Blog

Ini Dia 5 Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnismu!

Kamu mungkin familiar dengan influencer marketing yang dilakukan oleh brands di beberapa platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Tapi apa, sih, yang dimaksud dengan influencer marketing?

Influencer marketing adalah salah satu bentuk social media marketing di mana brands bekerjasama dengan individu atau organisasi yang merupakan influencers untuk mempromosikan sebuah bisnis. Promosi yang dilakukan bisa merupakan endorsement atau product placement pada konten yang dibuat oleh para influencers. Influencer umumnya memiliki pengaruh terhadap followers-nya baik secara sosial maupun opini dalam bidang keahliannya, sehingga dapat menggerakkan komunitasnya untuk mengikuti mereka. Influencers juga terbagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan jumlah followers-nya, seperti nano, mikro, atau makro.

Baca juga: Pendekatan dengan Influencer, Caranya? (Infografik)

Memahami hal ini, influencers tentunya dapat membantu brands untuk meningkatkan brand awareness hingga penjualan melalui kerjasama. SIRCLO dan Mebiso telah merangkum beberapa manfaat dari influencer marketing untuk bisnismu!

Memperkenalkan produk ke target market yang sesuai

Jika kamu baru membentuk brand-mu atau akan meluncurkan produk terbaru, kamu bisa bekerjasama dengan influencers untuk memperkenalkan brand atau produkmu. Namun kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang influencers yang akan kamu ajak untuk bekerjasama. Kira-kira siapa influencer yang sesuai dengan produkmu? Misalnya, jika kamu ingin menawarkan produk lipstik terbaru dari brand kosmetik-mu, maka kamu perlu bekerjasama dengan beauty influencer. Tidak hanya itu, kamu juga perlu melakukan riset terhadap audiens influencer tersebut. Jika kamu ingin memasarkan produkmu kepada anak muda generasi Z, maka kamu perlu memastikan audiens si influencer sama dengan target tersebut.

Dengan menyesuaikan kebutuhan tersebut, kamu akan bisa menarget pasar yang tepat dan influencer marketing yang dilakukan lebih efektif.

Menjangkau pasar yang lebih luas

Banyaknya followers yang dimiliki oleh influencer bisa menjadi pasar yang bisa di-tap in oleh brands, terlebih untuk brands yang baru dirintis dan belum memiliki online presence. Dengan influencer marketing, brands bisa masuk dan menjangkau pelanggan potensial yang ada di antara audiens si influencer. Namun perlu diperhatikan kembali apakah target pasarmu sesuai dengan audiens influencer tersebut.

Menumbuhkan kepercayaan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan

Influencer marketing menjadi salah satu cara bagi brands untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan potensial terhadap produk. Influencer bisa memberikan review dari produk atau jasa yang kamu tawarkan, di mana pelanggan potensial bisa menilai sendiri kualitas produkmu dari review tersebut. Audiens atau followers dari influencer juga cenderung mengikuti dan ingin memiliki barang yang digunakan oleh role model-nya, sehingga mereka jadi lebih terdorong untuk menggunakan produk atau jasamu.

Meningkatkan penjualan

Dari influencer marketing, hasil yang ingin didapatkan oleh brands tentunya adalah meningkatkan penjualan. Jika brands sukses memperkenalkan produk, menyasar target pasar, dan  menumbuhkan kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan melalui influencer marketing, maka peluang untuk meningkatkan penjualan juga tinggi.

Memberikan peluang balik modal

Menjalankan influencer marketing tentunya tidaklah gratis dan memerlukan budget. Sesuai dengan budgetmu, kamu bisa memilih untuk bekerjasama dengan influencer nano, mikro, ataupun makro. Influencer marketing menjadi sebuah investasi tersendiri bagi brands dan berpeluang untuk balik modal dari budget yang sebelumnya telah dihabiskan. Influencer marketing yang berhasil akan memberikan keuntungan bagi brands, juga meningkatkan performa bisnis.

Itu dia beberapa manfaat dari influencer marketing. Sekarang waktunya kamu untuk merencanakan strategi influencer marketing-mu!

___

Sumber: Mebiso.com

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!