Blog

ide bisnis

Ide Bisnis Menguntungkan Menjelang Tahun Baru

Kamu mungkin ingin berbisnis, tetapi bingung untuk memulainya dari mana dan jenis produk apakah yang harus dijual? Untuk menjawab kegundahan tersebut, yuk cari tahu ide bisnis menguntungkan menjelang tahun baru berikut.

Di zaman serba digital seperti saat ini, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan bisnis online. Pasalnya, kehadiran internet akan memudahkan kamu bertemu dengan pelanggan.

Jadi, optimalkanlah berjualan secara online. Coba gunakan media sosial untuk promosi dan menarik pelanggan membeli di tokomu.

Peluang bisnis online cukup besar untuk berhasil. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga Frost & Sullivan yang dikutip dari laman Gudang SSL menyatakan bahwa bisnis online di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 17% per tahun.

Baca Juga: 10 Ide Jualan Makanan Online Untuk Berbisnis

Ide Bisnis Online

Dengan menjalankan bisnis online, kamu lebih berpotensi untuk menjangkau banyak orang. Kamu juga bisa menghemat biaya karena bisa promosi gratis melalui media sosial.

Lalu, apa saja ya, ide bisnis online yang menguntungkan menjelang pergantian tahun? Simak selengkapnya.

1. Parcel atau Gift Box

Foto: Pixabay.com

Ide bisnis akhir tahun yang bisa kamu coba ialah dengan berjualan parcel atau gift box

Belakangan ini, hampers atau bingkisan menjadi sebuah tren di masyarakat. Oleh sebab itu, kamu pun bisa memanfaatkan peluang bisnis ini untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Momen natal dan tahun baru bisa kamu manfaatkan untuk mengeluarkan parcel atau gift box edisi khusus. 

Dengan begitu, pelanggan yang ingin mengirimkan parcel atau gift box untuk natal dan tahun baru bisa memesan produk dari toko online kamu.

Cobalah membuat parcel atau gift box yang unik dan berbeda dari yang lain sehingga pelanggan tertarik.

2. Kue atau Snack

Foto: SIRCLO Photo Stock

Kue atau snack buatan rumahan juga bisa lho, menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. 

Bagi kamu yang memiliki resep kue atau snack nikmat, coba pasarkan hasil masakanmu secara online.

Ada banyak jenis kue atau snack yang bisa kamu jual online. Misalnya, cupcake, kue tart mini, brownies, cinnamon rolls, dessert box, atau waffle. Bisa juga lasagna, spaghetti brulee, salmon mentai, risoles mayo, dan lainnya.

Namun, jika kamu ingin menjual makanan online, penting untuk memerhatikan kemasannya. Pastikan makanan yang kamu kirimkan ke pelanggan memiliki kemasan baik dan tahan lama. 

Jadi, pelanggan bisa menerima pesanan makanannya dalam keadaan segar dan tetap enak untuk disantap.

3. Buket Jajanan

ide merangkai buket jajanan

Foto: SIRCLO Photo Stock

Ide bisnis online lainnya adalah buket jajanan. Sama seperti parcel atau gift box, bisnis buket jajanan ini juga sedang naik daun, lho.

Banyak orang yang mencari buket jajanan untuk jadi ide hadiah pada orang tersayang. Berbeda dengan buket bunga biasa, buket jajanan ini tentu saja bisa dimakan.

Sesuai dengan namanya, buket yang satu ini berisi aneka jajanan atau snack. Misalnya, keripik, cokelat, permen, wafer, dan lainnya.

Jika kamu ingin menggeluti bisnis ini, dibutuhkan kreativitas dalam menjalankannya. 

Tidak hanya menyiapkan beragam makanan ringan, kamu juga perlu beberapa bahan untuk membuat buket jajanan ini. Mulai dari kertas krep, kertas kado, kertas minyak, kertas tisu, pita kain, pita satin, pita kertas, hingga bunga artificial sehingga tampilan buket jajanmu lebih menarik.

Kamu juga perlu gunting, selotip, staples, dan double tape.

Layaknya menjual makanan pada umumnya, kamu juga perlu memerhatikan cara pengemasannya. Pastikan buket jajanan yang akan kamu kirimkan ke pelanggan menggunakan kemasan aman sehingga tidak rusak.

