Blog

Ide Bisnis di Tahun 2021 yang Patut Kamu Coba!

Untuk menjalankan dan mempertahankan bisnis, kamu harus memiliki kemampuan untuk melihat dan menganalisis peluang. Bisnis yang dijalankan harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus bersaing dengan bisnis serupa lainnya. 

Tak sedikit orang memutuskan untuk mulai berbisnis kecil-kecilan sejak pandemi, khususnya bisnis online. Di tengah pandemi seperti sekarang ini, kebiasaan dan perilaku belanja customer pun berubah. Apabila kamu bisa jeli menganalisis perubahan ini dan memanfaatkan peluang yang ada, kamu pun bisa membangun bisnis. 

Baca juga: 8 Tips Merencanakan Bisnis di 2021 Bagi Pebisnis Pemula

Untuk kamu yang memiliki goal atau tujuan membangun bisnis di tahun 2021, berikut beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba.  

Bisnis Laundry

Bagi kamu yang tinggal di daerah yang ramai, misalnya di perkotaan, bisnis laundry bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa kamu coba. Biasanya di daerah metropolitan, tingkat kesibukan lebih tinggi sehingga orang-orang pun akan mencari alternatif untuk kegiatan seperti mencuci baju. Ini menjadi peluang bagimu untuk memulai bisnis laundry. Untuk di awal, kamu bisa menawarkan ke warga sekitar dan memberikan promo agar orang lebih tertarik. 

Online Reseller

Tidak memiliki modal yang besar? Tak jadi masalah. Kamu bisa menjalan bisnis reseller atau dropshipper. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar karena kamu tidak melakukan produksi sendiri. Kamu hanya perlu mencari supplier, kemudian jual kembali barang-barang dari supplier tersebut dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan untung. 

Kamu bisa menawarkan produk melalui media sosial, marketplace, atau channel-channel lainnya. Kamu pun bisa memilih antara menyimpan stok produk yang dijual terlebih dahulu, atau baru menghubungi supplier setelah ada yang ingin membeli. 

Makanan Siap Masak

Masyarakat menjadi lebih sering masak di rumah sejak pandemi. Di sisi lain, banyak kantor juga yang menerapakan work from home sehingga walaupun di rumah, mereka pun tetap sibuk dengan pekerjaan mereka sehingga tidak sempat menyiapkan makanan. Di sinilah peluang bisnis makanan siap masak. 

Banyak orang memilih makanan siap masak atau frozen food karena dirasa lebih praktis dibandingkan menyiapkan makanan dari mentah tetapi juga lebih tahan lama dan sehat dibandingkan membeli makanan cepat saji. Kamu bisa menawarkan makanan siap masak berupa lunch box ataupun lauk pauknya secara terpisah seperti daging atau sayur. 

Digital Marketing

Saat ini semakin banyak bisnis yang mengandalkan teknologi dan platform digital untuk melakukan pemasaran dan penjualan. Apalagi pandemi membuat sebagian besar bisnis mengalihkan penjualan mereka ke online. Setiap bisnis jadi semakin membutuhkan strategi digital marketing yang efektif. 

Maka itu, ini menjadi kesempatan yang dapat kamu manfaatkan apabila kamu memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang digital marketing. Apalagi, pekerjaan ini dapat kamu lakukan secara remote.

Bisnis Makanan Ringan

Makanan ringan menjadi salah satu jenis produk yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyak konsumen yang tertarik untuk mencoba makanan ringan baru. Namun yang perlu diingat adalah bisnis makanan ringan memiliki tingkat kompetisi yang tinggi. Untuk bertahan, kamu harus bisa menghasilkan makanan ringan yang unik dan inovatif. 

Kamu bisa mulai dengan menjual makanan ringan atau snack yang biasa kamu buat di rumah. Tawarkan kepada teman-teman atau orang-orang sekitar. Jangan lupa juga untuk mempromosikannya lewat media sosial atau marketplace. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menawarkan makanan ringan yang sehat. 

Baca juga: (Infografik) Tips Membuat Campaign Marketing untuk Bisnis Online

Dekorasi Rumah

Sebagian besar orang menghabiskan waktunya di rumah selama pandemi. Hal ini membuat tingkat pembelian produk rumah tangga dan dekorasi rumah meningkat. Pasalnya, orang ingin membuat tempat tinggal mereka senyaman mungkin selama menghabiskan waktu di rumah. Kamu bisa mengembangkan bisnis dekorasi rumah seperti aksesoris kamar, tanaman hias, kerajinan tangan, furniture, dan banyak lagi.

Jasa Mengajar Online

Jika kamu memiliki keahlian spesifik, kamu bisa membuat kursus online. Tak sedikit orang yang meluangkan waktunya dengan belajar hal-hal baru. Kursus online yang ditawarkan bisa beragam, mulai dari privat, webinar, kursus mata pelajaran sekolah, bahasa asing, keahlian khusus seperti digital marketing, dan banyak lagi. Bisnis ini pun tidak memerlukan modal yang kecil. Kamu hanya butuh jaringan internet yang kuat. 

Produk Kesehatan

Tidak dipungkiri, tingkat pembelian produk kesehatan meningkat pesat sejak pandemi Covid-19, baik itu makanan dan minuman sehat, minuman herbal, vitamin dan suplemen, alat olahraga, dan banyak lagi. Ini menjadi salah satu bisnis yang bisa kamu jalankan. Beritahukan manfaat-manfaat dari produk yang kamu tawarkan agar calon pembeli semakin tertarik. Namun, pastikan juga informasinya tepat sehingga tidak terjadi kesalahpahaman atau risiko lainnya.

Selain ide-ide bisnis di atas, kamu juga bisa memulai bisnis dari hobimu. Dengan memulai bisnis dari hobi, kamu pun akan lebih mudah dan senang menjalankannya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan perencanaan bisnis dengan baik mulai dari segi produksi, pemasaran, penjualan, hingga keuangan sehingga bisnis dapat berjalan lancar. 

Kamu pun membutuhkan platform untuk bisnismu. Website toko online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis online. Dengan pilihan template website yang sesuai branding serta fitur lengkap untuk memfasilitasi transaksi hingga pengiriman, kamu bisa berjualan dengan lebih efisien dan profesional. SIRCLO Store adalah solusi untuk kamu yang ingin segera berjualan dengan website toko online. Mulai dari Rp 275.000 per bulan, kamu bisa berjualan di website toko online-mu sendiri. Klik di sini untuk memulai!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!