660.000 per bulan, kamu bisa #MulaiSekarang di sini!

__

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. 

Tags: , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!