Blog

Jenis Promo Hari Raya yang Cocok Bagi Brands yang Berjualan di Marketplace

Momen menjelang hari raya biasanya merupakan momen-momen tersibuk bagi banyak bisnis dan brand termasuk juga bagi pelaku bisnis yang berjualan di marketplace. Apalagi biasanya marketplace menjalankan program-program spesial menjelang hari raya tertentu sehingga jumlah pengguna yang berpartisipasi dan melakukan transaksi juga meningkat.

Untuk memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan, brand biasanya menawarkan berbagai macam promo yang menarik bagi calon pembeli dan pelanggan. Namun marketplace diramaikan oleh begitu banyak toko online sehingga potongan harga saja belum tentu cukup untuk bisa menarik customer dan mengoptimalkan penjualan.

Baca juga: Manfaatkan Momentum & Hari Raya di 2021 Ini untuk Berjualan Online!

Ada berbagai jenis promo yang bisa dicoba oleh brand di marketplace untuk menarik pelanggan di momen hari raya. Berikut beberapa promo yang bisa kamu coba untuk brand-mu.

Potongan Harga

Potongan harga menjadi salah satu cara promosi paling umum untuk menarik pelanggan. Namun ingat, saat hari raya tentu kamu bukan satu-satunya bisnis online yang menawarkan promo. Kamu akan bersaing dengan bisnis-bisnis lain. Ini bukan berarti kamu harus memberikan diskon sebesar-besarnya dan menawarkan harga serendah-rendahnya.

Kamu bisa menggunakan taktik lain, seperti menawarkan potongan harga ke dalam beberapa tingkat. Misalnya untuk pembelian minimal Rp 50.000, akan ada diskon 10%, sementara untuk pembelian minimal Rp 100.000, diskonnya 15%. Selain cara tersebut, kamu juga bisa memberikan potongan harga berdasarkan tanggal-tanggal khusus misalnya diskon 12% saat Harbolnas 12.12, atau 45% saat Hari Kemerdekaan. 

Flash Sale

Flash sale biasanya diadakan oleh marketplace saat pembuka dan penutup Harbolnas. Kamu bisa mengikuti strategi ini dan mengadakan flash sale untuk produk-produk tertentu. Beritakan informasi tentang flash saleya yang akan diadakan setidaknya 1 minggu sebelumnya. 

Tunjukkan teaser produk-produk yang akan kamu jual saat flash sale sehingga orang tertarik untuk mengikutinya. Biasanya flash sale diadakan dalam waktu yang singkat, misalnya 1 jam sehingga tingkat urgency calon pembeli semakin tinggi.

Gratis Ongkir

Promo lain yang juga sering digunakan oleh brand di marketplace adalah gratis ongkir. Promo ini bisa kamu gunakan kapan saja baik saat campaign tertentu maupun saat hari raya. Kamu bisa memberikan syarat promo gratis ongkir seperti dengan menentukan jumlah minimum pembelian.

Kamu bisa juga memberikan promo gratis ongkir untuk pembelian produk tertentu saja, misalnya saat kamu mengeluarkan produk khusus untuk hari raya tertentu sehingga customer terdorong untuk membeli.

Paket Bundling

Khususnya untuk hari raya yang bertemakan kekeluargaan seperti Natal atau Idul Fitri, kamu bisa menawarkan paket bundling. Misalnya jika kamu menjual produk fashion, kamu bisa menjual baju lebaran untuk sekeluarga. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah transaksi per customer bisnismu.

Produk Spesial

Selain memberikan promo atau paket, kamu bisa juga meluncurkan produk khusus hari raya. Misalnya menjelang Natal dan akhir tahun, kamu bisa meluncurkan produk khusus untuk diberikan ke orang lain sebagai hadiah baik dalam bentuk hampers atau lainnya. Contoh lainnya adalah menawarkan produk dengan warna dominan merah menjelang Imlek.

Diskon Berdasarkan Nama

Jenis promo ini biasanya diadakan menjelang 17 Agustus, terutama oleh bisnis makanan & minuman. Kamu bisa menawarkan promo berdasarkan nama-nama pahlawan. Sebarkan info promo di media sosial dan ajak pengikut akun bisnismu untuk men-tag teman mereka sehingga semakin banyak orang yang mengetahui diskon yang akan kamu adakan.

Voucher Belanja

Untuk meningkatkan jumlah transaksi customer, kamu bisa menawarkan voucher belanja untuk pembelian selanjutnya. Strategi ini bisa kamu gunakan menjelang Harbolnas. Jadi sebelum Harbolnas dimulai, kamu bisa terlebih dahulu membagikan voucher belanja yang dapat dipakai saat Harbolnas kepada customer yang berbelanja dengan jumlah tertentu. Alhasil saat Harbolnas mereka pun terdorong untuk kembali melakukan pembelian.

Baca juga: Tingkatkan Engagement Saat Hari Raya dengan 10 Ide Content Marketing Berikut

Buy 1 Get 1

Strategi buy 1 get 1 bisa kamu terapkan untuk momen Valentine. Jadi kamu bisa meningkatkan minat terhadap produkmu, terutama apabila kamu mengeluarkan paket produk untuk couple. Sebagai tambahan, kamu bisa menawarkan packaging khusus Valentine sehingga produk terlihat lebih spesial.

Promo Cuci Gudang

Untuk momen akhir tahun, biasanya banyak bisnis menawarkan promo cuci gudang dengan potongan harga besar-besaran. Berikan diskon untuk produk-produkmu yang lama. Selain mendorong tingkat penjualan, ini juga mempermudah kamu untuk mengelola stok. Agar minat pembeli lebih tinggi, kamu bisa menggabungkan produk lama dengan produk barumu dalam satu paket.

Sebelum mengadakan promo, jangan lupa melakukan perencanaan pemasaran dan anggaran dengan tepat. Jangan sampai tingkat penjualan tinggi tetapi kamu tidak bisa mendapatkan keuntungan yang optimal atau sudah mengadakan promo tetapi informasinya tidak sampai ke target customer. Persiapkan juga layanan pelanggan terbaikmu untuk menghindari menurunnya reputasi brand.

Bagi brand retail, momentum dan hari raya juga menjadi salah satu peluang untuk menawarkan berbagai promo produk atau memulai campaign di berbagai channel penjualan. SIRCLO Commerce dapat membantu operasional brands yang ingin masuk ke online marketplace melalui layanan end-to-end management yang ditawarkan. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut! 

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!