Blog

Kemasan Desain Kreatif, Faktor Penting Bagi Usaha Kuliner

Di tengah pandemi, usaha sektor kuliner masih menjadi primadona. Pasalnya, sektor kuliner masih bisa beroperasi dengan cara take away atau delivery. Bisnis ini terus berkembang dan semakin banyak jenisnya. Saat ini saja sedang tren usaha kuliner frozen food yang merupakan produk olahan yang bisa dimasak langsung oleh konsumen.

Hal utama selain kualitas produk, bisnis kuliner juga membutuhkan packaging makanan yang menarik. Dengan desain kemasan yang kreatif, konsumen semakin tertarik untuk mendapatkan produk. Apalagi saat memiliki kemasan yang memiliki warna yang menarik, informasi produk yang jelas, dan bentuk yang unik. Lantas, apa saja faktor penting dalam desain kemasan? Selengkapnya tengok artikel berikut.

Baca juga: Digitalisasi, Kunci Kemajuan UMKM

Daya Tarik Bagi Konsumen

Dikutip dari Metamorm.co.id, sebanyak 69% konsumen akan memutuskan untuk membeli produk dengan kemasan yang lebih menarik. Untuk itu, akan jauh lebih baik jika kamu mengemas produk dengan kemasan yang unik agar menarik perhatian konsumen.

Walaupun dari segi produk, rasa, kualitas, dan harga yang cenderung sama dengan brand lainnya, tetapi kemasan yang unik mampu meningkatkan penjualan. Bahkan konsumen akan enggan membuang kemasan produk kamu jika mereka merasa memiliki sesuatu yang mengikat antara konsumen dan produk terkait.

Membangun Kepercayaan Konsumen

Informasi seputar produk bisa kamu cantumkan pada setiap kemasannya. Akan tetapi, meringkas semua informasi menjadi singkat dan padat serta tak memenuhi seisi kemasan merupakan hal yang lebih baik. Informasi seperti kode produksi, tanggal kadaluarsa, sertifikasi halal, standar kemasan, dan informasi nilai gizi merupakan salah satu yang bisa membangun kepercayaan konsumen. 

Dengan mencantumkan informasi tersebut, konsumen akan tertarik karena kemasannya informatif. Agaknya, saat mengkreasikan tata letak tulisan lakukan konsultasi dengan desainer yang handal. Pasalnya, tulisan yang terlalu menumpuk tidak sedap dipandang oleh mata. Bahkan, bisa membuat konsumen menjadi enggan membeli produk terkait.

Membantu Bentuk Promosi Produk

Selain dapat mencantumkan berbagai informasi yang dapat membangun kepercayaan konsumen. Ada baiknya cantumkan pula informasi yang berkaitan dengan brand awareness seperti nama brand, logo, tagline, website beserta akun media sosial bisnis kamu. Lebih unik lagi jika urusan akun sosial media kamu kemas dengan menggunakan QR code agar lebih praktis.

Saat mencantumkan semua informasi tentang produk di dalam kemasan, kamu pun turut serta mempromosikan produk lewat kemasan. Intinya, berikan informasi produk tanpa harus memenuhi semua kemasan produk. Indikator berhasilnya produk terkait membantu bentuk promosi adalah saat para konsumen ikut mengunggah konten di sosial media yang berkaitan dengan produk.

Mempertahankan Ciri Khas

Saat mengemas produk, perhatikan ciri khas yang ingin ditonjolkan kepada para konsumen. Hal ini untuk mempermudah konsumen mengenal produk kamu dan menjadinya produk yang identik. Instrumen seperti logo, warna, hingga bentuk kemasan bisa menjadi suatu ciri khas yang melekat pada produknya. Sehingga, ciri khas yang dibangun bisa dikenali konsumen.

Kemasan yang berbeda dengan kompetitor juga menjadi salah satu strategi. Apalagi sekarang sudah banyak jenis kemasan yang menarik. Dimulai dari paper box berbagai bentuk sampai flip box. Semuanya bisa kamu terapkan untuk menghadirkan pengalaman yang berbeda yang didapatkan konsumen dalam membeli produk.

Baca juga: 4 Strategi Branding Yang Bisa Bantu Bisnismu

Perlindungan Produk

Kemasan yang baik, kemasan yang memberikan perlindungan untuk produk yang dikirim. Bagi para pebisnis online, kemasan sangatlah penting. Jika kemasan kamu tidak dapat melindungi produk yang dikirim, maka reputasi produk menjadi buruk. Konsumen pun akan komplain dan tidak merekomendasikan produk kamu ke orang lain.

Jika barang diterima dengan baik, hal ini menjadi kepuasan tersendiri bagi konsumen. Bahkan, saat sampai di tangan konsumen disertai barang masih tersegel rapi serta kualitas produk tidak berubah saat perjalanan, hal tersebut bisa menjadi nilai plus bagi produk kamu di mata konsumen.

Selain memperhatikan bisnis kuliner dari segi kemasan, sudah seharusnya kamu juga memperhatikan usaha bisnis dari segi efisiensi. Hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan membuat toko online dalam bentuk website. Cara tersebut bisa menambah kemudahan belanja bagi konsumen dan melebarkan sayap bisnismu.

Untuk itu, ini saatnya bagi kamu untuk membuat toko online bersama Sirclo Store. Sirclo Store dapat membantu bisnis kamu untuk memiliki toko secara online. Selain itu, kamu bisa mengintegrasikannya dengan semua marketplace dan WhatsApp Business API lewat satu halaman untuk mengelolanya.

SIRCLO Store

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!