Blog

Made In Indonesia: Menilik Inspirasi & Kontribusi Brand Lokal untuk Nusantara

Setiap tahun sejak 1945, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus, dan setiap tahunnya juga, kita diingatkan kembali akan semangat serta kesatuan yang membangun bangsa ini. Melalui semangat dan kesatuan yang sama, sejumlah brand lokal terinspirasi, lahir, dan memberdayakan masyarakat Indonesia melalui berbagai upaya nyata. Brand-brand lokal ini menggapai dan memulai inisiatif yang memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui berbagai aspek; baik sebelum hingga kini di tengah problematika pandemi COVID-19, di mana kita semakin diuji.

SIRCLO berkesempatan untuk menunjukkan apresiasi dan pengakuan terhadap sejumlah brand lokal yang telah menjadi inspirasi serta memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat Indonesia pada Selasa, 28 Juli 2020 pada SIRCLO Awards 2020, yang merupakan rangkaian dari perayaan SIRCLO’s 7th Anniversary: Inspire The Future. Melalui kesempatan ini, kita dapat meng-highlight tiga brand lokal dengan dampak bisnis yang tidak hanya membangun, namun juga memberdayakan komunitasnya dan masyarakat Indonesia melalui inisiatif-inisiatifnya: BLZR.ID untuk kategori Agent of Change, dr soap untuk kategori Earth-Friendly Advocate, dan This Is April untuk kategori Agent of Empowerment

Melalui website toko online yang didukung oleh SIRCLO Store, ketiga brand lokal ini mampu mengembangkan bisnisnya di ranah online juga menjangkau dan engage dengan konsumen-konsumennya. Setiap brand menginisiasi pembicaraan dan memperkenalkan kampanye kreatif kepada para konsumen juga komunitas pengikut brand-nya melalui toko online; menunjukkan sisi “manusia” dari brand.

BLZR.ID: Tindakan Kebaikan & Menjadi Agen Perubahan

Terinspirasi oleh para wanita karier di keluarganya, Dennice Aulia mendirikan BLZR.ID pada 2013 untuk membawakan clothing line dengan produk utama blazer yang mendukung kehidupan profesional para wanita Indonesia. Melalui BLZR.ID, Dennice berharap dapat mendukung lebih banyak wanita untuk terus berkarya. 

“Saya pun sekarang menjalani profesi saya sebagai seorang ibu dan entrepreneur, dan saya ingin mendukung wanita-wanita di luar sana untuk mencapai mimpi mereka dengan mem-provide baju-baju kerja yang berkualitas,” ujar Dennice Aulia tentang aspirasinya di balik BLZR.ID.

Dennice memegang prinsip bahwa setiap rezeki yang ia terima merupakan sesuatu yang perlu dikembalikan. Prinsip ini menjadi nilai yang dibawa dan ditanamkan saat mengembangkan BLZR.ID. Sebagai penerima penghargaan Agent of Change, BLZR.ID sebelumnya telah berkontribusi kepada masyarakat melalui berbagai inisiatif dan gerakan yang membawa perubahan sosial. Inisiatif pertama yang dilakukan oleh BLZR.ID adalah mendonasikan sebagian revenue-nya untuk World Wildlife Foundation (WWF) sejak 2013 hingga sekarang.  Upaya ini disusul dengan berbagai gerakan lainnya, seperti penggalangan dana bantuan banjir dan perlindungan gajah Sumatera. BLZR.ID juga aktif bekerjasama dengan platform penggalangan dana KitaBisa.com, dan rutin berdonasi setiap bulannya untuk berbagai isu seperti kesehatan, pendidikan, dan bencana alam.

Pandemi COVID-19 tidak menjauhkan BLZR.ID dari inisiatif dan bantuan sosial. Tim BLZR.ID tetap berupaya memulihkan jarak dari rumah dan aktif melakukan donasi. Setelah mengalokasikan Rp50.000 dari setiap penjualan blazer untuk donasi penanganan COVID-19 melalui Goods For Good, BLZR.ID juga bekerjasama dengan The Chilly Bin dan TRF Homemade untuk mendistribusikan 100 kotak makanan sehat kepada tenaga medis serta rumah sakit rujukan COVID-19. Selain itu, BLZR.ID juga menyadari darurat alat pelindung diri dan memproduksi masker kain yang penghasilannya disumbangkan ke tenaga medis di garda depan penanganan COVID-19. 

