Blog

Maksimalkan Penjualan di Instagram dengan 7 Tips Konten untuk Instagram Shopping Berikut

Adanya fitur Instagram Shopping kini memungkinkan banyak bisnis untuk menyediakan pengalaman belanja yang terintegrasi dan meningkatkan penjualannya. Lewat fitur ini, calon pembeli tidak lagi hanya sekadar melihat-lihat foto produk saja di Instagram, tetapi juga bisa langsung check out dan melakukan transaksi.

Agar penjualan bisa maksimal, pebisnis perlu mengetahui cara memanfaatkan fitur Instagram Shopping dengan tepat. Alhasil, unggahannya dapat menarik perhatian target customer dan menunjukkan hasil penjualan yang positif.

Baca juga: Begini Cara Kerja Algoritma Instagram 2021 yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut beberapa tips yang dapat kamu terapkan saat merencanakan strategi dan membuat konten untuk Instagram Shopping.

Sesuaikan dengan Keseluruhan Feed

Feed Instagram merupakan salah satu aspek yang paling diperhatikan saat pengguna pertama kali mengunjungi suatu profil. Kamu pun mungkin sudah memiliki tone atau style tertentu pada halaman Instagram bisnismu yang sesuai dengan keseluruhan brand

Agar gaya keseluruhan feed tidak terganggu dengan satu post yang berbeda, sebaiknya sesuaikan gaya post untuk Instagram Shopping dengan keseluruhan feed bisnismu, baik dari segi konten, warna, filter, edit, dan lain-lain.

Gunakan Gambar Hasil Photoshoot

Apabila kamu sedang menjalankan campaign atau akan segera meluncurkan koleksi produk baru, kamu bisa mengunggah beberapa foto sekaligus menjadi carousel post. Gunakan hasil photoshoot produk agar postingan terlihat seperti sebuah katalog. 

Jangan lupa juga untuk men-tag produk tersebut sehingga calon pembeli bisa mendapatkan informasi lebih lanjut. Kamu bisa memberi hingga 20 tag produk dalam post carousel berisi 10 foto.

Pastikan Link Dapat Diakses

Langkah yang sederhana tapi sangat penting dan tidak boleh dilupakan. Pastikan link pada tag produkmu bekerja. Customer kemungkinan besar akan batal membeli apabila link produk yang ingin mereka beli tidak bekerja. Mereka ingin pengalaman berbelanja yang mudah dan cepat. Maka itu, sebelum mengunggah post periksa dulu apakah seluruh link-mu dapat diakses. 

Beri Jarak pada Tag

Jika kamu memberi tag pada lebih dari 1 produk pada 1 foto, pastikan kamu memberi jarak antara satu tag dengan yang lainnya sehingga pengguna yang ingin mempelajari lebih lanjut bisa mengkliknya dengan mudah. Apalagi ukuran layar handphone tidak begitu besar, maka kamu harus mempertimbangkan pengalaman pengguna. 

Jika kamu tidak bisa memuat seluruh tag produkmu dalam satu post, sebaiknya kurangi tag. Alihkan tag tersebut ke post lainnya atau buat carousel post untuk memudahkan pengguna mengakses tiap informasi produk.

Gunakan Hashtag yang Deskriptif

Hashtag yang relevan dan deskriptif memudahkan pengguna untuk menemukan unggahanmu pada halaman Explore atau Shopping. Misalnya, jika kamu menjual produk makanan sehat, kamu bisa menggunakan hashtag #makanansehat atau #makanandiet. Selain itu, ini juga memperbesar kemungkinan pengguna yang mengikuti hashtag tersebut untuk menemukan postinganmu.

Manfaatkan User-Generated Content

Jika kamu memiliki konten-konten dari pengikut atau customer-mu, kamu bisa memanfaatkan konten tersebut menjadi konten untuk Instagram Shopping. Ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan produkmu dari sisi customer sekaligus membangun hubungan dengan mereka. Pastikan kamu melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan customer yang kontennya akan kamu gunakan. 

Baca juga: Tipe Content Marketing yang Efektif untuk Brand di 2021

Beri Jeda pada Post Instagram Shopping

Update dengan fitur baru memang bisa bermanfaat bagi bisnis, tetapi sebaiknya hindari terlalu sering mengunggah postingan Instagram Shopping. Selingi dengan postingan lainnya sehingga saat pengguna mengunjungi profilmu, mereka tidak merasa sedang dibombardir dengan iklan dan promosi.

Ikuti langkah-langkah di atas dan jangan lupa untuk terus memantau serta menganalisis performa post baik dari segi engagement maupun konversi sehingga kamu bisa terus mengembangkan strategi Instagram bisnismu ke depannya. 

Jika kamu menggunakan website toko online SIRCLO Store, kamu bisa mengaktifkan Instagram Shop dan menghubungkan katalog produkmu di website ke Instagram Shop! Calon pelanggan dapat menemukan produkmu dengan mudah di Instagram Shop dan bisa langsung diarahkan untuk berbelanja di website-mu. Yuk, buat website toko online-mu sekarang dengan penawaran terbaik dari SIRCLO, mulai dari Rp 275ribu per bulan!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!