Blog

Literasi Digital Berperan Penting dalam Mengoptimalkan Potensi Wirausaha Wanita

Literasi teknologi kini sudah menjadi suatu keharusan bagi wirausahawan. Pasalnya digital saat ini sudah mendominasi berbagai sektor termasuk bisnis. Berbicara mengenai bisnis, womanpreneur memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Menurut data BPS, dari total 37 juta UMKM di Indonesia, 64,5 persen-nya dikelola oleh wirausaha wanita. 

Walaupun peran perempuan dalam dunia bisnis terus meningkat, riset Google menunjukkan masih adanya kesenjangan akses digital antara laki-laki dan perempuan. Padahal, menurut riset McKinsey, kesetaraan gender memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian Indonesia hingga 135 miliar USD per 2025. 

Mengapa Literasi Teknologi Penting dalam Mendukung Womenpreneur?

Salah satu hambatan atau tantangan yang dihadapi banyak wirausaha wanita di Indonesia dalam mengembangkan bisnis adalah faktor domestik. Rata-rata perempuan di Indonesia memiliki tanggung jawab utama untuk melakukan pekerjaan rumah dalam rumah tangganya. Hal ini memunculkan rasa kekhawatiran nantinya tidak bisa lagi fokus mengurus keluarga jika menjalankan bisnis.

Perkembangan teknologi mampu menawarkan fleksibilitas yang dapat membuka lebih banyak kesempatan bagi para womenpreneur sekaligus menjembatani dilema yang banyak dialami oleh perempuan. Dengan teknologi, pengusaha wanita bisa mengelola usahanya dari rumah. Hal ini tentunya akan membantu mendorong tercapainya kesetaraan gender dalam dunia bisnis.

Perkembangan teknologi juga mendorong munculnya berbagai pengusaha wanita sukses di berbagai industri. Contohnya saja saat ini ada begitu banyak perempuan termasuk juga anak muda yang berhasil membangun bisnis online melalui platform digital seperti media sosial, website, marketplace, ataupun platform chat seperti Whatsapp. 

Baca juga: Inspirasi Bisnis Kuliner Ramadan

Salah satu contoh pengusaha wanita sukses adalah Novita Anggraeni, pemilik Namaste Organic yang menjual berbagai produk kesehatan. Bermula dari Whatsapp, kini Namaste Organic pun berkembang hingga akhirnya memiliki website toko onlinenya sendiri. Contoh pengusaha wanita sukses lainnya adalah Maria Anggraini, pendiri brand fashion This Is April yang dimulai dari penjualan melalui website toko online, merambah ke marketplace, sampai kini memiliki offline store.

Ada begitu banyak pengusaha wanita Indonesia yang tidak hanya berhasil membangun brand yang sukses tetapi juga berkontribusi bagi kehidupan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini menunjukkan besarnya peran teknologi dalam mendukung pengembangan potensi perempuan.

Baca juga: Tips Memilih Platform untuk Berjualan Online

Maka itu, perkembangan digital harus dibarengi dengan literasi teknologi agar perempuan bisa memilah informasi dan menggunakan teknologi dengan bijak. Terlebih lagi, saat ini ada begitu banyak informasi yang tersedia. Kemampuan dan literasi digital yang mumpuni akan membantu para pengusaha perempuan maupun calon womenpreneur untuk bisa mengolah informasi yang diterima serta menjaga keamanan di dunia maya. 

Alhasil potensi-potensi yang ada bisa benar-benar tersalurkan dengan baik, bisnis dapat berkembang sekaligus berkontribusi bagi kemajuan ekonomi Indonesia, juga mendorong tercapainya kesetaraan gender. 

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!