Blog

Memperoleh Penghasilan Tambahan Dengan Menjadi Online Reseller

Seperti yang telah kita ketahui, berbisnis dapat dilakukan melalui media apapun, salah satunya media internet. Berbisnis secara online melalui media internet memang terlihat mudah, namun pada kenyataannya sulit. Banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan bisnis online. Jika kamu tekun dan serius dalam berbisnis online, maka penghasilan yang akan diperoleh tidak akan sedikit.

Bagaimana penghasilan yang diperoleh tidak sedikit? Perlu diketahui bahwa konsumen bisnis online tersebar di seluruh Indonesia, sehingga semua orang yang memiliki akses internet dapat melihat bisnis online kamu. Nah, jika kamu ingin memperoleh penghasilan tambahan melalui media internet, salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang Online Reseller!

 

Apa itu Online Reseller?

Ditinjau dari namanya, resell berasal dari dua kata yaitu “re” dan “sell” yang artinya adalah menjual kembali. Sedangkan reseller adalah orang yang melakukannya. Secara lengkapnya, online reseller adalah orang yang menjual kembali produk-produk tertentu melalui media internet.

 

Perbedaan Online Reseller dan Dropshipper

Jika kamu sudah membaca artikel sebelumnya mengenai Dropshipper, maka kamu akan mengerti bahwa sepintas online reseller mirip dengan dropshipper (Baca juga : Menjadi Dropshipper, Solusi Bisnis Jual Beli Online Tanpa Modal Besar!). Hanya saja alurnya berbeda. Pada sistem dropship, produk yang dijual adalah milik distributor dan pengiriman produk ke pembeli pun dilakukan oleh distributor. Sedangkan sebagai seorang online reseller, kamulah yang nantinya akan melakukan pengemasan dan pengiriman produk secara langsung kepada pembeli online. Itu berarti kamu benar-benar memegang dan memiliki produk tersebut. Nah, dari mana produk tersebut kamu peroleh? Kamu bisa memperolehnya dengan cara membeli produk dari distributor dalam jumlah yang banyak untuk dijual kembali.

Modal untuk menjadi Online Reseller

Karena produk yang dijual oleh online reseller adalah milik sendiri, maka kamu memerlukan uang yang cukup banyak sebagai modal awal untuk membeli produk. Produk yang kamu jual tentunya berasal dari distributor. Dalam sekali pembelian produk, alangkah baiknya jika kamu membeli barang tersebut sekaligus dalam jumlah yang banyak. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengulangan pesanan secara berkali-kali kepada distributor. Nah, tidak hanya modal produk saja yang kamu butuhkan, tetapi kamu pun membutuhkan tempat untuk menyimpan produk-produk tersebut, apakah ditempatkankan di ruangan khusus (gudang produk) ataupun toko fisik. 

 

Research produk yang akan dijual kembali

Sebelum menjadi seorang online reseller, kamu harus menentukan terlebih dahulu produk apa yang ingin kamu jual. Di sini kamu bisa mulai menentukan brand yang akan dibangun dengan produk pilihanmu. Pilihlah produk secara hati-hati dengan melakukan research kecil untuk mengetahui apakah produk tersebut akan laku atau tidak. Jika tidak berhati-hati, maka kamulah yang akan rugi, sudah menghabiskan banyak uang untuk membeli produk dalam jumlah banyak tetapi tidak laku untuk dijual.

 

Lalu di mana kamu bisa mencari distributor penjual produk? Ada banyak sekali tempatnya, kamu bisa mencarinya secara online pada beberapa e-commerce Indonesia maupun secara offline di pasar-pasar atau pusat grosir di dekat rumahmu. Carilah produk sejenis dengan harga yang paling murah, dan bandingkan pula harganya dengan saingan-saingan lainnya.

 

Foto dan deskripsi produk

Kamu sudah membeli produk yang akan dijual. Kini saatnya mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengisi toko online kamu. Jika distributor kamu tidak menyediakan foto produk, maka kamu harus melakukannya sendiri. Bukankah kamu sudah membeli produknya?

Cukup ambil kamera milik kamu dan fotolah produk tersebut sebagus mungkin dengan menggunakan teknik yang benar. Kemudian, tuliskan deskripsi produk pada keterangan produk yang sudah kamu upload. Dengan menulis deskripsi produk yang lengkap maka kamu sudah menciptakan konten yang bermanfaat bagi pembeli.

Saatnya membangun Toko Online

Menjadi seorang online reseller pastinya akan berhubungan dengan internet. Ada banyak cara untuk berjualan di Internet. Kamu bisa berjualan melalui media sosial, online marketplace, forum jual beli atau membuka toko online pribadi yang berbasis e-commerce. Jika kamu memilih untuk menjual produk pada toko online berbasis e-commerce, maka buatlah toko dengan tampilan dan sistem navigasi yang menarik serta mudah digunakan. Upload semua produk-produk kamu pada toko online, sertakan pula dengan foto dan deskripsi produk. Dalam membangun toko online, perhatikan pula tampilan website, SEO, dan juga strategi marketingnya agar toko online kamu tidak sepi pembeli.

Tidak bisa membuat toko online sendiri? Tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan beberapa website penyedia jasa pembuatan toko online, salah satunya yaitu SIRCLO.

 

Packing dan Shipping harus kamu lakukan sendiri

Ketika ada pesanan datang, maka kamu harus mengurus pesanan itu sendiri dan mengirimnya kepada pembeli. Buatlah packing produk yang rapi, jika perlu lengkapi pula dengan kardus, peti kayu maupun bubble wrap agar barang yang dikirim tidak rusak. Untuk metode pengiriman, kamu bisa menyediakan berbagai metode pengirman pada website toko online kamu seperti cash on delivery (COD) atau pengiriman menggunakan jasa kurir JNE, Pos, dll. Pelajari aturan dan kebiasaan dari masing-masing jasa kurir di dekat tempat tinggal kamu. Cari tahu pula kapan mereka akan melakukan pengiriman setiap harinya, apakah sore atau malam sehingga kamu bisa menyesuaikan diri dengan jadwal pengiriman mereka.

 

Konsistensi, strategi dan pelayanan

Kunci utama dari kesuksesan dalam berbisnis online adalah konsistensi, strategi pemasaran yang tepat dan pelayanan yang baik terhadap pelanggan. Kamu harus konsisten dalam mengurus toko online, buatlah update-update terbaru dari produk yang kamu buat. Lakukan pula strategi marketing online yang sesuai dengan target konsumen tokomu seperti membuat blog, mengurus sosial media, mengirim newsletter, dan masih banyak lagi. Terakhir, jangan lupa untuk menyediakan pelayan terbaik terhadap para pengunjung dan pembeli toko online milik kamu.

Jika ketiga kunci tersebut sudah kamu lakukan maka penjualan pada tokomu akan semakin meningkat dan keuntungan yang kamu dapat akan semakin banyak. 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!