Blog

MEET MAGENTO INDONESIA 2020: Mendorong Transformasi Digital Hari Ini Demi Keberlanjutan Bisnis

Pada 17 September 2020, ICUBE by SIRCLO menjadi tuan rumah Meet Magento Indonesia kelima, acara e-commerce global tahunan yang bertujuan menghubungkan para penggiat Magento di seluruh dunia. Meet Magento Indonesia tahun ini diselenggarakan secara virtual oleh ICUBE dan didukung oleh SIRCLO menyusul aksi merger antara kedua perusahaan pada Mei 2020 lalu. Acara tersebut menghadirkan 25 pembicara, 150+ pelaku bisnis, serta lebih dari 500 peserta online mulai dari mahasiswa, pemilik bisnis, dan ahli software dalam satu ruangan untuk saling bertukar ilmu dan membangun koneksi.

Meet Magento merupakan rangkaian konferensi yang diadakan di berbagai penjuru dunia, dengan fokus pada bisnis, e-commerce, platform Magento dan ekosistem regionalnya. Selain di Indonesia, acara ini diselenggarakan oleh lebih dari 40 negara termasuk Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Rusia, Brazil, Jerman, Spanyol, Swiss, dan Polandia. Sebagai salah satu pasar paling menjanjikan di Asia Tenggara, Indonesia menjadi ranah yang menarik bagi para pelaku e-commerce untuk belajar dan bereksperimen. Oleh karena itu, penyelenggaraan konferensi ini dirasa penting untuk semakin memajukan industri e-commerce Indonesia.

Tema “Digital Transformation, Tomorrow, Today” dipilih sebagai jawaban atas tantangan dan peluang yang dihadapi semua jenis bisnis akibat pandemi COVID-19. Pada Juni 2020, lalu lintas digital secara global mencatat peningkatan hingga 57% dalam jumlah pesanan dan 75% dalam kunjungan halaman di situs e-commerce dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Di Indonesia sendiri, terdapat sekitar 12 juta pengguna baru mulai berbelanja online, seperti yang dirangkum dalam laporan e-commerce SIRCLO. Ini mengakibatkan lonjakan transaksi online hingga 400% selama pandemi ini, menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika. Meskipun akses pelanggan ke toko fisik dibatasi, pandemi tidak menghentikan mereka untuk berbelanja. Namun, hal ini tentu mengubah cara mereka berbelanja.

Dengan semakin banyaknya brands yang mengalihkan bisnis mereka ke ranah online, kebutuhan akan transformasi digital yang cepat melonjak seperti yang tidak pernah disaksikan sebelumnya. Tuntutan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik kemudian menjadi tantangan sekaligus peluang bagi semua pemain yang terlibat dalam ekosistem e-commerce. Dengan begitu, tema Meet Magento Indonesia 2020 tahun ini menjadi sangat relevan bagi pemilik bisnis dan penyedia solusi untuk mengubah operasional bisnis mereka dan mendorong pertumbuhan ekonomi agar tetap berjalan.

“Untuk bisnis yang khususnya terdampak situasi pandemi tidak ada opsi lain selain mengikuti transformasi digital,” ujar Roy Mandey, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Ritel Indonesia (APRINDO) pada pembukaan sesi jalur Business. “Kita harus melakukan suatu perubahan. Salah satunya dengan cara mengadopsi metode omnichannel, atau bagaimana kami bisa hadir di hadapan konsumen secara online. Contohnya seperti email marketing, affiliate marketing dan website,” pertegasnya. 

Dipandu oleh Muliadi Jeo, Founder ICUBE dan CTO SIRCLO, acara ini dibagi menjadi tiga jalur, yaitu Business, Technical, dan Solution. Masing-masing jalur menawarkan beberapa seminar dan diskusi panel untuk membahas beberapa topik hangat seputar Magento, omnichannel, strategi pemasaran digital, dan banyak lagi. Mengulas topik tersebut dari berbagai sudut pandang, Meet Magento Indonesia 2020 mengundang pembicara utama dari beragam industri; agensi digital diwakili oleh Brent Peterson (Chief Commerce Evangelist Wagento Creative), e-commerce enabler diwakili oleh Danang Cahyono (COO SIRCLO), online marketer diwakili oleh Matthew McClelland (Partnerships Manager dotdigital SE Asia), dan penyedia solusi pengiriman diwakili oleh Karen Baker (Founder dan CEO ShipperHQ). Lebih lanjut, Erwin Tanujaya (CEO Midtrans) hadir sebagai pembicara utama, serta Vikrant Shukla (Business Solution Architect Adobe) dan Daisy Carolina (Channel Partnership Google) sebagai representatif industri teknologi juga membagikan ilmunya melalui sesi sharing pada acara tersebut.

