Blog

jenis segmentasi pasar

Jenis Segmentasi Pasar dan Manfaatnya bagi Bisnis

Segmentasi pasar adalah strategi perusahaan dalam mengelompokkan jenis pelanggan ke dalam beberapa kategori. Jenis segmentasi pasar biasanya dibedakan berdasarkan kebutuhan, karakteristik, maupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu.

Segmentasi pasar dapat menciptakan target pasar berdasarkan demografi, kebutuhan, prioritas, minat bersama, dan kriteria psikografik atau perilaku lainnya yang digunakan untuk lebih memahami audiens target.

Dengan memahami segmentasi pasar, kamu sebagai pengusaha dapat menggunakannya dalam strategi produk, penjualan, dan pemasaran.

Baca Juga: Pahami Apa Itu Soft Selling agar Jualanmu Lebih Persuasif

Jenis Segmentasi Pasar

apa itu soft selling

Foto: SIRCLO Photo Stock

Agar kamu lebih memahaminya, yuk cari tahu beberapa jenis segmentasi pasar yang berguna dalam perencanaan sebuah bisnis!

1. Segmentasi Pasar Berdasarkan Perilaku

Jenis segmentasi pasar yang pertama adalah berdasarkan perilaku. Segmentasi perilaku membagi pasar berdasarkan perilaku dan pola pengambilan keputusan seperti pembelian, konsumsi, gaya hidup, dan penggunaan.

Misalnya, pembeli yang lebih muda mungkin cenderung membeli sabun mandi dalam kemasan, sementara kelompok konsumen yang lebih tua mungkin condong ke sabun batangan.

Dikutip dari laman Qualtrics, segmentasi pasar berdasarkan perilaku pembelian memungkinkan pemasar untuk mengembangkan pendekatan pasar yang lebih bertarget.

2. Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografis

Selanjutnya, ada jenis segmentasi pasar berdasarkan demografis. Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang paling populer dan umum digunakan.

Jenis segmentasi pasar ini mengacu pada data statistik tentang sekelompok orang. Dalam hal ini, kamu mengelompokkan pelanggan berdasarkan usia, jenis kelamin, penghasilan, lokasi, situasi keluarga, pendapatan tahunan, pendidikan, hingga etnis.

Misalnya, dapat digunakan untuk menargetkan pelanggan potensial berdasarkan pendapatan mereka, sehingga anggaran pemasaran bisnis kamu tidak terbuang percuma untuk mengarahkan pesan kepada orang-orang yang kemungkinan tidak mampu membeli produkmu.

Baca Juga: 6M dalam Wirausaha untuk Membangun Sistem Manajemen

3. Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografis

Jenis segmentasi pasar berikutnya adalah berdasarkan psikografis. Segmentasi psikografis mempertimbangkan aspek psikologis perilaku pelanggan dengan membagi pasar menurut gaya hidup, ciri kepribadian, nilai, pendapat, dan minat pelanggan.

Dengan istilah lain, segmentasi ini serius dalam dimensi psikologis, misalnya hobi dan ketertarikan pelanggan.

Faktor segmentasi psikografis sedikit lebih sulit diidentifikasi daripada demografi karena bersifat subjektif. Mereka tidak berfokus pada data dan membutuhkan penelitian untuk memahaminya.

Contoh segmentasi psikografis ialah pusat kebugaran yang mengurutkan pelanggan mereka ke dalam kategori orang yang peduli dengan hidup sehat dan olahraga.

4. Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografis

Jenis segmentasi pasar lainnya adalah yang dikelompokkan berdasarkan geografisnya. Strategi ini membagi pelanggan menurut unit geografis yang berbeda, misalnya negara, provinsi, kabupaten/kota, dan sebagainya.

Ini merupakan salah satu strategi yang paling mudah untuk diidentifikasi, karena mengelompokkan pelanggan berdasarkan lokasi fisik mereka.

Lokasi pelanggan dapat membantu kamu lebih memahami kebutuhan mereka dan memungkinkan untuk mengirimkan iklan khusus berdasarkan lokasi.

Selain mengidentifikasi pengguna berdasarkan lokasi, kamu juga dapat mengidentifikasi konsumen berdasarkan karakteristik wilayah tempat mereka tinggal, seperti iklim, kepadatan penduduk, dan apakah itu perkotaan, pinggiran kota, atau pedesaan.

Contoh segmentasi geografis mungkin bisa dilihat dari sebuah perusahaan mobil mewah yang memilih untuk menargetkan pelanggan yang tinggal di iklim hangat, di mana kendaraan tidak perlu dilengkapi fitur untuk cuaca bersalju.

Strategi pemasaran mungkin akan memfokuskan upaya pemasaran mereka di sekitar pusat kota dan perkotaan, tempat pelanggan target mereka kemungkinan besar akan bekerja.

Baca Juga: Ini 7 Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan, Minim Pesaing!

