Blog

Hari Bangga Buatan Indonesia, Wujud Mimpi Anak Bangsa Untuk UMKM Dalam Negeri

Posted in Berita

Sebagai upaya untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk UMKM lokal Indonesia, Presiden RI Joko Widodo menggagaskan sebuah gerakan yang disebut Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Bangga Buatan Indonesia yang resmi diluncurkan pada 14 Mei 2020 adalah bentuk ajakan pemerintah RI kepada masyarakat Indonesia untuk membeli produk-produk dari UMKM yang terdampak pandemi COVID-19.

Satu tahun setelah peluncuran gerakan ini, Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika menetapkan 5 Mei 2021 sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (Hari BBI), bertepatan dengan bulan Ramadan tahun ini. Membawakan tema “Semakin Bangga Buatan Indonesia”, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan bahwa Hari BBI dicanangkan untuk mendorong konsumsi masyarakat di tengah larangan mudik, sekaligus menjadi bentuk tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo untuk memanfaatkan momentum Ramadan dan Idul Fitri 2021 sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

Didukung Masyarakat, Diikuti E-Commerce

Program Hari BBI tahun ini akan digelar pada 5-13 Mei 2021 dan akan diikuti oleh 72 platform e-commerce di Indonesia, beberapa di antaranya adalah marketplace seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, Bukalapak, dan Shopee. Di Tokopedia misalnya, William Tanuwijaya selaku CEO Tokopedia mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan beragam diskon selama Hari BBI berupa promosi ongkos kirim sampai Rp 20.000, kupon cashback, hingga diskon sampai 90%. Sementara itu VP Galeri Indonesia Blibl Andreas Pramaditya mengatakan bahwa Blibli akan memberikan berbagai promo menarik seperti diskon dan pengiriman dengan ongkos kirim gratis, microsite yang berisi kurasi produk lokal, serta kerjasama dengan beberapa pihak untuk memenuhi demand masyarakat.

Senada dengan inisiatif beberapa marketplace tersebut, Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) ikut mendukung Hari Bangga Buatan Indonesia dengan meminta semua anggotanya turut serta membantu agar dapat berjualan secara online. Menurut Ketua Umum idEA Bima Laga, transaksi saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) terus meningkat dari dua tahun ke belakang sekitar 70,5%. Hal ini tentunya menjadi peluang besar bagi brand lokal untuk memasarkan produknya melalui e-commerce.

Baca juga : Kolaborasi SIRCLO dan Difalink Berdayakan Wirausaha Difabel melalui Pelatihan Bisnis

Hari BBI Jadi Peluang Brand Lokal untuk Tumbuh

Menurut riset yang dilakukan oleh Nielsen, nilai transaksi saat harbolnas mengalami peningkatan. Pada tahun 2019 transaksi ini berada di angka Rp 9,1 triliun dan naik menjadi Rp 11,6 triliun tahun 2021. Untuk produk lokal sendiri di tahun 2020 transaksinya menyentuh angka Rp 5,6 triliun.

Melalui Hari Bangga Buatan Indonesia ini, masyarakat bisa lebih mengenal dan menggunakan produk lokal. Dengan demikian, akan muncul peluang untuk mendorong pertumbuhan usaha pelaku UMKM lokal di Indonesia. Peluang pertumbuhan juga semakin besar dengan adanya permintaan dari Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi kepada pihak e-commerce untuk menempatkan produk lokal di halaman paling depan platform mereka. Menurut beliau, dengan memberikan ruang strategis kepada produk lokal maka kecenderungan pengunjung marketplace untuk memilih produk tersebut akan semakin besar.

Peluang ini tentunya tidak boleh dilewatkan oleh brand-brand lokal di Indonesia. Pelaku bisnis produk lokal dapat memanfaatkan Hari BBI ini layaknya harbolnas dengan memberikan berbagai promosi menarik untuk masyarakat. Misalnya saja dengan membuat produk bundling dalam bentuk hampers untuk menyambut Idul Fitri 2021, atau dengan memberikan diskon ongkos kirim yang disesuaikan dengan jumlah pembelian produk, atau potongan harga untuk beberapa produk tertentu. 

Selain promosi produk, strategi komunikasi seperti membuat postingan di media sosial atau beriklan secara digital juga dapat dilakukan untuk mempromosikan penjualan produk. Tentunya promosi ini harus dibarengi dengan upaya pemilik usaha untuk selalu menjaga kualitas produk jualannya, serta memberikan layanan customer service yang memuaskan dan responsif untuk pelanggan.

Baca juga : 6 Tantangan Ini Kerap Dihadapi oleh Para Wirausaha Wanita

SIRCLO Berikan Solusi Hadapi Hari BBI

SIRCLO turut serta dalam membantu pertumbuhan usaha UMKM lokal pada kegiatan Hari Bangga Buatan Indonesia melalui Starter Plan di platform SIRCLO Store. Dengan modal Rp 0,- atau nol rupiah, pelaku bisnis sudah bisa berjualan di website toko online dan channel marketplace pilihan. Starter Plan SIRCLO Store dilengkapi dengan fitur manajemen dari pembelian hingga pengiriman yang sangat mudah untuk digunakan.

Kehadiran platform SIRCLO Store pastinya akan mempermudah kamu menghadapi Hari Bangga Buatan Indonesia dengan berbagai fiturnya. Hadapi Hari BBI di setiap langkah dengan lebih pasti bersama SIRCLO Store. Klik di sini untuk mulai berjualan di mana saja tanpa batas!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!