Blog

Ini Dia 5 Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Bisa Kamu Jalankan

Ramadhan memang merupakan momen yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membuka usaha. Namun sebenarnya ada banyak juga peluang usaha setelah lebaran yang bisa kamu coba. Prospek bisnisnya juga tak kalah menarik karena pada momen ini, orang-orang mulai kembali ke aktivitas mereka biasanya.

Kamu bisa memulai bisnis dengan menggunakan uang THR yang sudah diterima atau bisa juga mencari ide bisnis lebaran tanpa modal. Apabila kamu tertarik untuk mencoba membuka usaha sendiri pasca lebaran 2021, berikut beberapa rekomendasi bisnis yang patut kamu coba.

Catering Makanan Sehat atau Diet

Saat Lebaran, biasanya pola makan jadi kurang terjaga. Usai puasa nafsu makan biasanya akan meningkat, ditambah lagi dengan banyaknya kegiatan silaturahmi. Apalagi, makanan khas lebaran banyak mengandung kolesterol dan gula yang tinggi seperti gulai, opor, rendang, serta minuman-minuman manis.

Setelah lebaran, biasanya banyak orang yang ingin kembali ke pola makan yang lebih sehat dan menurunkan berat badan. Inilah mengapa menjalankan usaha catering makanan sehat atau makanan untuk diet menjadi salah satu peluang usaha setelah lebaran yang bisa kamu coba. 

Apabila kamu ingin mencoba bisnis ini, kamu bisa mulai dari makanan-makanan sederhana atau rumahan, kemudian cari supplier yang berkualitas dan menawarkan harga terjangkau. Pastikan juga kualitas dan rasa tetap konsisten agar kepuasan customer tetap terjaga.

Baca juga: 6 Tips Promosi Bisnis Jelang Lebaran 2021

Bisnis Mainan & Barang Hobi

Biasanya saat Idul Fitri anak-anak akan mendapatkan banyak uang dari sanak saudara. Usai lebaran, mereka kebanyakan ingin membelanjakannya untuk mainan. Bukan anak-anak saja, ada juga yang menggunakan uang THR yang masih tersisa untuk membeli barang-barang hobi atau koleksi.

Ini merupakan salah satu bisnis lebaran tanpa modal yang bisa kamu jalankan. Kamu bisa mulai sebagai dropshipper atau reseller sehingga tidak perlu memproduksi atau mengelola produk sendiri.

Barang Elektronik dan Aksesorisnya

Menurut laporan Google berdasarkan Ramadhan tahun lalu, banyak orang menunda membeli barang-barang dengan harga yang cukup tinggi hingga setelah Ramadhan untuk memastikan kebutuhan dasar mereka sudah terpenuhi terlebih dahulu. Jadi setelah Lebaran lewat, barulah konsumen menggunakan uang lebihnya untuk berbelanja gadget.

Jika ingin memulai dengan modal yang sedikit, kamu bisa menjalankan peluang usaha setelah lebaran ini dengan menjual aksesoris barang elektronik seperti power bank, casing, kabel charger, dan lain-lain. Apabila memiliki modal lebih, kamu bisa menjual barang elektronik seperti smartphone, laptop, peralatan gaming, dan lain-lain. Bisnis ini merupakan peluang yang cukup bagus mengingat kebanyakan orang mengandalkan gadget mereka untuk mencari hiburan di rumah.

Bisnis Laundry

Lebaran merupakan masa yang sibuk. Beberapa orang sibuk mempersiapkan acara spesial dengan keluarga. Walaupun dibatasi, tak sedikit juga yang memutuskan untuk tetap mudik agar bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan sanak saudara dan kerabat. 

Akhirnya orang-orang pun tidak sempat untuk mencuci baju. Apalagi, biasanya asisten rumah tangga pulang kampung saat lebaran. Alhasil cucian akan menumpuk. Banyak orang akhirnya memilih untuk menggunakan jasa laundry untuk meringankan pekerjaan rumah mereka. 

Baca juga: 6 Ide Bisnis Minim Modal untuk Lebaran 2021

Walaupun saat ini bisnis laundry sudah banyak, kamu tetap bisa menjalankannya dengan mencari lokasi-lokasi yang di sekitarnya belum ada usaha laundry. Cara lainnya adalah dengan mulai dari orang-orang terdekat. Tetapkan harga yang bersaing untuk menarik customer baru. 

Hewan Kurban

Sebagai pebisnis, kamu harus bisa mengantisipasi peluang-peluang yang ada ke depannya. Setelah Idul Fitri lewat, momen selanjutnya yang bisa menjadi peluang usaha setelah lebaran adalah Idul Adha. Pada momen ini, hewan kurban akan sangat banyak dicari. Walaupun hanya musiman, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini. 

Mesikpun masih beberapa bulan ke depan, kamu bisa menyiapkannya dari sekarang agar saat momen Idul Adha tiba bisnis bisa berjalan lancar. Selain itu, melakukan persiapan sejak dini akan memudahkanmu untuk mendapatkan hewan kurban dengan harga yang masih rendah. Semakin dekat dengan Idul Adha, harga hewan kurban tentu akan terus naik.

Apabila kamu ingin mencoba usaha yang satu ini, pastikan kamu memilih hewan kurban yang berkualitas dan sesuai dengan aturan kurban agar kamu tidak rugi. Cari tengkulak yang memang terpercaya dan berkualitas. Kemudian tentukan juga lokasi yang strategis untuk menjual kurban.

Itulah beberapa bisnis yang bisa kamu jalankan pasca lebaran 2021. Sebagai seorang pebisnis, kamu harus memiliki kemampuan untuk peka terhadap peluang-peluang yang ada di sekitarmu. Tentukan target pasar dengan jelas agar usaha lebih terarah. Sebelum memulai, pastikan juga kamu punya modal yang cukup agar bisnis tidak terhambat di tengah jalan dan keuntungan yang didapat bisa diputar untuk mengembangkan bisnis.

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!