Blog

Harbolnas, Efektifkah untuk Tingkatkan Penjualan Online?

Harbolnas sudah menjadi tradisi dalam ekosistem bisnis online. Sebagian besar bisnis ritel hampir selalu ikut meramaikan festival belanja online ini. Marketplace pun mengadakan kampanye dan promo besar-besaran yang ditunggu-tunggu oleh konsumen. Diperkirakan jumlah transaksi Harbolnas tahun ini bisa mencapai Rp 9,1 triliun.

Baca juga: Harbolnas 12.12 Menutup Tahun 2020, Bagaimana Situasinya di Tiap Marketplace?

Namun, apakah Harbolnas efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online? Berikut beberapa manfaat dan tantangan yang dihadapi bisnis online dalam mengikuti Harbolnas.

Manfaat Harbolnas

Harus diakui, secara general Harbolnas berkontribusi terhadap tingkat penjualan, bahkan dapat mendongkrak ekonomi dan daya beli masyarakat. Bahkan dalam dua tahun terakhir, Harbolnas berhasil meningkatkan transaksi hingga 200%.

Harbolnas memang dapat membantu bisnis lokal dan UMKM menjangkau konsumen yang lebih luas. Pasalnya, apabila awalnya bisnis offline hanya terbatas pada sejumlah area saja, dengan adanya Harbolnas banyak bisnis yang mulai beralih ke platform digital dan memperluas jangkauan mereka.

Harbolnas juga dapat meningkatkan traffic khususnya bagi bisnis yang melakukan penjualan melalui website. Dengan adanya promo, terlebih lagi apabila dibantu iklan, akan lebih banyak orang yang mengklik dan mengunjungi website. Semakin banyak orang yang mengunjungi website, kemungkinan jumlah pembelian meningkat pun semakin besar.

Selain itu Harbolnas juga dapat mendatangkan pelanggan baru dan meningkatkan jumlah transaksi. Dengan adanya promo Harbolnas, orang-orang yang sebelumnya tidak pernah membeli produkmu bisa jadi kemudian tertarik untuk mencoba berbelanja. Selain itu, adanya promo juga dapat membuat customer berbelanja lebih banyak dari biasanya. 

Tantangan Harbolnas

Di sisi lain, apabila tidak dipersiapkan dengan baik Harbolnas malah dapat menimbulkan risiko bagi bisnis. Harbolnas yang menarik perhatian begitu banyak konsumen membuat banyak bisnis juga ikut memberikan promo spesial Harbolnas. Artinya tingkat kompetisi pun semakin tinggi.Apabila tidak dipersiapkan dengan baik, kamu akan kesulitan berkompetisi dengan brand dan bisnis lainnya. Apalagi jika pelayananmu tidak memuaskan, yang ada kamu malah bisa merusak reputasi brand-mu. 

Menjelang Harbolnas, jumlah pertanyaan dan chat dari customer yang masuk pun akan meningkat. Apabila kamu tidak dapat melayani customer dengan baik, kamu bisa menerima rating atau review yang kurang bagus yang malah akhirnya membuat calon pembeli jadi ragu untuk berbelanja. 

Yang juga perlu diperhatikan adalah nilai promo yang kamu berikan. Hitung dan analisa dengan baik agar jumlah promo yang diberikan sebanding dengan jumlah transaksi dan profit yang didapat. Jangan sampai kamu memberikan promo yang kebablasan hingga akhirnya mendapatkan profit yang tidak seberapa walaupun penjualan banyak. 

Untuk mengatasi ini, kamu bisa mencari alternatif promo lain alih-alih terus-menerus memberikan potongan harga yang terlampau besar, memberikan minimal pembelian untuk promo yang ditawarkan, atau memberikan batas waktu untuk promo tersebut.

Selain itu, agar Harbolnas bisa berhasil pertimbangkan platform-platform yang kamu gunakan untuk memasarkan dan menjual produk. Apabila kamu berjualan di marketplace, pilih marketplace yang tepat dan memiliki pengguna yang sesuai dengan target konsumen bisnismu. Aktif mengikuti program-program yang dijalankan marketplace saat Harbolnas juga dapat membantu meningkatkan exposure bisnismu. Umumkan mengenai promo yang akan kamu berikan saat Harbolnas beberapa minggu sebelumnya sehingga customer mengetahui dan menanti-nantikannya. 

Rencanakan juga strategi untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada pasca Harbolnas agar penjualan tidak menurun pesat pasca Harbolnas. Jelaskan mengenai nilai dan manfaat dari produkmu sehingga customer tidak hanya sekedar membeli karena promo saja tetapi juga mengenal dengan baik produk tersebut. Dengan secara aktif merencanakan penjualan dengan baik, Harbolnas pun bisa efektif untuk meningkatkan penjualan online.

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Ingin berjualan di berbagai marketplace untuk meningkatkan penjualanmu? Kamu bisa memilih solusi SIRCLO Connexi untuk mengelola dan memproses penjualan dari banyak marketplace maupun website SIRCLO Store. Mulai dari Rp 660.000 per bulan, kamu bisa #MulaiSekarang di sini!

__

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. 

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!