Blog

Inspirasi Bisnis Kuliner Ramadan

Bulan Suci Ramadan menjadi momentum untuk lebih banyak beribadah dan mendekatkan diri dengan Tuhan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Ramadan tahun 2021 ini untuk mencari rezeki melalui bisnis kuliner! Banyakanya kebiasaan dan keperluan yang berbeda dengan bulan-bulan biasanya membuat Ramadan dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk berjualan berbagai macam jenis kuliner.

Jika Anda masih kebingungan ingin berbisnis apa, mari simak hasil rangkuman dari SIRCLO dan Mebiso tentang berbagai peluang bisnis kuliner khusus di bulan suci yang bisa Anda coba di bawah ini.

Bisnis buah kurma

Buah kurma selalu dicari ketika Ramadan tiba karena adanya sunah mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW . Hal ini menjadikan bisnis buah kurma berpotensi laris manis,

Anda bisa mencoba berjualan buah kurma menggunakan sistem reseller secara online dengan mengirimkan buah kurma kepada pembeli melalui kurir. Cara ini dapat dikatakan mudah dilakukan. Jangan lupa untuk memastikan kualitas kurma yang disediakan oleh pemasok ya!

Katering makanan sahur

Asupan gizi yang menjadi bekal berpuasa selama Ramadan didapatkan dari makanan saat kita melaksanakan sahur. Biasanya, makanan sahur dipersiapkan dengan cara dimasak terlebih dahulu untuk menjaga kesegarannya.

Lain halnya dengan anak kos. Keharusan bangun saat pagi buta untuk membeli makanan sahur membuat anak kosan lebih repot dari biasanya. Maka itu, adanya katering makanan sahur bisa menjadi solusi permasalahan ini, membuatnya menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam bisnis ini adalah membuat makanan yang menarik dan sehat, misalnya menu makanan ala masakan rumah yang dapat mengobati kerinduan dengan kampung halaman. Di samping itu, Anda juga harus mempertimbangkan soal menyediakan dan pengiriman makanan sahur karena hal ini bukan perkara mudah, Pastikan ketersediaan sumber daya manusia untuk mengirimkan makanan, serta pastikan waktu ideal untuk mengirimkan makanan sahur tersebut.

Baca juga: Ide Bisnis Kreatif Selama Bulan Ramadan 2021

Ragam makanan dan minuman untuk takjil

Waktu buka puasa sangat ditunggu oleh masyarakat. Setelah melaksanakan puasa satu hari penuh, banyak orang akan mencari takjil sebagai makanan pengantar buka puasa. Berbagai makanan dan minuman tradisional menjadi primadona takjil yang diburu misalnya aneka gorengan dan kue basah, selain itu Anda juga bisa membuat aneka kolak, bubur sumsum, atau candil (biji salak). Sebagai pelepas dahaga, Anda bisa menjual beragam olahan es seperti es kelapa, es campur, es teler, es pisang ijo, dan banyak jenis lagi yang bisa dijual.

Selain makanan dan minuman tradisional, olahan makanan kekinian juga dimintai oleh banyak orang, Anda bisa menyiapkan minuman boba, pizza mini, churros, atau aneka dessert lain sebagai takjil.

Aneka kue kering

Menjelang hari-hari terakhir Ramadan, banyak orang yang mengambil ancang-ancang untuk mempersiapkan hari Lebaran, termasuk menyetok kue kering. Kue kering memiliki ketahanan cukup lama sehingga bisa dijual dengan jangka waktu lebih panjang. Selain itu, kue kering lumayan mudah dibuat dengan bantuan resep yang tidak sulit ditemukan.

Anda bisa menggunakan kekuatan media sosial untuk mempromosikan kue kering Anda. Promosikan kue kering Anda secara mulut ke mulut melalui orang terdekat dan ajak mereka mempromosikannya kepada orang yang mereka kenal!

Baca juga: Tren Jelang Idul Fitri untuk Strategi Marketingmu

Parsel dan hampers untuk lebaran

Salah satu budaya Ramadan adalah berkirim bingkisan. Maka itu, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka bisnis parsel atau hampers. Anda dapat mengemas makanan seperti kue kering, sirup, dan snack-snack lezat. Selain itu Anda bisa membuat hampers berisikan sanitary kit misalnya masker, hand sanitizer, dan desinfektan.

Agar menarik minat, Anda dapat mempersiapkan bingkisan tersebut dengan cantik dan mempromosikannya melalui media sosial secara online.

Seperti berbisnis kuliner sehari-hari, menjalani usaha kuliner selama Ramadan memerlukan ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Tidak mudah menjalani bisnis ini karena pasti ada tantangannya. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan diri Anda agar segala rencana bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

_____

Sumber: Mebiso
___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!