5. Segmentasi Pasar Berdasarkan Sosial-Budaya

Ada lagi jenis segmentasi pasar berdasarkan sosial budaya. Sesuai dengan namanya, segmentasi pasar yang satu ini lebih memperhatikan variabel pola sosial dan budaya para pelanggan.

Biasanya, strategi ini membagi pelanggan berdasarkan suku, status sosial, serta norma masyarakat.

6. Segmentasi Pasar Berdasarkan Waktu Tertentu

Terdapat juga jenis segmentasi pasar berdasarkan waktu khusus, di mana kamu dapat mengelompokkan target pasar menurut momen tertentu.

Misalnya, kamu menjual buket bunga dalam acara wisuda sebuah universitas. Dengan memperhatikan waktu/momen, taget pelanggan kamu menjadi lebih spesifik dan peluang mendapatkan keuntungan pun lebih besar.

Baca Juga: Etika Bisnis: Pengertian dan Perannya dalam Berwirausaha

Manfaat Segmentasi Pasar

apa itu campaign

Foto: SIRCLO Photo Stock

Segmentasi pasar memungkinkan kamu untuk lebih mengenal pelanggan, mengidentifikasi apa yang dibutuhkan di segmen pasar, dan menentukan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut melalui produk atau layanan bisnismu.

Lantas, apa ya yang menjadi manfaat digunakannya segmentasi pasar dalam sebuah bisnis? Berikut di antaranya:

1. Membuat Pesan Pemasaran yang Lebih Bertarget

Dengan mengetahui segmentasi pasar yang sesuai dengan bisnis, kamu pun bisa membuat pesan sebagai strategi pemasaran yang lebih kuat bagi pelanggan.

Kamu dapat menggunakan pesan langsung yang berbicara tentang kebutuhan, keinginan, dan karakteristik sesuai dengan audiens yang menjadi target pasarmu. Jadi, kamu terhindar dari bahasa umum atau isi pesan yang tidak jelas.

Kamu pun bisa mengidentifikasi taktik yang lebih efektif untuk menjangkau mereka dan meningkatkan interaksi serta pengalaman mereka dengan bisnis kamu.

2. Mengetahui Strategi Pemasaran yang Efektif

Manfaat segmentasi pasar yang selajutnya adalah kamu bisa mencari tahu strategi pemasaran apa yang paling efektif bagi bisnis.

Hal ini karena menggunakan berbagai jenis segmentasi pasar memandu kamu dalam menentukan strategi pemasaran apa yang paling berhasil.

Ketika kamu mengetahui audiens yang ditargetkan, kamu pun dapat lebih mudah dalam menentukan solusi dan metode terbaik untuk menjangkau mereka.

Baca Juga: Gimmick Marketing adalah Teknik Pemasaran Berpotensi Viral

3. Merancang Iklan Sesuai Target Pasar

Saat kamu menggunakan segmentasi pasar untuk menentukan audiens, kamu akan mengetahui karakteristik terperinci dari mereka sehingga dapat menggunakannya untuk membuat kampanye iklan bertarget yang lebih efektif.

Misalnya, membuat iklan yang sesuai dengan usia, lokasi, kebiasaan membeli, minat, dan lainnya.

Dengan begitu, pesan pemasaran yang kamu buat melalui iklan dapat diterima dengan baik oleh pelanggan.

4. Meningkatkan Peluang Keuntungan Bisnis

Dengan segmentasi pasar yang sesuai dengan bisnis, tentu saja bisa meningkatkan peluang keuntungan bagi bisnismu.

Pasalnya, ketika pesan pemasaran bisnismu jelas, langsung, dan ditargetkan, hal ini bisa menarik orang yang tepat.

Kamu pun memiliki prospek yang ideal dan lebih cenderung mengubah calon pelanggan menjadi pembeli.

Baca Juga: Pahami Strategi Mobile Marketing Biar Iklanmu Anti-skip

5. Membedakan Merekmu dari Pesaing

Segmentasi pasar yang jelas juga dapat membedakan merek bisnismu dari kompetitor. Dalam hal ini, kamu dapat membedakan merek bisnismu dengan berfokus pada kebutuhan dan karakteristik pelanggan tertentu.

Jadi, kamu terlihat lebih menonjol dibanding pesaing. Pelanggan pun akan lebih mudah mengenali bisnismu karena ciri khas tersebut.

6. Membuat Bisnis Tetap Fokus

Adanya segmentasi pasar memungkinkan kamu untuk tetap fokus dalam menjalankan bisnis. Pasalnya, penargetan dalam pemasaran membuat pesan dan tujuan pemasaran bisnis kamu tetap pada jalurnya.

Cara ini akan membantu kamu dalam mengidentifikasi peluang pemasaran baru dan menghindari gangguan yang akan membawa bisnis kamu menjauh dari target pasarmu.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk untuk Meningkatkan Penjualan

Itulah penjelasan menganai jenis segmentasi pasar dan manfaatnya bagi sebuah bisnis. Semoga informasinya bermanfaat bagi kamu yang sedang merintis usaha, ya!

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!