Blog

Jualan Ebook Jadi Ide Bisnis Online Kekinian, Ini Dia Tipsnya!

Di masa yang serba digital ini, ebook menjadi salah satu pilihan para pecinta buku dan penggemar membaca. Selain praktis, ebook kini juga hadir dalam berbagai format yang fleksibel untuk diakses di gadget manapun. Gadget khusus untuk membaca ebook seperti Kindle juga menjadi favorit karena ramping dan mudah dibawa ke mana saja. Buku terbitan lama maupun baru kini memiliki versi ebook atau digital yang bisa dinikmati oleh pembaca. Tentunya, hal ini bisa menjadi ide bisnis baru untuk kamu!

SIRCLO bersama Mebiso.com akan memberikan tips untuk kamu yang ingin memulai bisnis online dengan berjualan ebook!

Baca juga: (Infografik) Tips untuk Mulai Mempromosikan Produk Lewat Instagram Shop

Ikuti tren di pasar

Ada begitu banyak buku yang dirilis, dan tren di pasaran pun terus berubah. Kamu perlu tetap update dengan tren seputar buku terbaru dari setiap kategori buku atau penulis terkenal. Selain itu, pilihan buku atau seri best seller seperti Harry Potter juga bisa kamu sediakan, karena jenis buku ini akan tetap laku dan banyak dicari dari waktu ke waktu. Buku dari figur terkenal seperti influencer atau sosok inspiratif pun seringkali dicari bahkan sebelum rilis, jadi kamu bisa tetap up to date dan membawakan berbagai pilihan ebook kepada pelangganmu!

Berjualan di berbagai platform

Seperti produk lainnya, berjualan ebook tidak hanya perlu di satu lapak saja. Ada berbagai macam platform jualan online yang bisa kamu manfaatkan, seperti media sosial, website toko online, lapak marketplace, hingga aplikasi messenger seperti WhatsApp. Semakin banyak platform yang kamu gunakan untuk berjualan, semakin mudah pula bagi pelanggan untuk menemukan produkmu. Setiap platform juga dilengkapi dengan pilihan pembayaran yang bisa dipilih sesuai kenyamanan berbelanja pelanggan.

Kumpulkan testimoni dari pelanggan

Jika kamu baru memasuki lapangan berjualan online, artinya kamu perlu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Untuk itu, kamu perlu mengumpulkan testimoni yang baik dari pelanggan yang telah berbelanja di lapakmu sebelumnya. Testimoni yang real dan baik akan membuat calon pelanggan terdorong untuk berbelanja di lapakmu. Tentunya kamu juga perlu memberikan pelayanan terbaik dan menjawab pertanyaan seputar produkmu dengan jelas. 

Baca juga: Begini Cara Kerja Algoritma Instagram 2021 yang Perlu Kamu Ketahui

Jual produk komplementer

Pelanggan yang membeli ebook dari lapakmu kemungkinan besar merupakan pecinta buku. Kamu bisa melakukan riset tentang minat dari target pasarmu, apa saja yang disukai dan dibutuhkan oleh pasar? Dalam hal ini, kamu bisa menjual produk yang melengkapi penjualan ebook-mu, misalnya gadget untuk membaca ebook seperti Kindle. Tidak jarang juga pelanggan ingin membeli buku fisik dari ebook favorit mereka, sehingga kamu bisa mulai dengan menyediakan beberapa stok buku fisik dari ebook best seller yang kamu jual!

Itu dia beberapa tips untuk mulai berjualan ebook! Di 2021 ini, kamu juga bisa mencoba berbagai ide bisnis lainnya dan mengembangkan bisnis online-mu.

___

Sumber: Mebiso.com

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!