Blog

#MerdekaJualanOnline: Pelaku UMKM Siap Go-Digitalisasi

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting sebagai salah satu pilar perekonomian negara, terutama pada masa pandemi seperti saat ini. Sejak pandemi COVID-19, terjadi di Indonesia banyak UMKM yang memiliki kesulitan untuk mempertahankan bisnisnya. Menurut data survei yang lakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Januari hingga Agustus 2021, sudah ada 32 juta pelaku UMKM di Jawa dan Bali terpaksa gulung tikar. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM juga semakin mencekik pelaku UMKM. Salah satu solusi yang bisa dilakukan salah satunya digitalisasi. 

Pelaku UMKM harus beradaptasi dengan pola baru dengan menerapkan digitalisasi atau go digital. Hal ini penting dilakukan pelaku UMKM untuk mencapai pasar yang lebih luas secara online serta untuk upaya mempertahankan bisnisnya. Selain itu, dengan adanya digitalisasi bisnis UMKM, usaha yang akan go digital akan lebih mudah bersaing dengan pasar, baik di Indonesia maupun global dengan bisnis yang sudah mengalami digitalisasi UMKM. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan digitalisasi UMKM dengan Program #MerdekaJualanOnline untuk Digitalisasi UMKM Indonesia.

Sebuah Inisiatif SIRCLO untuk UMKM Saat Pandemi COVID-19

Program #MerdekaJualanOnline adalah sebuah inisiatif yang dilakukan oleh SIRCLO dalam membantu UMKM agar terus bisa naik kelas dan bertahan selama pandemi COVID-19. Hal ini adalah bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan kunci keberhasilan digitalisasi bisnis UMKM. Pelaku usaha UMKM harus dipersiapkan kapasitas dan kemampuannya untuk bisa mengelola bisnisnya, terutama pada platform online.

Melalui program ini, SIRCLO juga ingin menumbuhkan rasa “merdeka” bagi UMKM sebagai manifestasi kemandirian pelaku usaha UMKM dalam menjalankan bisnis. Kemandirian ini bisa didapatkan dengan memberikan pengetahuan informatif dan teknis mengenai digitalisasi UMKM, sehingga meningkatkan pemahaman dan skill pelaku UMKM dalam berjualan secara online.

Selain meningkatnya pemahaman dan skill, Program #MerdekaJualanOnline juga akan menghadirkan fasiltator-fasilitator ahli yang bisa memberikan wawasan, memberikan pendampingan, serta membagikan pengalaman menarik dalam mengelola bisnis secara online.

Baca juga: SIRCLO Dukung Program Pemulihan Ekonomi, Bawa Lebih Banyak UMKM Go Digital dengan Teknologi

Mendukung Bangga Buatan Indonesia

Program ini turut mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI). Bangga Buatan Indonesia adalah sebuah gerakan yang dibuat oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk mengajak masyarakat agar cinta dengan produk lokal, khususnya produk UMKM.

UMKM yang menjual produk-produk tersebut memiliki potensi tanpa batas yang dapat dikembangkan jika dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi pandemi COVID-19. Maka itu, untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia ini, SIRCLO mengadakan Program #MerdekaJualanOnline yang akan fokus pada proses onboarding pelaku usaha pada platform online sampai pendampingan hingga para UMKM tersebut dapat “mandiri” dan “merdeka”.

Baca juga: Hari Bangga Buatan Indonesia, Wujud Mimpi Anak Bangsa Untuk UMKM Dalam Negeri

Keuntungan Mengikuti Program #MerdekaJualanOnline

Terdapat banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program #MerdekaJualanOnline oleh SIRCLO. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh UMKM yang mendaftarkan diri pada program #MerdekaJualanOnline.

  • Pelatihan mengenal teknologi digital UMKM beserta modul pelatihannya sehingga kamu siap #MerdekaJualanOnline,
  • Pembukaan website toko online yang terintegrasi dengan 2 marketplace untuk memudahkan kamu berjualan secara online,
  • Pendampingan oleh fasilitator-fasilitator handal dalam menggunakan teknologi berjualan online,
  • Serta beragam keuntungan lainnya yang sayang kalau kamu lewatkan!

Selain itu, ada juga beragam keuntungan menarik untuk kamu yang tertarik menjadi fasilitator yang dapat mendampingi para UMKM dalam menggunakan teknologi berjualan online. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari program #MerdekaJualanOnline adalah sebagai berikut.

  • Kesempatan untuk memberikan ilmu dan menceritakan pengalaman dalam berjualan secara online kepada para UMKM yang akan didampingi,
  • Promosi bisnis (exposure) online kamu yang akan dibantu oleh SIRCLO,
  • Kesempatan untuk melebarkan koneksi yang dapat dibangun selama program #MerdekaJualanOnline dengan berbagai pihak UMKM dan pemangku kepentingan (stakeholder) terkait,
  • Serta berbagai penawaran menarik dari SIRCLO untuk mengembangkan bisnismu!

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program #MerdekaJualanOnline oleh SIRCLO. Dengan turut serta dalam program ini, kamu ikut memberikan dukungan kepada UMKM di Indonesia untuk bisa maju dan berkembang, hingga dapat bersaing sampai pasar global.

Ikuti program #MerdekaJualanOnline sekarang. Daftar di sini untuk bisa jualan Lebih Merdeka!

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!