Blog

Kenali Bisnis Frozen Food Sebelum Memulai Berjualan

Tren Frozen Food atau makanan beku terjadi karena permintaan konsumen meningkat selama pandemi. Semua aktivitas yang dijalankan dari rumah membuat semua orang menginginkan makanan pendukung yang praktis dan mudah dikonsumsi sebagai teman bekerja atau teman belajar.

Permintaan yang tinggi membuat penjual Frozen food bermunculan. Produk makanan beku pun memiliki ragam varian menarik seiring berjalannya waktu. Dari hanya makanan olahan dari ayam atau daging, sekarang sudah banyak jenisnya dimulai dari cemilan, makanan berat, sampai makanan khas daerah.

Memulai bisnis frozen food tidak mudah. Hal yang menjadi perhatian adalah proses pengirimannya yang harus tertutup rapat dan tetap dingin agar makanan tetap segar dan tahan lama di perjalanan  sampai ke tangan konsumen. Selain itu, terdapat beberapa kekurangan dari bisnis makanan beku ini. Selengkapnya sebagai berikut

Banyaknya Kompetitor

Akibat banyaknya permintaan, penjual usaha makanan beku pun semakin banyak. Artinya kompetitor usaha bidang ini dapat ditemukan dimana-mana. Bahkan, dari lingkungan terdekat. Dampaknya bisnis makanan beku kamu harus memiliki perbedaan dari yang lain agar menjadi pilihan konsumen. Kesamaan produk bisnis frozen food membuatnya tidak istimewa.  

Untuk melihat banyaknya penjual makanan beku, ketik nama frozen food di media sosial. Hasilnya akan nampak para penjual menjajakan dagangannya dengan produk yang sama persis. Banyaknya pesaing dengan produk yang sama membuat iklim bisnis menjadi tidak sehat. Agar tetap menjadi pilihan utama konsumen, kamu bisa menawarkan sesuatu yang berbeda dan unik dibanding kompetitor lain.

Baca juga: Tips Kirim Produk Tepat Waktu Selama Harbolnas

Bergantung Pada Freezer

Freezer atau lemari pendingin merupakan komponen utama dalam penjualan frozen food. Ketahanan produk makanan beku sangat bergantung pada alat ini. Saat alat sedang rusak atau mati, produk yang seharusnya siap kamu jajakan akan langsung basi dan mudah rusak. Terkhusus saat listrik sedang padam, produk akan terancam. Sehingga terdapat beberapa penjual menyiapkan generator listrik sebagai antisipasi jika suatu waktu listrik padam.

Masalah besar bergantungnya berbisnis dengan freezer adalah kerugian. Bayangkan ketika kamu sudah siap menjajakan produk dalam jumlah banyak namun mesin freezer rusak atau listrik padam dalam waktu yang lama. Seketika kepanikan akan terjadi untuk segera mengamankan produk agar tetap bisa terjual kepada konsumen atau kerugian besar akan melanda.

Mayoritas Produk Junk Food

Frozen food memang dibuat praktis untuk dikonsumsi. Akan tetapi, produk makanan beku ini termasuk kedalam kategori junk food karena mengandung pengawet dan zat kimia. Junk food bisa membuat kandungan nutrisi asli pada makanan bisa hilang atau bahkan rusak. Terlebih banyak orang sudah melek terhadap informasi kesehatan. Sehingga banyak dari mereka sudah mengetahui bahwa frozen food merupakan makanan yang tidak sehat.

Bagi orang tua yang sudah melek informasi kesehatan. Pasti mereka khawatir jika terlalu banyak membeli makanan beku untuk anak. Namun, salah satu cara menanggulanginya, kamu bisa membuat produk frozen food homemade tanpa bahan pengawet. Dengan begitu, konsep makanan frozen food akan tercipta dan bisa menarik hati para konsumen.

Baca juga: Gunakan Promo Saat Harbolnas

Waktu Kadaluarsa Sering Terlupakan

Dibuat dengan kemasan yang awet dan tahan lama tidak membuat makanan beku memiliki masa berlaku selamanya. Pasalnya saat sudah berada di lemari pendingin, kerap kali masa kadaluarsa tidak terlihat akibat tebalnya es. Hal ini merupakan kelemahan yang rentan terjadi akibat kelalaian pemeliharaan kualitas produk.

Menanggulangi hal tersebut, sebaiknya gunakan rekap data per minggu untuk mengetahui produk mana saja yang sudah mendekati masa kadaluarsa. Usahakan menaruh produk yang memiliki masa kadaluarsa dalam waktu dekat untuk ditaruh pada bagian atas. Cara ini agar produk dapat dibeli oleh konsumen dan menghindari produk terbuang akibat kadaluarsa.

Sebagai langkah memasarkan produk frozen food, kamu perlu memiliki toko online berbentuk website yang mampu menampung kebutuhan konsumen agar mudah berbelanja. Website yang memiliki desain template sesuai pilihan dan mudah dikendalikan bisa kamu dapatkan jika bergabung bersama SIRCLO Store. Kamu mendapatkan website dengan beragam template sesuai pilihan yang terintegrasi dengan marketplace dan WhatsApp Business dalam satu dashboard. Klik banner untuk Info selengkapnya. 

SIRCLO Store

Tags: ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!