Beberapa inisiatif dan gerakan sosial yang diselenggarakan oleh BLZR.ID.

Tidak hanya berfokus pada upaya penanganan & bantuan pandemi COVID-19, BLZR.ID berpartisipasi dalam Aksi Cepat Tanggap (ACT), sebuah program donasi untuk 9.145 korban banjir di Gorontalo, juga kampanye program SDM Unggul Indonesia Maju dan menyediakan beasiswa untuk 350 anak yatim.

BLZR.ID percaya bahwa setiap tindakan kebaikan akan memberikan dampak yang positif, dan berkomitmen untuk terus menyalurkan kebaikan melalui upaya-upaya berkelanjutan. “Salah satu misi kami adalah to be a kind and insightful brand, dan (misi) ini benar-benar mau kami realisasikan lewat campaign-campaign sosial kami,“ kata Dennice.

Belajar Mencintai Bumi & Diri Sendiri Ala dr soap

Joycellyne Stefanie memulai dr soap bersama saudarinya dengan tujuan untuk membawa dampak positif dan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap personal hygiene serta kesehatan. Ia percaya bahwa produk buatan lokal memiliki potensial dengan kualitas yang mampu bersanding dengan produk impor maupun luar negeri, tentunya dengan harga yang terjangkau. dr soap hadir sebagai brand yang menawarkan produk antiseptik buatan lokal dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan hygiene masyarakat Indonesia; tentunya dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan, tersertifikasi halal, dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

Rangkaian produk inovatif dr soap juga didesain dengan apik dan enak dipandang; terinspirasi dari perjalanan dan riset Joycellyne di berbagai negara. 

“Jadi saya suka banget mengkonsumsi dan cari inspirasi produk dari produk-produk luar, lalu saya aplikasikan untuk product yang mau saya create. Kami ingin konsepnya terlihat cantik; visually pleasing, jadi saat dipajang di toko atau dibawa itu tetap cakep dari segi kemasan dan design,” ujar Founder & Brand Director dr soap ini.

Sejak awal didirikan, dr soap berupaya untuk menciptakan produk yang memberikan dampak baik terhadap bumi dan seisinya. Upaya ini tercermin tidak hanya dalam pengembangan produk-produknya, namun juga lingkungan kerja tim dr soap. Bahan-bahan yang digunakan dalam produk dr soap merupakan berbahan nabati dan jauh dari petrochemicals berbahaya maupun unsur hewani. Dr soap juga memastikan setiap produk maupun proses produksinya tidak membahayakan lingkungan. Kemasan dr soap menggunakan coco fiber alih-alih menggunakan plastik untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Pada lingkungan kerja maupun operasionalnya, dr soap juga mengimplementasikan prinsip eco-friendly dan paper-less; memastikan setiap proses bisnisnya menerapkan value yang terus dibawa sejak didirikannya dr soap 5 tahun lalu.

dr soap memulai inisiatif gerakan bertajuk #drsoapHealsEarth untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang health access, hygiene education, dan kelestarian lingkungan. dr soap memahami besarnya resiko dari kurangnya kesadaran masyarakat atas personal hygiene, yang dapat berujung pada berbagai penyakit akibat virus dan bakteri, sehingga masyarakat membutuhkan akses atas air bersih untuk terhindar dari ancaman penyakit. Untuk itu, kini dr soap kini tengah menjalankan dan mengembangkan 2 project, yaitu kampanye donasi 1 liter air bersih untuk setiap botol produk dr soap yang terjual kepada masyarakat yang membutuhkan di Indonesia, serta kampanye return bottle sebagai upaya recycle dan mengurangi penggunaan plastik. dr soap juga secara aktif mengajak customers untuk terlibat dalam kampanye-kampanye ini.