Baca Juga: 9 Ide Bisnis untuk Pemula yang Bisa Kamu Coba

4. Tanaman Hias

Foto: SIRCLO Photo Stock

Seperti yang kamu ketahui, tanaman hias sedang banyak digandrungi oleh masyarakat. Hal ini karena berkebun menjadi salah satu kegiatan pengisi waktu luang bahkan hobi baru di tengah pandemi COVID-19.

Kamu pun bisa melihat fenomena ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Apalagi, ada beberapa jenis tanaman hias yang memiliki harga tinggi sehingga kamu pun berpotensi menghasilkan keuntungan besar.

Namun dalam menjalani bisnis ini, ada tantangannya tersendiri. Kamu harus pintar merawat tanaman hias yang akan dijual.

Kamu juga perlu memahami jenis-jenis bibit atau benih tanaman, pupuk, media tanam, dan cara perawatan berbagai tanaman.

Semakin subur dan bagus kondisi tanaman yang kamu jual, pelanggan akan semakin tertarik untuk membelinya sebagai hiasan rumah atau taman mereka. Apakah kamu tertarik terjun ke bisnis tanaman hias? 

5. Peralatan Rumah Tangga

Foto: Pexels.com

Peralatan rumah tangga merupakan suatu hal yang selalu dicari orang. Kamu pun bisa mencoba untuk menjual produk ini sebagai ide bisnis.

Apalagi ketika pandemi COVID-19 seperti saat ini, banyak orang yang menghabiskan waktu mereka untuk di rumah sehingga keinginan berbelanja kebutuhan rumah pun meningkat.

Banyaknya tren peralatan dapur estetik di media sosial Instagram dan TikTok juga menjadi peluang bisnis yang bagus untuk kamu.

Kamu bisa menjual produk-produk rumah tangga dengan model yang estetik dan menarik. Misalnya, peralatan rumah tangga yang berwarna pastel atau tema minimalis. Kedua model ini sedang banyak diminati.

Selain dari segi modelnya yang cantik, kamu juga bisa menjual peralatan rumah praktis dan serbaguna. Jadi, pelanggan bisa menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan rumah.

6. Produk Kecantikan

Foto: Pexels.com

Ide bisnis online selanjutnya adalah produk kecantikan. Karena setiap wanita menginginkan penampilan yang terbaik, produk kecantikan merupakan peluang bisnis yang menguntungkan.

Kamu pun bisa menjual berbagai produk kecantikan, baik skincare atau makeup, dari brand lokal hingga internasional.

Dalam memasarkannya, kamu bisa menggunakan the power of social media. Misalnya, dengan mengunggah berbagai konten menarik seputar tips kecantikan dan rekomendasi produk di Instagram atau TikTok.

Namun, ada hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum menjual produk kecantikan ini. Pastikan semua produk kecantikan yang kamu pasarkan sudah terdaftar dan lolos uji BPOM, ya. 

Jadi, pelanggan bisa menggunakan produk kecantikan yang kamu jual dengan aman.

Baca Juga: 13 Bisnis Sampingan Karyawan yang Tak Menyita Waktu

7. Pakaian

Foto: SIRCLO Photo Stock

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Oleh sebab itu, hal ini bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan untuk kamu.

Bahkan, pakaian masuk dalam daftar produk yang laris dijual secara online. 

Kamu pun bisa menjual aneka ragam pakaian sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Mulai dari pakaian anak-anak hingga dewasa, baik pakaian santai sehari-hari hingga pakaian formal atau untuk acara tertentu.

Namun saat berjualan pakaian online, sebaiknya kamu melek akan tren. Biasanya, tren pakaian sangat cepat berubah. 

Jika kamu ketinggalan model pakaian yang sedang trendy, bisa saja tokomu ditinggalkan oleh pelanggan.

Kamu bisa mulai berjualan online melalui media sosial, memanfaatkan platform e-commerce, atau membuat web jualan online sendiri.

Pembuatan website yang mudah dinavigasikan bisa diserahkan kepada SIRCLO Store. SIRCLO Store yang merupakan solusi pembuatan toko online mampu memberikan pengemasan website yang fleksibel, beragam template gratis, dan terintegrasi dengan marketplace dan WhatsApp Business. Selengkapnya klik banner berikut.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!