Blog

Lakukan 6 Hal Ini untuk Hindari Review Negatif di Marketplace

Apa yang biasanya dilakukan konsumen sebelum membeli barang? Menurut econsultancy.com, 61% pembeli akan membaca review online sebelum memutuskan untuk memesan suatu produk. Sementara menurut trustklik.com, 70% pembeli di Indonesia tetap percaya terhadap ulasan dari orang asing. 

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya review terhadap keberhasilan jual barang di marketplace. Di antara banyak cara sukses jualan di marketplace, menjaga tingkat rating merupakan salah satunya. Semakin bagus rating dan ulasan yang kamu terima, semakin mudah bagi kamu untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. 

Berikut cara jualan di marketplace agar terhindar dari review negatif:

Gunakan Foto Asli

Salah satu cara sukses jualan di marketplace yang penting untuk diingat adalah menggunakan foto asli. Seringkali pebisnis online sekadar menggunakan foto dari supplier, distributor, atau bahkan internet untuk ditampilkan sebagai foto produk. Padahal, foto tersebut belum tentu sama persis dengan barang yang akan diterima oleh customer.

Maka itu sebaiknya perhatikan dahulu sebelum menggunakan suatu foto untuk produk. Pastikan foto sudah sesuai dengan produk aslinya baik dari segi bentuk, warna, dan aspek lainnya agar pembeli tidak merasa kecewa saat menerima barang. 

Agar lebih optimal, sebaiknya perhatikan pencahayaan dan resolusi serta hindari pengeditan yang terlalu berlebihan agar foto terlihat natural. Hal ini khususnya penting jika kamu menjual barang dengan berbagai warna. 

Baca juga: Inilah Jenis-jenis Produk yang Cocok Dijual Di Toko Online Kamu! 

Deskripsi yang Detail

Aspek lain yang juga penting dalam jual barang di marketplace adalah deskripsi produk. Selain melihat foto, calon pembeli juga biasanya membaca deskripsi suatu produk terlebih dahulu untuk memastikan spesifikasi dan detail. Apalagi, mereka tidak bisa melihat produkmu secara langsung.

Maka itu, lengkapi deskripsi produk secara detail dan spesifik. Berikan informasi penting terkait produkmu mulai dari fitur, jenis, bahan, cara pemakaian, dan info lainnya yang kamu rasa penting untuk diketahui oleh customer. Dengan begitu, mereka akan memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai barang yang akan diterima.

Pastikan Ketersediaan Produk

Sebelum menerima order, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa stok masih tersedia agar customer yang sudah ingin membeli tidak kecewa karena ternyata produk habis. Saat ini, rata-rata marketplace sudah memiliki fitur manajemen stok. Kamu dapat memanfaatkan fitur ini agar jumlah stok ter-update secara otomatis pada toko.

Kontrol Kualitas

Cara sukses jualan di marketplace tidak hanya ditentukan dari seberapa banyak jumlah customer yang bisa dijangkau tetapi juga bagaimana kamu bisa mempertahankan mereka. Untuk menjaga kepuasan serta menghindari review negatif, salah satu langkah yang tidak boleh dilewatkan adalah quality control.

Sebelum mengirim barang kepada pembeli, pastikan produkmu sudah memenuhi standar kualitas. Sebelum mengemas barang, periksa terlebih dahulu apakah produk sudah sesuai dengan apa yang dipesan oleh customer. Setelah dikemas, periksa juga packaging untuk menghindari barang rusak di perjalanan. 

Baca juga: Tips Menggunakan Copywriting untuk Memperkuat Branding dan Promosi di Marketplace

Cek Kembali Sebelum Melakukan Pengiriman

Saat barang akan dikirimkan, cek kembali detail pengiriman seperti alamat dan nomor telepon. Lakukan prioritas order berdasarkan pilihan waktu pengiriman pelanggan, misalnya dengan memproses order yang butuh pengiriman instan terlebih dahulu. Apabila ternyata pengiriman membutuhkan waktu yang lebih lama, segera kabarkan kepada customer.

Memberi Respons Kepada Review

Jika kamu menerima ulasan yang kurang baik atau masukan dari customer, segera beri respons. Jika ada salah, berikan permohonan maaf kepada pelanggan. Jika ada ulasan yang kurang baik, kamu bisa menanyakan kepada customer tersebut mengenai hal apa yang bisa diperbaiki atau ditingkatkan lagi. Dengan begitu, kamu bisa terus mengembangkan produkmu

_________

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!