Salah satu aksi dari kampanye sosial #drsoapHealsEarth.

This Is April Dukung Pemberdayaan Perempuan

This Is April merupakan brand lokal Indonesia yang sejak hari pertamanya telah merayakan keberagaman kecantikan wanita melalui busana hingga aksesoris dan tas. Jejak perjalanan This Is April diawali pada 2012 melalui website toko online yang didukung oleh SIRCLO Store, dan sejak saat itu merambat ke marketplace hingga offline store. Kini This Is April telah mendirikan 70 toko ritel offline di Indonesia dan 1 di Malaysia. This Is April mengutamakan konsep timeless untuk tiap busananya, menjadikan brand ini pilihan bagi perempuan segala usia.

Sebagai brand, This Is April secara aktif mengadvokasikan value kecantikan yang inklusif. This Is April mendukung para wanita Indonesia untuk mencintai dan menjadi diri mereka sendiri, tanpa terpaku pada standar-standar kecantikan. This Is April mendukung dan memberdayakan wanita melalui berbagai kampanye kreatif. Pada 2017, This Is April mencanangkan kampanye #BeautyIsNotJustAboutLook bersamaan dengan dirilisnya 7 shade This Is April Satin Lip Stocking. Kampanye ini bertujuan untuk mengingatkan para wanita Indonesia bahwa kecantikan datang dari dalam diri seseorang, bukan dari luarnya.

Menyusul kampanye #BeautyIsNotJustAboutLook, This Is April memulai kampanye #FirstLoveYourself pada 2019 yang memegang value self-compassion untuk menginspirasi wanita Indonesia dalam proses mencintai diri mereka sendiri. Kampanye ini juga menyorot dirilisnya This Is April Body Series yang terdiri dari 3-in-1 Spray, Body Serum, dan Body Scrub. 

Promotional image kampanye #FirstLoveYourself menampilkan produk This Is April Body Series bersama Ankatama, Laura Aurelia, dan Nadin Amizah.

Storytelling menjadi salah satu cara This Is April menginspirasi para wanita Indonesia. Di balik 7 shade This Is April Satin Lip Stocking, tersimpan cerita dari 7 sosok wanita milenial dan sifat terbaik dalam diri mereka: Shahnaz Soehartono, Gwen Winarno, Lala Karmela, Martha Puri, Nicoline P. Malina, Karen Carlotta, dan Marischka Prudence. Tujuh warna ini menggambarkan 7 nilai: Independent, Compassionate, Confident, Creative, Fierce, Good Vibe, dan Fearless. This Is April Body Series juga terdiri dari 3 edisi yang meng-highlight cerita dari 3 wanita Indonesia dengan latar beragam: Folk Singer/Songwriter Nadin Amizah untuk edisi ‘You Are Unique’, Voice Talent Ankatama untuk edisi ‘You Are Beautiful’, dan Atlet Paralimpik Laura Aurelia untuk edisi ‘You Are Precious’. 

“Dengan stigma masyarakat yang terjadi tentang ideal seorang wanita, (…) kami mau mengajak wanita Indonesia (untuk percaya bahwa) kalian cantik apa adanya, dan dengan kalian mencintai diri sendiri itu kalian sudah bisa bikin bahagia diri kalian juga,” ucap Cindy Wijayanti Hadi, Head of Marketing Communications This Is April. 

Brand-brand lokal Indonesia telah berkontribusi untuk mendukung, mengadvokasi, hingga memberdayakan masyarakat melalui inisiatif serta kampanye kreatif dengan memanfaatkan platform dan online presence masing-masing. Platform toko online SIRCLO Store dengan fitur blog juga dioptimalkan oleh brands sebagai media komunikasi dan advokasi untuk isu-isu yang menjadi fokus dari brands

Sebagaimana masyarakat Indonesia menjadi inspirasi bagi brands untuk membuat perubahan, kita juga terinspirasi oleh upaya dan gerakan nyata brands dalam mengatasi isu yang menjadi sorotan. Bersama, kita bisa membawa perubahan yang besar untuk Indonesia yang lebih baik.

Tags: , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!