Blog

Jangkau Lebih Banyak Pelanggan dengan Hadirkan Produk di Berbagai Marketplace

Marketplace kini sudah menjadi channel andalan untuk menjalankan usaha dan menjual produk bagi banyak pebisnis. Apalagi jumlah pengguna marketplace terus meningkat setiap tahunnya. 

Selain itu, saat ini juga sudah banyak beragam marketplace yang bisa dipilih oleh pebisnis sesuai dengan target pasarnya. Tiap marketplace biasanya memiliki kategori penggunanya sendiri. 

Salah satu strategi yang dapat dilakukan pebisnis untuk mengoptimalkan penjualannya adalah dengan hadir di beberapa marketplace. Hal ini dapat membantu pelaku bisnis menjangkau lebih banyak pelanggan. Berikut beberapa keuntungan berjualan di banyak marketplace:

Meningkatkan Peluang Secara Efisien

Dengan hadir di banyak marketplace, kamu bisa menyasar beberapa target pasar sekaligus karena tiap marketplace memiliki audiensnya masing-masing. Memiliki jangkauan yang luas akan meningkatkan peluang penjualanmu.

Terlebih lagi, marketplace tidak terbatas pada jarak layaknya toko fisik sehingga pebisnis bisa benar-benar memperluas targetnya sampai ke luar kota, pulau, atau bahkan negara. Hal ini pun menghemat biaya operasional karena pebisnis tidak perlu membangun toko.

Baca juga : Manfaatkan 6 Fitur Ini agar Pengalaman Belanja Pelanggan Lebih Nyaman

Mengembangkan Awareness

Hadir di banyak marketplace juga dapat membantumu mengembangkan awareness terhadap bisnismu. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di tiap marketplace untuk meningkatkan awareness. Misalnya kamu dapat mengunggah konten-konten informatif atau menghibur yang masih berkaitan dengan produk atau bisnismu di feed.

Selain itu, saat ini juga sudah banyak marketplace yang menyediakan fitur live streaming. Kamu bisa melakukan live untuk membangun hubungan secara interaktif dengan pelanggan sekaligus mempromosikan produk-produkmu. Saat live, kamu juga bisa menawarkan promo-promo menarik, menanyakan komentar penonton, atau interaksi lainnya agar penonton merasa nyaman. 

Memberikan Opsi untuk Pelanggan

Dengan berjualan di marketplace, pelangganmu jadi memiliki banyak opsi untuk membeli produkmu. Semakin banyak kamu hadir di banyak channel, semakin mudah juga bagi pelanggan untuk mengakses bisnismu. Adanya opsi ini akan membuat pengalaman berbelanja mereka lebih nyaman sehingga mereka pun merasa puas. Namun, pastikan agar tiap pengalaman yang didapat konsumen di tiap marketplace konsisten. 

Bisa Melakukan Beragam Jenis Promosi

Di marketplace, kamu juga dapat melakukan beragam jenis promosi mulai dari campaign, menawarkan promo potongan harga dan gratis ongkir, atau beriklan. Biasanya marketplace sudah memiliki jadwal campaign yang dapat kamu ikuti. Selain itu, fitur iklan yang tersedia di marketplace juga beragam sehingga kamu bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan bisnismu.

Baca juga: Mengapa Marketplace Menjadi Channel Pilihan untuk Berjualan Online?

Meyakinkan Calon Pembeli

Terakhir, toko yang dikelola dengan baik dapat membantumu untuk meyakinkan calon pembeli. Toko yang baik menandakan bahwa kamu serius dan profesional. Maka itu, kamu harus bisa mengelola toko agar bisa memberikan pelayanan yang berkualitas. 

Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan responsif terhadap chat yang masuk. Kamu juga bisa menampilkan rating dan review positif dari pelanggan agar calon pembeli semakin yakin untuk bertransaksi. 

Selain itu, yang juga penting adalah memastikan setiap lapak di marketplace tersinkronisasi agar seluruh data yang dilihat oleh calon pembeli merupakan data terbaru. Untuk melakukan ini, kamu bisa memanfaatkan layanan channel management SIRCLO Commerce. 

Tidak hanya bisa mensinkronisasikan data produk dan penjualan saja, lewat solusi ini kamu juga bisa mengelola gudang, proses transaksi, hingga laporan penjualan. Alhasil, kamu bisa meningkatkan kehadiran online bisnismu sekaligus menjaga kepuasan pelanggan. 

Kamu bisa mengoptimalkan penjualanmu di marketplace dengan SIRCLO Commerce. Lewat solusi channel management ini, kamu bisa mengelola dan memantau seluruh lapak marketplace kamu dengan mudah dan efisien. 

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!