“Salah satu hal yang paling seru dari acara Meet Magento adalah kesempatan untuk bertemu dengan mitra baru dan networking. Namun karena situasi pandemi, kami harus menyelenggarakan acaranya secara online,” sambut Muliadi Jeo sebagai pembawa acara Meet Magento Indonesia 2020. “Untungnya, para peserta tetap bisa interaktif melalui platform acara virtual yang mampu mendukung sesi networking, ditambah menghadiri sesi narasumber yang hebat dari berbagai penjuru dunia.

Dengan semangat untuk berjejaring dan bertukar pengetahuan, acara ini dirancang agar menjadi interaktif meskipun diselenggarakan secara virtual untuk pertama kalinya. Hal ini memungkinkan peserta untuk mengunjungi pameran tempat peserta menampilkan inovasi dan solusi mereka untuk lebih mendukung ekosistem e-commerce. Beberapa peserta pameran tersebut adalah Magento Commerce, dotdigital, Midtrans, ODI Netsuite, Indodana, AiSensum, Biznet dan APRINDO yang merupakan sponsor Meet Magento Indonesia 2020. Berinteraksi dengan peserta pameran dan berhubungan dengan peserta lain menjadi lebih mudah karena bertukar kartu nama bisa dilakukan melalui beberapa klik saja.

Melalui sesi-sesi sharing yang diadakan, beberapa brand dari beragam latar belakang industri menjabarkan kontribusi Magento dalam membangun dan memperkuat kehadiran online secara efektif.

“Kami memutuskan untuk menggunakan Magento karena framework-nya yang bagus; mudah dikustomisasi dan kapabilitasnya bersifat jangka panjang,” jelas Indra Setiawan, International and Business Development Director PT. Duta Abadi Primantara. “Di tahun 2019 lalu ketika kami meluncurkan situs baru yang didukung oleh Magento, dimana kami ingin menciptakan customer experience yang baik. Sebagai hasilnya, kami mengalami peningkatan penjualan melalui situs yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” tambahnya.

Jamie Maria Schousen (Deity), Jisse Reitsma (Yireo), Eric Erway (Adobe, Magento), and Miguel Ignacio Balparda (Nexcess) sebagai pembicara diskusi panel di jalur Technical

Menjadi tuan rumah Meet Magento Indonesia untuk pertama kalinya, Brian Marshal selaku Founder dan CEO SIRCLO menegaskan:

“SIRCLO berbangga atas kesempatan yang diberikan untuk bekerja sama dengan Magento melalui ICUBE untuk menyelenggarakan Meet Magento Indonesia 2020. Dengan misi mendasar untuk memajukan teknologi e-commerce Indonesia, kami harap acara ini dapat memberikan pencerahan kepada para pebisnis untuk mengambil bagian dalam transformasi digital ini— terutama karena pandemi telah menjadikan hal tersebut sebuah kebutuhan untuk bertahan.”

Tentang Meet Magento Indonesia

Meet Magento Indonesia menawarkan kesempatan bagi pakar e-commerce global, pengambil keputusan, pebisnis, dan pengembang untuk mendiskusikan tren terhangat dalam e-commerce dan bisnis berbasis Magento. Meet Magento adalah rangkaian acara yang diselenggarakan oleh lebih dari 40 negara termasuk Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Rusia, Brasil, Jerman, Spanyol, Swiss, dan Polandia. Tahun 2020 menandai penyelenggaraan kelima di Indonesia, yang diselenggarakan oleh ICUBE dan didukung oleh SIRCLO. Kunjungi www.mage.id untuk informasi lebih lanjut.

Tentang ICUBE by SIRCLO

ICUBE adalah agensi yang menyediakan solusi teknologi dan e-commerce untuk bisnis ritel. Sebagai Magento Premier Solutions Partner di Indonesia sejak tahun 2010, ICUBE telah meluncurkan dan mengelola lebih dari 100 situs berbasis Magento serta meluncurkan produk Swift untuk memenuhi kebutuhan e-commerce dan omnichannel untuk bisnis berskala menengah. ICUBE dipercaya oleh klien lokal dan internasional, antara lain Singapura, Malaysia, Australia, Amerika dan Hong Kong yang mencakup merek-merek besar seperti Kawan Lama, Krisbow, KlikMRO, 9to9 Online, Hush Puppies, L’Occitane, Elemis, Venchi, Erha Store, Nutrimart, Eiger Indonesia, Royal Canin, Mitra10, Lotte Mart, dan masih banyak lagi.

Pada Mei 2020, ICUBE resmi melakukan aksi merger dengan SIRCLO, sebuah penyedia solusi e-commerce enabler terdepan di Indonesia. Aksi merger tersebut menggabungkan ribuan klien mereka, sekaligus menyatukan kekuatan kedua belah pihak untuk membantu lebih banyak bisnis dan brand melakukan transformasi digital yang efektif dan efisien.

Lihat informasi lebih lanjut tentang ICUBE di icubeonline.com dan SIRCLO di sirclo.com.

Tags:

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!