Blog

jualan online tanpa modal

10 Ide Jualan Online Tanpa Modal, Dijamin Cuan

Jualan online tanpa modal bukanlah hal mustahil, asalkan kamu punya kemampuan dan pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk memulainya.

Perkembangan teknologi informasi dan dunia digital juga memungkinkan kamu untuk meraup untung tanpa modal sama sekali.

Memang, berjualan secara online itu sendiri bukannya tanpa modal. Meski kamu bisa memiliki lapak online di marketplace tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun, tetap saja ada aset yang perlu kamu miliki terlebih dahulu.

Dalam hal ini, kamu setidaknya sudah memiliki perangkat seperti laptop, ponsel pintar, dan akses internet. Selebihnya, kamu memanfaatkan keterampilan yang kamu punya agar bisa menyulapnya menjadi cuan.

Sekalipun kamu merasa tidak punya keterampilan khusus, ada banyak kelas online gratis dan berbagai jenis platform informasi lainnya yang akan membantumu mengembangkannya.

Jualan Online Tanpa Modal

jualan online tanpa modal
Foto: Unsplash.com

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis, tetapi masih takut mencoba karena belum punya modal, berikut ada 10 ide jualan online tanpa modal. Mulai dari bisnis dropship, hingga jualan barang bekas. Coba cek, siapa tahu ada yang bisa jadi inspirasi bisnismu!

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Strategi Bisnis Omnichannel

1. Bisnis Dropship

Jualan online tanpa modal bisa dimulai dengan melakukan bisnis dropship. Tujuan utama dari model ini yaitu kamu tidak perlu punya stok barang untuk berjualan.

Jika transaksi terjadi antara tokomu dan pembeli, kamu hanya perlu melanjutkan pesanan ke penyedia jasa dropship.

2. Jual Tulisanmu

Kamu tidak perlu modal uang untuk menjual tulisanmu. Kamu hanya butuh mengasah kemampuan menulismu.

Tawarkan jasa menulismu di situs-situs freelance. Bisa juga kamu membuat blog yang kemudian dapat dimonetisasi.

Tidak hanya membuat artikel, tetapi juga kamu dapat membuat e-book. Pilih tema e-book semenarik mungkin dan pastikan berisi informasi yang dibutuhkan orang. Jangan lupa untuk promosikan e-bookmu juga.

3. Jualan Buku Bekas

Kalau kamu hobi membaca buku, tetapi koleksi bukumu sudah terlampau banyak dan kamu sudah tidak membacanya lagi.

Bagaimana kalau kamu menjualnya saja secara online? Bisa melalui marketplace atau pampang saja buku bekasmu di media sosial. Masih banyak orang di luar sana yang ingin membeli bukumu dengan harga miring.

4. Jualan Barang Bekas

Berjualan barang bekas tidak hanya berlaku bagi buku saja. Kalau kamu punya barang lain yang tak terpakai tetapi masih dalan kondisi baik dan bisa digunakan, mengapa tidak menjualnya saja?

Apalagi kalau kamu punya benda-benda koleksi antik yang bernilai tinggi. Kolektor barang antik akan dengan senang hati membeli barangmu.

Untuk yang satu ini, kamu harus ketahui dahulu nilai barang koleksimu. Pastikan pula kamu mendekati komunitas yang tepat, sehingga barang koleksimu mendapat penawaran tertinggi.

Baca juga: 9 Ide Kemasan yang Ramah Lingkungan untuk Produk Bisnis Onlinemu

5. Jualan Karya Daur Ulang

Kamu punya banyak kertas tak terpakai di rumah? Kamu bisa mendaur ulang kertas dan menjualnya kembali.

Memang ada sejumlah alat yang kamu butuhkan untuk mendaur ulang kertas. Namun, setidaknya kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli bahan baku.

Selain kertas, sebenarnya ada banyak sampah rumah tangga yang bisa kamu kreasikan untuk menjadi produk baru. Misalnya kamu bisa membuat tas dari sisa kemasan detergen dan sabun dan masih banyak contoh lainnya.

6. Jualan Foto

Kalau kamu punya hobi fotografi, kamu bisa jual karya-karya fotomu melalui situs stok foto. Kamu juga tak harus punya alat canggih semacam kamera DSLR.

Dengan teknik yang bagus, hasil jepretan melalui kamera ponsel juga bisa jadi bernilai tinggi.

7. Jualan Aset Desain

Kalau kamu seorang desainer grafis, kamu bisa menjual aset desain. Aset ini berupa logo, font, template, dan sebagainya. Ada banyak marketplace yang khusus untuk berjualan aset desain. Kamu bisa mendaftarkan diri di marketplace tersebut.

8. Jualan Musik

Nah, yang satu ini cocok bagi musisi atau yang punya bakat menciptakan musik. Banyak pula situs yang memungkinkan kamu menjual lagu secara online.

Dengan semakin banyaknya content creator di YouTube ataupun di platform lain, meningkat pula kebutuhan akan musik latar sebagai pemanis video. Ini bisa jadi peluangmu untuk menjual musik.

Baca juga: Ide Usaha Rumahan Modal Kecil, Yuk Tengok!

9. Cloud Kitchen

Kalau kamu punya bakat memasak tetapi tidak punya dana untuk membuka restoran, mulailah bisnis cloud kitchen. Bisnis ini merupakan sistem restoran yang hanya melakukan pesan-antar, tidak ada dine-in.

Lalu bagaimana kamu menjualnya? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ojek online untuk menjajakan masakanmu. Buatlah menu yang unik dan lezat, serta pasanglah foto masakanmu yang menggugah selera untuk menggaet pelanggan baru.

10. Mengembangkan Aplikasi

Ada jutaan pengguna ponsel pintar di Indonesia. Ponsel pintar pun tidak sekadar digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi menjadi benda yang tak terpisahkan dari keseharian kita.

Ini karena ponsel pintar bisa dipasangi aplikasi yang membantu keseharian kita, bahkan bisa memberi hiburan seperti gim dan streaming video.

Jika kamu memiliki kemampuan coding dan punya banyak ide kreatif, kamu bisa menciptakan aplikasi ponsel pintar. Pamerkan karyamu di berbagai tempat, termasuk di media sosial, siapa tahu ada investor yang mau membiayai pengembangan aplikasimu.

Itulah 10 ide jualan online tanpa modal yang bisa kamu lakukan. Jadi, tidak ada lagi alasan bagimu memulai bisnis, karena kamu bisa memulainya tanpa modal!

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!