Blog

Optimalkan Penjualan Online di Berbagai Platform Saat Ramadan dengan SIRCLO Store

Kehadiran bulan Ramadan menjadi momentum bagi pebisnis untuk meningkatkan penjualan mereka. Pada periode ini, konsumen cenderung berbelanja lebih banyak dari biasanya. Sementara itu, adanya wabah virus corona mendorong konsumen untuk berbelanja secara online.

Para pemilik usaha harus beradaptasi dengan mengutamakan penjualan mereka di platform online. Di satu sisi, penjualan online ini membawa dampak positif yakni memungkinkan bisnis untuk menjangkau target audiens yang lebih luas. Di sisi lain, tingkat kompetisi di pasar online sangatlah ketat. 

Tingginya tingkat persaingan ini menuntut pebisnis untuk bisa menjangkau target audiens yang tepat dengan berbagai strategi, termasuk dengan berjualan di beberapa platform online sekaligus. 

Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan penjualan online saat Ramadan melalui SIRCLO Store:

Update Tampilan Toko Online

Baik di website toko online ataupun marketplace, jangan lupa untuk memperbarui keseluruhan tampilan tokomu menjadi tema Ramadan. Misalnya pada website, kamu bisa menambahkan banner atau pop-up di menu utama yang menunjukkan campaign Ramadan yang kamu jalankan. Begitu pula di marketplace, tampilan banner bertema Ramadan pada profil toko. Website toko online SIRCLO Store memiliki beragam template yang menarik sehingga memudahkan pebisnis untuk mengelola website baik dari isi maupun tampilannya. 

Optimalkan Pengalaman Berbelanja

Selain dari tampilan, yang juga perlu dipikirkan adalah pengalaman berbelanja konsumen saat mereka melakukan transaksi pada platform penjualan online-mu. Bayangkan jika saat pelanggan ingin check out, website malah membutuhkan waktu yang lama untuk loading. Hal ini tentu akan mengganggu customer.

Website toko online SIRCLO Store memiliki desain yang responsif sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk loading. Tingkat responsivitas yang cepat pada situs kamu akan membantu ranking Search Engine Optimization (SEO) toko online-mu di mesin pencari. Selain itu, SIRCLO Store juga terintegrasi dengan sistem pembayaran sehingga memudahkan customer saat melakukan transaksi.

Baca juga: Persiapkan Strategi Bisnismu untuk Ramadan dari Sekarang!

Beriklan di Berbagai Kanal Media Sosial

Media sosial juga menjadi alat penting dalam menjalankan kampanye termasuk saat Ramadan. Banyak orang mencari inspirasi untuk berbelanja atau membeli hadiah untuk sanak saudara dari media sosial. 

Kamu bisa memanfaatkan perilaku ini dengan beriklan di media sosial. Saat memasang iklan, tentukan target yang memang sesuai dengan segmentasi audiens produkmu baik dari jenis kelamin, usia, lokasi, maupun ketertarikan.

Dalam hal ini, website SIRCLO Store dapat diintegrasikan dengan Facebook Pixel. Alhasil, pelaku usaha dapat dengan mudah memasang iklan pada Facebook maupun Instagram yang langsung terhubung dengan katalog produk pada website.

Integrasikan Platform Penjualan

Kamu sudah menggunakan banyak platform penjualan online untuk menjangkau target audiens secara luas. Namun, mengelola masing-masing platform secara terpisah akan membutuhkan waktu yang banyak. Apalagi saat Ramadan permintaan biasanya lebih tinggi dari biasanya.

Dengan SIRCLO Store, kamu bisa mengintegrasikan website-mu dengan berbagai kanal marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan banyak lagi. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu mengelola penjualan di marketplace maupun website secara efektif mulai dari sinkronisasi stok hingga memproses dan mengirimkan pesanan.

Layanan yang Efisien

Menjaga kualitas layanan merupakan aspek penting yang tidak boleh dilupakan dalam menjalankan campaign Ramadan. Jangan sampai karena permintaan produk yang tinggi akhirnya menyebabkan kita kewalahan, sehinnga respon terhadap customer jadi lambat.

SIRCLO Store juga menyediakan layanan chat commerce dimana pelaku usaha bisa mengelola chat melalui WhatsApp. Tidak hanya merespons chat saja, kamu juga bisa mengirimkan pesan otomatis, merekomendasikan dan menawarkan produk, hingga memberikan notifikasi mengenai status pembayaran dan pemesanan. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah melayani customer dengan tepat dan cepat. 

Lewat SIRCLO Store, seluruh penjualan jadi terintegrasi dan bisa dioptimalkan dengan baik. Kamu juga dapat mengakses semua kanal penjualan online kamu lewat satu platform. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengakses analisis data penjualan di tiap kanal sehingga memudahkan kamu untuk melakukan analisis dan perencanaan kedepannya. Hal ini tentunya akan memberikan banyak kemudahan kepada kamu dalam mengelola penjualan saat musim puncak seperti Ramadan maupun kampanye-kampanye lainnya. Yuk, mulai buat toko onlinemu sekarang!

Baca juga: Tips Siapkan Bisnis Sambut Ramadan 2021

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!